Anti Boncos di Bulan Ramadan

Assalaamualaikum,

Gak kerasa ya sudah bulan Ramadan lagi. Bulan penuh keberkahan bagi umat muslim di dunia.

Kalau ngomongin bulan Ramadan, biasanya nih gak bakalan jauh dari takjil, bukber, THR, mudik dan belanja Lebaran yang pastinya bikin pengeluaran kita di bulan Ramadan bakalan meningkat jika dibandingkan dengan bulan lainnya.

Sebagai ibu rumah tangga, maunya sih kita bisa tetap kontrol keuangan supaya gak Boncos ya di bulan Ramadan. Nah ini pas banget deh sama tema talkshow TUMBloggersMeetUp yang aku hadiri beberapa waktu yang lalu yaitu “Anti Boncos di bulan Ramadan” bersama Ligwina Hananto ( Financial Trainer & CEO of PT. Quantum Magna Financial, Adinda Proehoeman ( Perwakilan Marketing Giant dan Hero), Andin Citra (Marketing & Media Specialist IKEA), dan Erin Arifin (Head of Marketing Guardian) sebagai narasumbernya.

Menurut Ligwina, di bulan Ramadan ada beberapa pos pengeluaran yang terpengaruh. Yaitu:

  • Pengeluaran Rutin: pos uang makan siang jadi lebih berkurang, namun pengeluaran di rumah jadi naik karena biasanya kita ingin menyediakan makanan lebih baik untuk sahur, santapan berbuka puasa dan juga makan malam.
  • Lifestyle: pengeluaran pos bertambah untuk acara buka puasa dan juga acara silaturahim lainnya yang biasanya semakin padat di bulan Ramadan.
  • Sosial: Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, oleh karena itu orang cenderung berbagi lebih banyak untuk orang-orang disekitar sehingga pengeluaran jadi naik.

Gimana sih caranya supaya kita gak boncos? Menurut Ligwina, supaya tidak boncos, kita harus tetap strict sama rencana keuangan dan pos pengeluaran kita. Dan yang paling penting, pengeluaran-pengeluaran rutin seperti makan, transport, entertainment dan belanja rutin selama sebulan harus diambil dari gaji bulanan kita.

Sementara pengeluaran tidak rutin seperti biaya mudik, pembayaran THR ART/supir, Zakat Fitrah, dan qurban bisa di bebankan ke THR kita.

Jadi jangan sampai kita mengambil biaya untuk bulanan dari THR. Cukupkan pos pengeluaran rutin dari gaji bulanan supaya uang THR kita tidak habis untuk “nombok” biaya bulanan kita.

Nah ngomongin Ramadan dan Lebaran, supaya lebih hemat, kita bisa juga memanfaatkan berbagai macam promosi dari merchant-merchant langganan kita.

Memahami kebutuhan masyarakat untuk bisa berbelanja lebih hemat, HERO Group melalui empat unit bisnisnya: HERO Supermarket, Giant, Guardian dan IKEA menawarkan solusi belanja cerdas dan ekonomis yang dapat memberikan dampak signifikan bagi keuangan pelanggan.

Penawaran yang diberikan oleh HERO Group antara lain:

Hero Supermarket

Program “Pasar Ramadan 30 days of Discovery” adalah program promosi dengan minimum pembelanjaan Rp.300.000 konsumen berhak untuk melakukan pembelian produk yang sudah ditentukan dengan harga spesial. Selain itu dari tanggal 29 April – 6 Juni 2019, terdapat program promosi Tematik 30 Days of Discovery yang menghadirkan ribuan produk berkualitas dengan merek terbaik. Untuk informasi lebih lengkap, sila kunjungi www.herosupermarket.id

Giant
Melalui program Belanja Murah Bulan Berkah serta Pasar Ramadan Berlimpah Berkah dan Santap Segera Saat Berbuka, Giant menawarkan ribuan produk dengan harga terjangkau dan juga berbagai menu-menu baru dari kategori makanan saji dengan harga yang murah. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan cek www.giant.co.id

Guardian

Selama Ramadan, kita harus tetap menjaga tubuh supaya tetap sehat dan juga kecantikan tetap terawat. Guardian menghadirkan berbagai inspirasi menarik melalui program Fit & Cantik Selama Ramadan dari tanggal 25 April – 22 Mei 2019 dimana terdapat ratusan produk dengan diskon spesial sampai 30% dan berbagai tips untuk menjaga tubuh tetap fit dan cantik. Selain itu, ada juga promo favorit aku yaitu +1000, dimana kita cukup menambahkan Rp.1.000 saja dan mendapatkan produk kedua secara gratis untuk ratusan produk. Untuk info lebih lengkap, bisa langsung cek ke instagram @guardian_id.

IKEA

Lebaran biasanya kita ingin rumah terlihat lebih rapi dan kece. Nah di bulan Ramadan ini, IKEA memberikan penawaran terbatas untuk pembelian wajan IDENTISK dari harga Rp 499.000 menjadi 399.200 dari tanggal 26 April – 5 Mei 2019. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan Gift Voucher IKEA senilai Rp. 1.500.000 untuk setiap pembelian METOD Kitchen dengan minimum pembelian Rp.15 juta dan kelipatan Rp. 5 juta selama periode 25 April – 26 Mei 2019. Selain itu akan ada banyak penawaran menarik lainnya selama bulan Ramadan yang akan hadir di IKEA. Supaya kita tidak ketinggalan, kudu rajin cek www.IKEA.co.id ya .

Di bulan Ramadan dan Lebaran, pola pengeluaran kita pasti akan berubah. Makanya harus bisa mengatur keuangan dengan cermat dan sebisa mungkin memanfaatkan promo-promo yang ada supaya kita tidak Boncos.

Nah ngomongin promo, udah waktunya aku belanja untuk keperluan dapur. Saat yang tepat untuk mengunjungi Giant.

Terima kasih ya The Urban Mama dan HERO Group untuk undangannya. Aku jadi lebih tau deh gimana mengatur keuangan dan promo-promo menarik dari HERO Group supaya gak boncos di bulan Ramadan. 🙂

See you on the next post.

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.