Sharing Session Vlogging Bersama Signify City of Light

Belakangan ini makin banyak vlogger yang mulai eksis di Youtube. Dari yang bikin vlog mengenai kehidupan sehari-hari, sampai yang bikin tutorial macem-macem. Dan belakangan ini aku juga mulai suka bikin video, walaupun kalau untuk muncul di depan kamera masih suka grogi. Jadi lebih sering dibelakang kamera aja.

Nah buat aku sendiri, salah satu hambatan dalam membuat vlog terutama jika mau bikin vlog tutorial di rumah adalah pencahayaan. Pencahayaan di rumah itu suka kurang kece, jadinya vlog yang aku bikin suka gelap. Makanya akhirnya gak pernah di upload di Youtube.

Makanya seneng banget pas kemarin dapat undangan untuk mengikuti sharing session mengenai Vlogging bersama Signify  di City Of Light Senayan City dengan Tema Pencahayaan Yang Baik untuk Vlogging.

Narasumber acara tersebut yaitu Dede Ariyanto atau yang lebih di kenal dengan Coretan Mas Dede.

Salah satu pesan yang paling “nyangkut” di kepala aku adalah, tidak masalah jika perlengkapan kita bukan yang paling mutakhir. Gunakan saja peralatan yang kita miliki. Maksimalkan penggunaannya, pelajari teknik mengambil gambar yang baik, pelajari pencahayaan, pelajari tentang editing dan yang terakhir namun gak kalah pentingnya adalah terus menerus berlatih. Karena dengan semakin banyak latihan, kita bisa belajar dan mengetahui kekurangan-kekurangan apa saja yang harus kita perbaiki.

Nah untuk masalah editing, Mas Dede sharing beberapa software editing yang bisa digunakan antara lain:

  • Untuk Apple : iMovie, Wondershare, Filmora, Final cut Pro, Adobe Premier Pro
  • Untuk Windows : Movie maker, Sony vegas, Pinnacle studio, Adobe Premier pro
  • Aplikasi Editing video untuk Handphone : KineMaster Pro, FilmoraGo, Viva Video Pro, Quick

Untuk bisa membuat sebuah video yang baik, selain teknik pengambilan gambar yang baik, tentu saja kita harus memperhatikan pencahayaan. Karena video yang di ambil dengan baik dan terang tentu saja akan jadi lebih mudah di edit nantinya.

Nah untuk pencahayaan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu pencahayaan di dalam ruangan dan di luar ruangan:

  • Pencahayaan Dalam Ruangan (Indoor Lighting) :
    • Basic Lighting Scheme
    • Studio
    • User experience
  • Pencahayaan Luar Ruangan (Outdoor Lighting):
    • Lighting portable
    • Golden Hours (Pagi jam 6-9 dan sore jam 4-6)
    • Sun

Pada acara kemarin hadir juga mba Lea Kartika Indra selaku Head of Integrated Communication of Signify’s Operation/Business in Indonesia. Beliau menceritakan sedikit sejarah mengenai Signify dan berbagai inovasi terbarunya yang ada di Signify City of Light , Senayan City.

Di City of Light, Signify menampilkan berbagai inovasi terbarunya dengan teknologi terkini. Di sana ada 6 booth yang bisa kita kunjungi untuk mencoba semua inovasi tersebut secara langsung dan tanpa dipungut biaya alias gratis. Oh iya, kalau kamu mau dapat kopi atau merchandise kamu bisa mengambil paspor lalu berkunjung ke semua booth dan dapatkan stamp dari semua booth tersebut. Jika paspor sudah penuh stampnya bisa langsung kamu tukarkan dengan kopi atau merchandise disana. Gampang banget kan.

Nah.. Pameran City of Light di Main Atrium Senayan City ini adalah pameran dimana pertama kalinya Signify menampilkan Interact IoT (Internet Of Things) platform sebagai sistem pencahayaan terkoneksi di Indonesia secara khusus. Jadi pameran ini menampilkan aplikasi platform IoT Interact mulai dari Interact Office, Interact Industry, Interact Landmark, Interact City, Interact Retail dan Interact Hospital.

Lampu-lampu yang digunakan di City of Light ini adalah lampu LED berkualitas tinggi dari Philips. Kenapa sih lampu LED itu lebih baik? Lampu LED lebih baik karena selain lebih hemat listrik lampu LED juga usianya lebih panjang. Untuk lampu LED Philips sendiri memiliki garansi yang cukup lama yaitu 3 tahun.

Penasaran pengen tahu seperti apa City of Light ini? Cuss langsung kunjungi saja di Main Atrium Senayan City mulai tanggal 3 Desember sampai 13 Januari 2019. Disana jangan lupa foto lalu di upload di instagram dengan hashtag #SignifyCityOfLight #TheMeaningOfLight . Jangan lupa follow juga instagram @philipsberbagiterang karena ada hadiah menarik untuk 100 foto terbaik.

See you on the next post.

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.