Kumpul Seru PPI Jakarta Selatan 2017

Hari Selasa,15 Agustus 2017 kemarin, bertempat di Escape Coffee, Dharmawangsa Jakarta Selatan, di adakan acara Kumpul Seru Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Jakarta Selatan 2017. Awalnya diadakan untuk 11 angkatan dari tahun 1989 hingga 1999. Tapi kemarin, yang datang cukup banyak sampai tahun 2001 plus 1 orang dari tahun 2015.

Ini adalah pertama kalinya di adakan acara khusus untuk kumpul rame-rame seperti ini. Kalau dulu, biasanya kumpul pas acara 17 Agustus aja di Walikota Jakarta Selatan. Tapi biasanya yang dateng adalah angkatan yang masih “muda”, seiring waktu, angkatan yang mulai “tua” makin sedikit dan menghilang. Makanya, begitu ada undangan mampir di WA Group, langsung aja deh tanya Udjo, minta izin. Begitu dia mengiyakan, langsung aja konfirmasi hadir. 🙂

Acaranya sendiri di adakan dari jam 5 sore karena banyak yang bekerja. Jadi di adakan setelah jam pulang kantor. Aku sendiri baru jalan dari rumah setelah Maghrib karena janjian sama yang lain datengnya sekitar jam 7.

Acaranya rame banget. Banyak banget wajah-wajah senior yang selama ini aku cuma pernah denger namanya, sekarang kelihatan wujudnya. Trus seneng juga karena jadi bisa sekalian reuni sama temen-temen 1999.

pic doc Muning
pic doc Muning
pic doc Indy

Alhamdulillah angkatan aku, 1999, cukup banyak yang dateng. Ada 12 orang termasuk aku sendiri plus 1 orang 1999 Nasional dari Jakarta Timur.

Salut banget sama senior-senior yang merencanakan acara ini. Lengkap banget. Ada nyanyi lagu Indonesia Raya, baris, laporan, games 17an, sampai hidangan ciri khas jaman kita Paskibraka dulu yaitu telur rebus, susu putih (walau bukan susu kental manis) dan pisang. Bahkan.. ada juga teh kolor (iya.. beneran teh panas yang di dalam ceretnya dimasukin kolor) dan medali tulang ayam.

Makanan Wajib PASKIBRAKA (photo credit: Indy)
Teh Kolor
Pengalungan Medali Tulang Ayam

Ada juga acara cerita-cerita tentang sejarah PPI Jakarta Selatan. Dari awal berdiri sampai saat ini. Ada perkenalan senior-senior plus mantan ketua PPI JakSel dari yang paling pertama. Dan ada juga update dari mantan ketua yang menjabat terakhir, yang hadir di acara. Di acara kemarin, tidak hadir ketua PPI Jakarta Selatan periode ini karena seperti yang diketahui, kemarin itu sudah H-2 dari Pengibaran. Jadi pasti lagi super hectic.

Kak Alfi, Ketua PPI Jakarta Selatan pertama

Kalau di inget lagi, pas jaman masih junior di Paskibraka itu rasanya menderita banget. Hahahahah.. Tapi sekarang.. Akhirnya bisa ketawa-ketiwi kalau inget jaman dulu. Nah.. Di update terakhir, ternyata Paskibraka jaman sekarang itu baik dari metode pelatihan maupun dari segi pelaksanaan organisasi sudah jauh berbeda.

Apalagi sejak ada Peraturan Menteri Pemuda Dan Olahraga No 65 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) dan juga dikaitkan dengan Undang-Undang Perlindungan Anak.

Buat kita senior, agak sedikit gimaaaa gitu. Soalnya ada beberapa tradisi yang kalo dipikir-pikir sih.. Tega bener tapi justru kalo diinget sekarang.. Mau ketawa banget dan justru memorable banget. Tapi ya namanya perkembangan jaman kan ya. Memang harus demikian karena individu yang dilatih juga jamannya sudah berbeda, sudah harus berubah. 🙂

Walaupun demikian.. Gak sedih kok. Malahan tradisi itu sekarang jadi “sesuatu” yang bakalan jadi kenangan khusus untuk para senior yang gak dialami oleh para junior sekarang. Ciaaann.. Hahahahaha..  *sombong* *kibas jilbab*. 😀

Angkatan 1999 dan 1998

Anyway.. Seneng banget bisa kumpul seru di acara Kumpul Seru PPI Jakarta Selatan 2017 kemarin. Kalau diadakan lagi, In Shaa Allah aku mau dateng lagi.

Salam PASKIBRAKA.

pic doc Kak Andi

See you on the next post.

All picture is taken by me unless stated below the picture.

DO NOT COPY AND PASTE THE CONTENT, INCLUDE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION.

Copyright of kakira.my.id

3 thoughts on “Kumpul Seru PPI Jakarta Selatan 2017

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.