Katakan “IYA BOLEH” Untuk Eksplorasi Anak

Sebagai orang tua, pasti memiliki banyak kekhawatiran. Baik itu mengenai kesehatan jasmani anak, tumbuh kembang anak, dan banyak hal lainnya. Nah terkadang, karena kita terlalu khawatir, tanpa sadar kita suka jadi over protective sama anak. Padahal ada kalanya anak perlu juga dilepas supaya mereka bisa eksplorasi sendiri.

Berkenaan dengan hal ini, beberapa waktu lalu, di Mal Kota Kasablanka, DANCOW Advanced Excelnutri+ mengadakan acara Nestlé DANCOW Explore Your World. Di sini, anak-anak bisa bereksplorasi di wahana edukasi yang tersedia yaitu:

  1.  Art Center dengan aktivitas hand painting dan story telling. Menarik banget deh liat cap tangan anak yang kemudian dilukis jadi sesuatu yang lain seperti ayam, kucing, jerapah dan lain-lain. 
  2. Central Park yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality. Disini, anak-anak bisa bereksplorasi di alam, mengenal hal yang baru, belajar tentang alam dari augmented reality dan juga bermain hujan-hujanan. 
  3. Smart City dimana anak bisa membangun kota DANCOW versinya sendiri. Di sini, K1 dan K2 semangat banget karena mereka bisa main puzzle dan main lego.  
  4. Play Park dengan aktivitas wall climbing dan monkey bar untuk anak bertualang. Dari semua wahana yang ada, K1 dan K2 paling seneng main di area ini sampai sempat susah di ajak udahan. 🙂

Berbagai macam aktivitas yang tersedia di wahana edukasi itu memiliki tujuan untuk mengasah mulai dari kemampuan berbahasa, memperhatikan, mengingat, menyelesaikan masalah hingga keterampilan motorik anak dengan cara yang sangat menarik dan seru.

Ada photobooth juga dengan 3D Trick Art

Selain wahana edukasi untuk anak, ada juga kegiatan lain seperti photobooth 3D Trick Art, lomba mewarnai, pertunjukan operet DANCOW, parenting talkshow dan masih banyak lagi yang lain. Dan di acara pembukaan Nestlé DANCOW Explore Your World kemarin, ada juga parenting talkshow mengenai Pentingnya Eksplorasi untuk anak dengan pembicara Psikolog Ratih Ibrahim, Dokter Spesialis Tumbuh Kembang Anak dr. Bernie Medise, SpA (K), Donita dan Riza Nopalas, Senior Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+ Nestlé Indonesia.

Jasmin Lumanta Estacio, Category Marketing Manager DANCOW Growing Up Milk, PT Nestlé Indonesia
ki-ka: Donita, Riza Nopalas, dr. Bernie Medise, SpA (K), Ratih Ibrahim, Shanaz Haque

Apa sih Eksplorasi? Eksplorasi adalah bagian dari proses stimulasi. Kegiatan stimulasi bisa dlakukan di lingkungan sekitar rumah, di ruang terbuka, dengan berbagai kegiatan yang sederhana dan mudah. Yang penting, kegiatan tersebut menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak.

Ketika anak bereksplorasi, anak akan belajar. Dan hal ini akan membuat seluruh potensinya terbuka maksimal sehingga anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang utuh.

Nah sebagai orang tua, kita pasti khawatir mengenai kesehatan, keamanan dan juga nutrisi anak. Bahkan sering juga orang tua membatasi anaknya bereksplorasi karena takut kesehatan anak terganggu akibat bakteri jahat yang menyerang anak ketika anak sedang asyik bereksplorasi. Padahal, sebetulnya bakteri jahat itu bisa dilawan dengan bakteri baik Lactobacillus rhamnosus.

Menurut dr. Bernie, Lactobacillus rhamnosus adalah bakteri baik yang dapat membantu menjaga saluran pernapasan dan saluran cerna anak. Dan menjaga asupan bakteri baik seperti ini sangat penting bagi tubuh. Kenapa? Karena 80% daya tahan tubuh terdapat di saluran pencernaan. Dan cara untuk melindunginya adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung Vitamin A, C, E, D, Selenium, Zat Besi dan Zink, Bakteri baik Lactobacillus rhamnosus, dan serat pangan inulin. Tubuh yang terlindungi dapat menjadi fondasi fundamental untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisik anak yang tentunya sangat penting dalam tahap tumbuh kembangnya.

Karena eksplorasi bagi anak itu sangat penting, maka sebagai orang tua kita harus memberikan kesempatan untuk anak bereksplorasi. Namun, pastikan lingkungan eksplorasinya terlindungi. Eksplorasi yang dilakukan haruslah sesuai dengan usia anak, mencakup kegiatan seperti melihat, memperhatikan, mendengar, mengingat, berbicara, berteriak, menggerakan tangan, kaki dan badan. Biarkan anak meniru, mencoba dan mengulang kegiatannya. Satu catatan penting, kegiatan eksplorasi ini harus dilakukan dalam suasana gembira, tanpa paksaan dan juga tanpa ancaman ya. Jangan lupa setelah anak bereksplorasi, berikan pujian dan penghargaan kepada mereka supaya mereka semakin bersemangat dan merasakan cinta kedua orang tuanya.

Cinta dari kedua orang tua juga merupakan salah satu elemen yang amat penting pada masa eksplorasi anak supaya anak terdorong untuk bisa berani dan mandiri. Salah satu wujud cinta orang tua adalah dengan melengkapi nutrisi anak.

Berbicara tentang nutrisi, Nestlé DANCOW baru saja meluncurkan Nestlé DANCOW Advanced Excelnutri+ yang memiliki kandungan Lactobacillus rhamnosus hingga tiga kali lipat lebih tinggi dari sebelumnya. Dengan Inovasi Baru, Nestlé DANCOW Advanced Excelnutri+ akan dapat membantu mengurangi resiko infeksi saluran pernafasan, untuk anak usia 1-7 tahun, memperkuat kekebalan tubuh dan mengurangi resiko diare untuk anak usia 1-3 tahun.

Kalau ngomongin DANCOW, rasanya udah gak asing lagi ya. Abisnya waktu aku kecil dulu juga minumnya DANCOW. Makanya aku juga gak ragu untuk kasih anak-anak susu DANCOW. Satu hal yang bikin aku takjub, K2 yang gak terlalu suka susu malah suka banget minum DANCOW Advanced Excelnutri+ yang baru ini.  Pas banget kan. 🙂

Dengan asupan makanan bergizi seimbang plus minum susu DANCOW Advanced Excelnutri+, aku yakin anak aku sudah terlindungi. Jadinya gak ragu lagi deh untuk berkata “IYA BOLEH” untuk kegiatan eksplorasinya.

Mau hand painting? IYA BOLEH.

Mau main diluar? IYA BOLEH.

Mau main sama kucing? IYA BOLEH.

 

Oh iya.. Kalau kalian mau ikut keseruan Nestlé DANCOW Explore Your World seperti ini masih bisa banget karena event ini akan diselenggarakan juga di beberapa kota lain yaitu Semarang (5-6 agustus), Solo (9-10 September) dan Makassar (7-8 Oktober). Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung kunjungi aja website www.dancow.co.id atau melalui social medianya di Facebook DANCOW Parenting Center dan Twitter @DancowCenter.

See you on the next post.

All picture is taken by me unless stated below the picture.

DO NOT COPY AND PASTE THE CONTENT, INCLUDE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION.

Copyright of kakira.my.id

16 thoughts on “Katakan “IYA BOLEH” Untuk Eksplorasi Anak

  1. Gimana ya supaya emaknya ikhlas liat bocah main sama kucing.. kok agak geli gimana gitu kalo bocah ngelus2 kucing liar hahahaa *eh malah curcol #IYABOLEH-in aja yaaa

  2. Seneng banget ssiih karena udah pada gede jadi pas maen udah bisa dilepas yaa.. (apa dibantu ayahnya juga kah kemarin? ) tinggal emaknya anteng nonton presscon hihi…

  3. Mau main tanah? Naik ayunan? Main prosotan? Iya boleh. 🙂 Ponakan saya juga udah suka Dancow, dulu susah banget kalau disuruh minum susu. Pas kebetulan buka ols ada diskon susu, beli deh. Coba yg kemasan kecil eh habis dalam 3 hari. Beli lagi deh. Enak katanya.
    Nambah susu Dancow? Iya boleh

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.