Cara Enak Tapi Sehat Untuk Cukupi Asupan Sayuran Dan Buah Setiap Hari

Sebagai ibu dari dua orang anak, akhirnya aku merasakan juga tantangan untuk mencukupi asupan sayuran dan buah mereka. Walaupun dari sejak mereka mulai MPASI aku berusaha untuk memberikan sayuran dan buah-buahan secara rutin, namun seiring perkembangan mereka, ada masanya ketika mereka menolak untuk memakan sayur dan buah.

Nah kalau sudah seperti ini, aku harus putar otak banget gimana caranya supaya aku bisa mencukupi asupan sayur dan buah mereka. Dari yang coba secara terang-terangan sampai yang dengan cara “disembunyikan” dalam makanan kesukaan mereka.

Pokoknya gimanapun caranya harus masuk dan cukup asupannya.

Kenapa sih aku kekeuh kayak gini? Ya karena aku pengen mereka bisa tumbuh dengan sehat dan kuat. Apalagi sekarang ini perkembangan penyakit degeneratif seperti stroke, jantung, diabetes, ginjal dan lainnya di masyarakat mengalami peningkatan yang cukup besar karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Dan dampak dari gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat itu gak lain adalah biaya kesehatan yang tinggi dan menurunnya tingkat produktifitas di masyarakat. Nah.. Gak mau kan keluarga kita termasuk di dalamnya.

Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas, 2010), sebanyak 93,5% penduduk Indonesia tidak cukup mengkonsumsi sayur dan buah. Parah banget kan. Padahal konsumsi sayur dan buah itu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita karena mengandung banyak vitamin dan serat.

Serat sendiri banyak sekali kegunaannya. Antara lain:

  1. Dapat mengobati berbagai gangguan pencernaan, mengurangi sembelit serta menurunkan resiko wasir.
  2. Dapat menurunkan risiko kanker usus besar dan kanker anus.
  3. Dapat membantu menurunkan 40 % resiko penyakit jantung
  4. Dapat membantu menurunkan berat badan karena serat dapat memberikan rasa kenyang tanpa menambah kalori.
  5. Dapat mengurangi resiko penyakit batu empedu dan batu ginjal

Nah.. Berapa sih kebutuhannya? Menurut (WHO) secara umum konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 gram per orang per hari, yang terdiri dari 250 gram sayur (setara dengan 2 porsi atau 2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan) dan 150 gram buah (setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang atau 1 potong pepaya ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang). Bagi masyarakat Indonesia, terutama balita dan anak usia sekolah dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan 300-400 gram per orang per hari dan bagi remaja dan orang dewasa sebanyak 400-600 gram per orang per hari. Sekitar dua-pertiga dari jumlah anjuran konsumsi tersebut adalah porsi sayur.

Kedengerannya rumit binti repot ya bok. Hahahaha.. Akupuuun pusing ceu kalo harus nimbang-nimbang dan ukur-ukur. Bukannya gak mau, tapi terlalu ribet aja. Ternyata sekarang gak usah ribet lagi karena sekarang sudah ada produk Kalbe terbaru yaitu Vegie Fruit Premium yang hadir dalam rangka memenuhi gaya hidup sehat masyarakat, tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Vegie Fruit Premium merupakan jus sayur dan buah dengan rasa yang enak dan praktis dibawa ke manapun. Saat ini tersedia varian Carrot Squeeze yang merupakan kombinasi sayur wortel dan buah jeruk serta nanas. Vegie Fruit Premium Carrot Squeeze sumber Vitamin A dan tinggi vitamin C, serta kaya akan Serat selain itu juga tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna  dan tanpa pemanis buatan.

Diolah menggunakan teknologi UHT yang menjamin nutrisi dan kesegaran produk tetap terjaga meskipun tanpa menggunakan bahan pengawet. Vegie Fruit ini dapat dikonsumsi mulai dari anak-anak sampai dewasa, pria maupun wanita  usia produktif dengan gaya hidup perkotaan dengan mobilitas tinggi. Bisa banget jadi pilihan ibu-ibu yang anaknya susah makan sayur. Pas banget nih untuk aku K1 yang lagi susyeh amat disuruh makan buah dan sayur.

Ngomongin rasa, seperti yang sudah disebutkan di atas, #VegieFruitPremium ini merupakan kombinasi wortel, jeruk dan nanas. Nah kalau diminum, rasa yang akan dominan itu rasa nanas dan jeruknya. Nanas membantu banget untuk mengurangi rasa langu dari wortel. Enak deh.

Bahkan K1 yang gak suka makan buah aja, malah ketagihan pas disuruh cobain Veggie Fruit Premium ini. Beneran cara #EnakTapiSehat untuk menikmati sayuran dan buah. #itsdeleasyousveggie . Gak cuma K1 aja, aku, Udjo dan K2 juga suka.

Vegie Fruit Premium ini beneran #deleasyouswaytohaveveggie . Gampang, enak, praktis dan sehat.

Nah. Kamu sendiri gimana? Sudah cukupkah asupan sayuran dan buah kamu hari ini?

See you on the next post.

All picture is taken by me unless stated below the picture.

DO NOT COPY AND PASTE THE CONTENT, INCLUDE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION.

Copyright of kakira.my.id

4 thoughts on “Cara Enak Tapi Sehat Untuk Cukupi Asupan Sayuran Dan Buah Setiap Hari

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.