Together, More!

Sebagai seorang ibu, pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Dulu waktu masih di kandungan, ibu pasti berusaha memberikan nutrisi yang terbaik, stimulasi yang baik dan juga memantau perkembangan janin di perut semaksimal mungkin.

Ketika anak sudah lahir, rasanya sulit sekali berpisah dengan sang bayi. Rasanya kangen terus. Maunya selalu bersama-sama aja. Seiring perkembangan anak, terkadang kita terlena karena merasa anak sudah lebih besar jadi bisa dibiarkan sendiri saja. Biarkan sendiri ini maksudnya mereka memiliki kegiatan sendiri dan kita juga kegiatan sendiri. Sehingga tanpa sadar, waktu kebersamaan kita dan anak menjadi berkurang.

Banyak hal yang bisa menyebabkan kurangnya kebersamaan dengan anak. Antara lain kesibukan kita, kesibukan anak dan juga gadget. Ya. Tanpa sadar, ternyata waktu kebersamaan kita sudah berkurang. Padahal, waktu kebersamaan dengan anak itu penting banget.

Gak mau kan ketika anak beranjak dewasa dan yang dikenang itu memori “Mamah sibuk jadi aku main sendiri.” Duh.. Sedih banget deh. Pasti kita pengennya anak memiliki memori yang Indah bersama kita sebagai orang tuanya.

Gak usah muluk-muluk memori yang mewah wah dan luar biasa. Memori Indah seperti menghabiskan waktu bersama juga rasanya udah cukup luar biasa. Kenapa luar biasa? Karena kita tahu, anak akan menghargai dan mengingat memori Indah itu hingga dia dewasa. Apalagi masa kecil anak itu akan berlalu sangat cepat dan tidak dapat terulang kembali. Makanya sebelum terlambat, kita harus meningkatkan waktu kebersamaan kita dengan anak.

Untuk aku sendiri, walaupun aku tidak bekerja, namun bukan berarti tidak memiliki kesibukan. Nah salah satu cara untuk menghabiskan waktu kebersamaan dengan anak adalah ikut serta dengan kegiatan anak. Misalnya nih. Saat ini K1 dan K2 lagi suka main lego. Nah aku suka ikutan main lego bersama mereka. Dari bermain itu, kadang-kadang aku bisa “mengorek” cerita dari mereka, mendengarkan cerita dan imajinasi mereka serta melihat perkembangan mereka.

Selain itu, aku juga suka memasak bersama anak-anak. Yang paling sering sih bikin sarapan bareng. Selain untuk waktu kebersamaan, mereka juga bisa belajar hal mendasar seperti mengenal bahan, mengukur bahan adonan, mencampur makanan hingga memasaknya.

Waktu kebersamaan dengan anak itu bisa dihabiskan dengan bermacam kegiatan. Gak harus yang rumit. Semudah tidur-tiduran dikamar sambil cerita-cerita juga bisa. Intinya yang penting kita nyaman dan gak sibuk sama gadget masing-masing. Pokoknya kudu fokus.

Nah berbicara mengenai waktu kebersamaan dengan anak, beberapa waktu yang lalu saya hadir di acara Blogger Gathering Lotte Choco Pie di Taman Kajoe. Di acara tersebut, hadir Oci Maharani (Brand Manager Lottte Indonesia), Novita Tandry (Psikolog Anak dan Keluarga), Carissa Putri (Brand Ambassador Lotte Choco Pie) dan Quenzino.

Mira Sahid, Oci Maharani, Carissa Putri, Novita Tandry

Di acara kali ini, Carissa Putri berbagi mengenai waktu kebersamaannya dengan Q. Sebagai seorang public figure, tentunya Carissa memiliki banyak kesibukan. Walaupun demikian, ternyata Carissa selalu menyempatkan diri untuk memiliki waktu kebersamaan bersama dengan Q minimal 1 jam setiap hari. Waktu kebersamaan mereka bisa berupa membaca buku bersama, snacking sambil bermain bersama, cerita dan lain sebagainya.

Kata kunci dari waktu kebersamaan, menurut mba Novita adalah “Kedua belah pihak harus saling menikmati. Baik ibu maupun anaknya.” It is easier to build a strong child rather than fixing a broken men. Lebih mudah membesarkan seorang anak yang kuat baik dari fisik maupun mentalnya daripada memperbaiki seseorang yang sudah rusak mentalnya.

Ketika menghabiskan waktu kebersamaan dengan anak, sang ibu haruslah hadir sepenuhnya. Dalam artian, fisik dan pikiran harus fokus di waktu kebersamaan dengan anak. Jadi bukan hanya anaknya saja yang ada di sebelah anak tapi pikiran dan tangan sibuk ketik-ketik di gadget. Children need your presence, not only your presents.

Selain itu, usahakan untuk menciptakan suasana yang nyaman, aman dan ramah anak sehingga kita bisa menikmati waktu kebersamaan dengan anak tanpa ada gangguan. Jadi jangan pas anak-anak baru banget pulang sekolah trus diinterogasi atau pas kita lagi capek kita nanya-nanya ke anak ya. Gak bakalan nyambung deh tuh. Pokoknya harus dalam keadaan nyaman. Ketika kita merasa nyaman dan tenang, maka tubuh akan memproduksi hormon oksitosin yang melepas hormon kortisol dan memberikan perasaan tenang dan rileks.

Menurut Carissa, premium bonding moment itu penting karena dari situ bisa terlihat kualitas bonding antara kita dan anak, kita dan suami dan juga dengan keluarga. Makanya sesibuknya Carissa, begitu sampai rumah, langsung taruh gadget dan habiskan waktu dengan Q. Bermain dan menghabiskan waktu bersama Q setelah ditinggal pergi seharian.

Keterbukaan dengan anak juga penting supaya anak juga memahami apa yang kita lakukan dan anak juga merasa dihargai. Usahakan untuk selalu menjawab segala pertanyaan anak, apapun dan seaneh apapun pertanyaannya. Kenapa? Supaya anak tahu bahwa kita menghargai mereka dan ketika mereka besar nanti, mereka akan mejawab juga pertanyaan kita. Gak mau kan kalau nanti pas udah besar, anak gak jawab pertanyaan kita atau gak mau mendengarkan kita. Makanya, jangan pernah menyepelekan pertanyaan dan selalu dengarkan apa yang mereka bicarakan.

Oci Maharani, Hiroaki Ishiguro, Carissa Putri, Quenzino, Novita Tandry

Berbicara tentang premium bonding moment, Lotte Choco Pie hadir sebagai snack yang bisa dinikmati oleh ibu dan anak ketika melakukan premium bonding moment. Lotte Choco Pie adalah camilan dengan perpaduan kek vanilla lembut, marshmallow serta lapisan luar cokelat premium yang telah terjamin kualitas dan kelezatannya. Pas banget untuk dinikmati bersama anak saat waktu kebersamaan sehingga bisa lebih “dapet” momentnya.

Nilai positif yang bisa didapatkan dari premium bonding moment bersama anak adalah bisa lebih disiplin, keterbukaan, anak lebih ceria dan bahagia serta bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Semakin banyak waktu yang kita habiskan dengan anak, maka kita akan semakin paham dan tahu bahwa kebersamaan dengan anak itu sangat berharga. Bukan cuma dengan anak, tapi juga dengan pasangan dan keluarga kita.

Waktu itu tidak bisa terulang kembali dan berlalu dengan cepat. Jadi manfaatkanlah dan ciptakanlah waktu kebersamaan yang bermakna dengan anak, pasangan dan keluarga.

Together, More with Lotte Choco Pie.

See you on the next post.

All picture is taken by me unless stated below the picture.

DO NOT COPY AND PASTE THE CONTENT, INCLUDE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION.

Copyright of kakira.my.id

29 thoughts on “Together, More!

    1. iya. tantangan jaman sekarang memang gadget ya. mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat. emang harus bikin peraturan juga di rumah biar gak terjerumus godaan gadget.

  1. Bener banget, menciptakan kebersamaan bareng anak itu ga usah nyari yang mahal atau susah ya masak bareng pun bisa xixi. Pinternya yang menghias LOTTE xixi warna coklat dipandu sama pink pas banget nih

    1. Iya betul. Banyak hal simple yang bisa dilakukan. Dia itu gemes sebetulnya. Keluarnya kok kecil kayak ulet. Maunya gede, jadi cepet abis krim warna pinknya. Hahahahah. 😀

    1. Kalo gw, untungnya cepet kelar sih. Soalnya sering masaknya buat sarapan. Berhubung mereka laper jadi masaknya cepet. Hahahahah. 🙂

  2. Bonding sm anak emang harusss banget,makanya kudu maksimal banget deh momentnya yaa.. Rindu saat2 bayi nempel terus hihi.. Skr uda gede anaknya bondingnya beda lagi yaa,klo skr anaknya uda bisa protes klo mamanya kerja terus huhu

  3. Seruu yahh acaranya kadang ga kepikiran bs bonding time sambil ngehias si choco pie ini bareng si kecil, soalnya biasanya suka langsung makan lepp habis dalam sekejap wkwkwk..

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.