Suzuki IGNIS, Mobil Idaman Terbaru di Tahun 2017

Tahun 2016 kemarin merupakan tahun yang cukup menantang buat aku. Kenapa? Karena di tahun 2016 kemarin akhirnya aku bisa lancar dan mulai berani lagi untuk menyetir mobil. Jaman kuliah dulu memang pernah bisa. Tapi gak lama karena memang gak punya mobil sendiri, jadi ya jarang juga bawa mobil sendiri. Nah pas tahun 2016 kemarin, akhirnya aku “terpaksa” belajar lagi karena saat itu, Udjo mau pergi tugas agak lama dan mau gak mau aku harus bisa menyetir sendiri untuk anter dan jemput K1 ke sekolah.

Nah sejak aku mulai lancar lagi menyetir mobilnya, aku jadi mulai lihat-lihat mobil yang kira-kira cocok buat aku. Berbeda dari Udjo, aku lebih suka mobil yang kecil tapi muat banyak. Aku gak suka mobil yang terlalu besar dan gagah karena aku masih suka parno kalo lewat jalan kecil. Nah kalau punya mobil yang kecil kan jadinya bisa lebih lincah di jalanan.

Ngomongin mobil kecil, pas banget beberapa waktu yang lalu aku datang ke IGNIS Exhibition di Mall Kota Kasablanka. Di sana, kita di perkenalkan sekaligus test drive Suzuki IGNIS.

SUZUKI IGNIS

Suzuki IGNIS adalah kendaraan genre baru di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) yang di hadirkan oleh PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS). Memiliki desain terbaru dengan karakter yang unik namun tetap memiliki DNA Suzuki.

IGNIS sendiri merupakan singkatan dari I (Irit bahan bakar), G (Ground Clearance yang tinggi, yaitu 180 mm), N (New genre, merupakan Urban SUV pertama), I (Interior modern dan futuristic), dan S (Sporty).

Suzuki IGNIS memiliki struktur body Total Effectife Control Technology untuk pendukung keselamatan dan platform baru HEARTECT, berupa struktur baru high-rigid underbody bermaterial high-tensile steel yang memungkinkan IGNIS untuk tetap andal ketika digunakan di jalanan offroad.

Memiliki dimensi sepanjang 3.700 mm dan berkapasitas 4 orang penumpang, Suzuki IGNIS ini sangat cocok untuk digunakan oleh pasangan muda yang baru menikah, keluarga kecil atau masyarakat urban dengan mobilitas yang tinggi. Hmm.. Pas banget nih buat aku.

Mesin yang digunakan memiliki empat silinder K12M berkapasitas 1.197 cc didukung Variable Valve Timing (VVT) dan juga DOHC. Mesin ringan bermaterial alumunium ini menghadirkan mesin 83 ps pada 6.000 rpm dan kekuatan torsi mencapai 113 Nm pada 4.200 rpm.

Untuk segi keamanan, IGNIS ini dilengkapi dengan sistem pengereman yang sudah menggunakan Anti-Lock Breaking System dan Electronic Breakforce Distribution (ABS dan EBD) serta memiliki Brake Assist (BA) yang memungkinkan pengemudi bisa lebih percaya diri dan merasa aman ketika melakukan pengereman darurat saat mendadak menghindari situasi di depan.

Memiliki Dual SRS Airbag untuk pengendara dan penumpang depan yang akan mengembang ketika mengalami benturan. Sabuk pengaman sudah memiliki fitur pretensioner dan force limiter.

Sudah dilengkapi juga dengan Electric Power Steering sehingga pengendara bisa lebih mudah dalam bermanuver dan tingkat respon kemudi bisa lebih presisi. Memiliki suspensi depan MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam with Coil String yang dapat menjaga kenyamanan dan kestabilan mobil.

Sebagai ibu yang memiliki dua orang anak, salah satu yang menjadi perhatian saya selanjutnya adalah untuk keamanan penumpang belakang. Di Suzuki IGNIS ini kita tidak akan kesulitan memasangkan child seat karena standar Suzuki IGNIS sudah terintegrasi ISOFIX di jok penumpang belakang.

Selain itu, IGNIS juga menggunakan Immobilizer yang menjamin mobil tetap aman dan meminimalisir terjadinya pencurian karena pada anak kunci memiliki sinyal sendiri dan mobil tidak dapat dihidupkan tanpa kunci asli. Salah satu yang buat aku bakalan memudahkan banget adalah IGNIS ini menggunakan keyless system. Alias untuk buka tutup mobil plus menyalakan mobil, kita gak perlu keluarin kunci mobil kita. Yang penting kunci mobil ada di dekat mobil (maksimal jarak kunci tak lebih dari 80 cm dari mobil), maka kita akan dapat dengan mudah membuka dan menyalakan mobil. Pas banget kan jadinya gak usah repot nyari-nyari kunci mobil dulu di tas. Tinggal deketin pintu mobil, trus buka dan nyalain deh.

Berbicara mengenai Eksterior, IGNIS memiliki desain stylish dan modern. Menggunakan lampu depan LED Projector & Daytime Running Light (tipe GX) yang dapat memaksimalkan pandangan pengendara ke depan pada malam hari. Oh iya, satu kelebihan lain adalah lampu LED ini bisa di atur ketinggiannya. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Suzuki  IGNIS memiliki 6 pilihan warna untuk tipe GL yaitu  Uptown Red Pearl, Midnight Black Pearl, Arctic White Pearl, Tinsel Blue Pearl Metallic, Silky Silver, Glistering Grey Metallic. Sedangkan untuk tipe GX ada 7 pilihan warna, yaitu Silky Silver, Arctic White Pearl, Midnight Black Pearl, Glistening Grey Metalic, Dual Tone Tinsel Blue Pearl & Midnight Black Pearl, Dual Tone Tinsel Blue Pearl & Arctic White Pearl dan Dual Tone Uptown Red Pearl & Midnight Black Pearl.

Untuk interiornya sendiri, sesuai dengan huruf “I” Pada IGNIS, memiliki interior modern dan futuristik. Jok pengendara dan penumpang depan memiliki tampilan sporty dengan model bucket seat yang berfungsi untuk memastikan posisi pengendara dan penumpang depan pada posisi tengah.

Di lingkar kemudi, tersemat kontrol tombol untuk Multi Information Display (MID), audio serta dapat terkoneksi dengan ponsel untuk menerima dan menolak panggilan telepon. Untuk koneksinya sendiri menggunakan koneksi Bluetooth.

IGNIS juga dilengkapi dengan penyetel suhu ruangan/Climate Control & Heater yang memiliki desain unik dan semua tombol tekan ditampilkan secara digital.

Sebuah mobil rasanya tidak lengkap tanpa kehadiran bagasi. Nah, kemampuan memuat barang di belakang Suzuki IGNIS ini sangat akomodatif, mulai dari kapasitas 267 liter (ketika semua jok berdiri tegak) hingga 947 liter (ketika jok belakang terlipat seluruhnya).

Setelah melihat IGNIS, rasanya kurang lengkap kalau gak nyobain langsung ya. Nah kemarin, kita diajak untuk langsung test drive di area parkir Mal Kota Kasablanka.

Untuk pertama kali, aku ikut test drive sebagai penumpang di bagian belakang. Ternyata walaupun dari luar terlihat kecil, dalamnya cukup lapang dan luas. Bahkan Mas Emir bercerita, temannya yang memiliki tinggi 182 cm bisa duduk dengan nyaman di jok belakang berkat head room setinggi 910 mm.

Ketika duduk dibelakang dan melewati jalan bergelombang, bantingannya juga cukup empuk, sehingga kita gak jumpalitan acak kadul macam karung beras gitu. 😀

Nah. Setelah mencoba menjadi pengemudi, giliran selanjutnya, saya mencoba langsung mengemudikan IGNIS. Kali ini, yang menjadi pilihan saya adalah IGNIS dengan transmisi AGS (Automatic Gear Shift).

Ternyata, walaupun memliliki transmisi AGS, mobil ini bisa juga dikendarai dengan sistem Manual. Untuk menyalakan mobil juga sangat mudah, tinggal memencet tombol Start saja dan mesin sudah menyala.

Ketika melewati belokan tajam, setir sangat ringan untuk dikendalikan dan responnya juga cukup cepat. Jadinya mobil bisa meluncur dengan mulus melewati belokan tajam itu.

Overal.. Aku naksir kaaakk.. Cocoklah menjadikan IGNIS sebagai mobil idamanku di tahun 2017 ini. *brb, rayu Udjo dulu* 😀

Suzuki IGNIS yang memiliki tampilan mewah ini bisa dimiliki dengan kisaran harga dari Rp. 139.500.000,- untuk tipe GL MT. Sedangkan untuk tipe GX MT seharga Rp 159.500.000,- dan tipe GX AGS dengan harga Rp 169.500.000,-.

Selama periode April hingga Juni 2017 ini, Suzuki akan memberikan hadiah langsung, berupa uang elektronik senilai 1 juta rupiah untuk setiap pembelian Suzuki IGNIS. Selain itu, ada juga paket special dengan berbagai pilihan yaitu kredit dengan bunga 3,26%, cicilan mulai dari 1,5 jutaan, uang muka mulai dari 15% dan cicilan sampai dengan tenor 7 tahyn. Selain itu, jika kamu ikutan Test Drive, kamu bisa mendapatkan hadiah utama berupa 3 Unit Suzuki GSX-S 150 & 6 unit Suzuki Satria 150.

Oh iya.. Mulai hari ini, kamu bisa melihat langsung Suzuki IGNIS ini di Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan dilaksanakan dari tanggal 27 April – 7 Mei 2017 besok. Selain Suzuki IGNIS, kita juga bisa melihat produk-produk lain dari Suzuki, tidak hanya mobil saja, tapi juga produk motor Suzuki.

Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi Halo Suzuki di nomor 0800 1100 800, atau kunjungi website resmi Suzuki di www.suzuki.co.id dan akun media sosial Suzuki yaitu FB Suzuki Indonesia, dan Twitter @suzukiindonesia.

See you on the next post.

All picture is taken by me unless stated below the picture.

DO NOT COPY AND PASTE THE CONTENT, INCLUDE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION.

Copyright of kakira.my.id

5 thoughts on “Suzuki IGNIS, Mobil Idaman Terbaru di Tahun 2017

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.