Jakarta Aquarium

Dulu waktu aku kecil, aku suka banget pergi ke Taman Safari dan pas sudah punya anak, aku dan Udjo juga berencana untuk ajak K1 dan K2 kesana. Tapi karena lokasinya agak jauh, jadi masih tertunda terus. Pengennya sih dateng ke taman satwa yang di Jakarta aja.

Nah kebetulan beberapa waktu yang lalu, pas lagi menelusuri instagram feeds, aku nemuin post tentang Jakarta Aquarium. Langsung aja aku browsing-browsing karena penasaran mau tahu lebih banyak. Pas banget aku lagi mau cari tahu tentang Jakarta Aquarium, aku mendapatkan undangan dari Blogger Crony untuk menghadiri acara pengenalan Jakarta Aquarium yang diadakan di Pingoo Restaurant, Neo Soho. Issh menyenangkan sekaliy. ๐Ÿ™‚

Ternyata, Jakarta Aquarium adalah salah satu destinasi baru untuk rekreasi keluarga yang berada di Neo Soho, Podomoro City, Jakarta Barat. Jakarta Aquarium merupakan persembahan dari Taman Safari Indonesia Group yang berkolaborasi dengan Aquaria Sdn.Bhd.

Jakarta Aquarium sendiri didirikan untuk menjawab tantangan dari Presiden Jokowi saat berkunjung kerja ke beberapa Negara di Asia Tenggara beberapa waktu yang lalu. Kebetulan dalam rombongan tersebut ada perwakilan dari Taman Safari Indonesia. Saat itu bapak Jokowi bertanya, mungkinkah bila Indonesia memiliki suatu akuarium seperti yang ada di Negara-negara tersebut. Gayung bersambut dan berkolaborasilah Neo Soho, Taman Safari Indonesia serta Aquaria Sdn. Bhd untuk mendirikan Jakarta Aquarium ini. Mereka berkolaborasi untuk membuat suatu Lembaga Konservasi Ex-Situ (lembaga Konservasi yang melakukan aktivitas konservasi di luar habitat alaminya) yang menampilkan keanekaragaman hayati air dan darat yang ada di Nusantara.

Sebagai informasi, fungsi lembaga konservasi adalah untuk tempat pendidikan, peragaan, penitipan satwa sementara, sumber indukan, cadangan genetik untuk mendukung populasi in-situ, sarana rekreasi yang sehat dan sarana penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Bpk Leo Loemanto, Public Relation Jakarta Aquarium dan Mr. Biswajit Guha, Kurator Taman Safari Indonesia

Keberadaan Jakarta Aquarium ini berdasarkan dari:

  • UU No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1999 tentang Pemanfaatan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.
  • Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia No. P.31 tentang Lembaga Konservasi.

Namapun Lembaga Konservasi, jadi otomatis dalam mendirikannya juga gak sembarangan ya. Jakarta Aquarium menyediakan system pendukung kehidupan (LSS-Life Support System) yang bernilai milyaran. Terdiri dari Filtrasi air, ozon dan juga protein skimmer. Selain itu, Jakarta Aquarium juga memiliki dokter hewan yang stand by selama 24 jam setiap hari untuk memastikan kondisi kesehatan satwa yang ada di Jakarta Aquarium ini.

Jakarta Aquarium disebut juga taman satwa. Dan sebagai taman satwa, Jakarta Aquarium harus memenuhi kriteria tertentu, yaitu memiliki satwa yang dikoleksi sekurang-kurangnya 2 kelas taksa; memiliki luas areal sekurang-kurangnya 2 hektar; memiliki jenis satwa yang dilindungi, satwa yang tidak dilindungi dan/atau satwa asing,; memiliki sarana pemeliharaan dan perawatan satwa, sekurang-kurangnya terdiri atas kandang pemeliharaan, perawatan & pengembangbiakan, kandang peragaan, prasarana pendukung pengelolaan satwa yang lain; serta memiliki fasilitas untuk pengunjung antar lain pusat informasi umum, toilet, kantin atau restoran.

Jakarta Aquarium juga sudah memenuhi standar International Association of Zoos and Aquariums (USA). Selain itu,Taman Safari sendiri juga sudah berkecimpung puluhan tahun dalam menangani satwa di taman-taman satwa Indonesia. Jadi gak perlu khawatir lagi ya, karena kesehatan dan kenyamanan satwa yang terdapat di Jakarta Aquarium ini amatlah diperhatikan.

Di area seluas kurang lebih 7500mยฒ ini nantinya akan di lengkapi dengan beberapa atraksi antara lain Pearl of The South Sea dan Teater 5D. Selain itu juga akan ada beberapa aktivitas edukasi seperti Touch Pool (kolam sentuh), Otter Tunnel, Kids Classroom, Diving dan Seatrek. Supaya pengunjung merasa lebih nyaman, Jakarta Aquarium akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti Loker, akses masuk untuk kursi roda, toilet dan kamar mandi, ruang ganti bayi, koneksi wifi, cafetaria, souvenir shop dan juga restoran.

Souvenir Jakarta Aquarium
Souvenir Jakarta Aquarium

Kebetulan, acara hari itu diadakan di restoran Pingoo yang berada di lantai LG. Restoran ini merupakan bagian dari Jakarta Aquarium. Di restoran ini terdapat akuarium yang berisi Pinguin Humboldt.ย Pinguin Humboldt adalah pinguinย sub tropic yang berasal dari Peru. Mereka terbiasa hidup di lingkungan yang bersuhu 18ยบ-25ยบC. Pinguin Humboldt yang terdapat di Jakarta Aquarium ini merupakan generasi ketiga yang sudah dikembang-biakkan oleh Taman Safari Indonesia.

Infoboard

Oh iya, saat ini sedang dikembangkan juga sebuah aplikasi Jakarta Aquarium. Nantinya di aplikasi tersebut, kita bisa mencari informasi mengenai satwa yang terdapat di Jakarta Aquarium dan juga membeli tiket untuk masuk ke Jakarta Aquarium. Menarik juga. ๐Ÿ™‚

Rencananya, Jakarta Aquarium ini akan dibuka untuk umum pada bulan Februari 2017 ini. Lokasinya adaย di Neo Soho lantai LG 101 โ€“ LGM 101. Bocoran harga tiketnya untuk weekdays mulai dari IDR 220rb โ€“ IDR 550rb/orang dan untuk Weekend/holiday mulai dari IDR 290rb โ€“ 600rb/orang. Anak maksimum umur 2 tahun dapat masuk gratis.

Ah jadi gak sabar nunggu bulan Februari untuk ajak K1 dan K2 kesana.

See you on the next post. ๐Ÿ™‚

 

All picture is taken by me unless stated below the picture.

DO NOT COPY AND PASTE THE CONTENT, INCLUDE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of kakira.my.id

 

JAKARTA AQUARIUM

Neo Soho lantai LG 101-LGM 101

Jl. Letjen S. Parman Kav 28

Tanjung Duren Selatan, Jakarta Barat 11470

www.jakarta-aquarium.com

Facebook Page: Jakarta Aquarium

IG: @jakartaaquarium

Twitter: jaq_id

Google+: Jakarta Aquarium

10 thoughts on “Jakarta Aquarium

    1. Iyaaa.. Akupun juga penasaran. Betul.. Harga tiketnya mayan yaa.. Tapi daripada jauh2 ke KL atau SG, ini mah lebih murah. ๐Ÿ˜€ Aamiin. Semoga sesuai dengan ekspektasi yaa. ๐Ÿ™‚

    1. Kalau diajak main, gak bisa. Tp kalau mau feeding penguins bisa. Tiap hari ada beberapa slot untuk kasih makan pinguin. Tapi dibatasi krn disesuaikan dengan jumlah makanan yang dikonsumsi dan berat badan pinguinnya. Kasih makannya gratis, tapi kalau kita mau ikutan, ada minimum table cover spending. Kalau mau tau lebih jelas, bisa langsung tanya ke jakarta aquarium/pingoo nya langsung ya. ๐Ÿ™‚

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.