Yuk Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia Melalui Kampanye brightFuture: “Selamat Tinggal Dunia Lama

Sebagai ibu, tentunya kita ingin anak kita memiliki masa depan yang cerah. Ingin mereka tumbuh dengan sehat dan juga bahagia. Nah. Sayangnya, gak semua anak bisa memiliki masa depan yang cerah. Kenapa? Karena banyak hal. Dan inilah salah satu sebabnya Unilever mengadakan sebuah kampanye yaitu Unilever BrightFuture.

Maria Dewantini Dwianto, Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia Tbk.

Kampanye BrightFuture adalah sebuah ajakan untuk membangun masa depan yang cerah untuk generasi mendatang. Kampanye ini adalah kampanye global yang di adakan di 6 negara besar Unilever, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Afrika Selatan, India, Brazil dan Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengajak konsumen Unilever untuk melakukan sebuah aksi nyata untuk membantu menciptakan masa depan yang cerah. Unilever BrightFuture sebetulnya sudah di launching dari tahun 2013 dan menyorot isu-isu yang berbeda tiap tahunnya. Antara lain mengenai sanitasi, perilaku hidup bersih, deforestasi dan lain sebagainya.

Dan kali ini kampanyenya adalah “Selamat Tinggal Dunia Lama”. Dunia Lama adalah dunia pesimis dimana anak-anak kita mengalami  banyak permasalahan. Misalnya gizi buruk, meninggal dunia sebelum usia 5 tahun karena masalah yang sebetulnya bisa dihindari, permasalahan gigi yang buruk, sanitasi yang buruk, dan kurangnya  tempat bermain di luar. Sekarang ini kita tidak punya tempat bermain di luar yang ramah anak. Padahal kita perlu mengajarkan anak untuk bermain di dunia luar.

Unilever percaya bahwa dunia baru yang lebih optimis dapat dimulai dari rumah. Dunia baru dimana anak-anak lebih sehat dan bahagia.

Kenapa mengajak konsumen, karena menurut Unilever, konsumen adalah orang-orang yang sangat penting untuk membuat sebuah perubahan. Kegiatan ini sesuai dengan strategi besar Unilever yaitu Unilever Sustainability Living Plan. Yaitu suatu strategi dimana Unilever ingin meningkatkan bisnis mereka dua kali lipat namun di sisi lain juga mengurangi setengah dari dampak lingkungan yang dihasilkan oleh bisnis mereka dan juga meningkatkan manfaat sosial di masyarakat.

Lani Rahayu, Senior Marketing Communication Manager Blibli.com

Dan untuk kampanye Bright Future kali ini, Unilever bekerjasama dengan blibli.com . Kerjasama ini memiliki latar belakang kebiasaan para mama-mama yang suka berbelanja online dan juga karena Unilever dan blibli memiliki kepedulian yang sama mengenai masa depan yang cerah untuk anak. Promo dengan blibli ini berlangsung dari tanggal 01-31 Desember 2016. Jadi apabila kita membeli 6 produk Unilever tertentu (Rinso, Pepsodent, Lifebuoy, Domestos, Blue Band dan Vixal) di blibli, maka otomatis kita menyumbangkan Rp 1.000 per produk untuk melaksanakan program edukasi.

Saat ini, Unilever sudah melengkapi 5 taman kota dan ruang terbuka di Jakarta (R.Petra Kenaga di Cideng), Bandung (Taman Tongkeng), Jogjakarta (Taman Dengung) , Makassar (Urip Sumoharjo) dan Medan (Taman Beringin). Dan dengan adanya program bersama blibli ini selain menggandeng komunitas setempat untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan taman, di adakan juga program edukasi seputar kesehatan, lingkungan, dan bijak dalam berbelanja online yang ditujukan untuk para ibu, dengan menggerakkan generasi muda seperti  mencuci tangan memakai sabun, sikat gigi pagi dan malam, mengetahui pentingnya sarapan bergizi, ditambah dengan cara menjaga toilet agar tetap bersih, bermain di luar ruang, memilah sampah, serta bijak dalam berbelanja online.

Psikolog Retno Dewanti Purba dari SAUH Psychological Services

Menurut Mba Retno, pemberdayaan komunitas di era sekarang ini sangatlah tepat. Komunitas sebagai saluran yang menterjemahkan gerakan sosial menjadi sebuah aksi dan yang menjadi
pengikat suatu komunitas adalah kepentingan bersama dalam memenuhi kebutuhan sosial. Melalui kaborasi dengan banyak pihak yang relevan sangatlah diperlukan agar tujuan dari kampanye brightFuture bisa mengikutsertakan sebanyak mungkin orang.

Gerakan-gerakan niat baik, selama 10 dekade terakhir sudah mulai tumbuh secara signifikan. Dan terbukti, gerakan baik ini tidak harus selalu di inisiasi oleh Pemerintah. Gerakan adalah sesuatu yang abstrak, walaupun sudah di sebarkan secara online, tetap saja harus ada orang yang melakukannya secara nyata agar pesan yang mau disampaikan bisa tersampaikan  dan terjadi. Bukan hanya sampai level awareness saja, namun hingga menjadi level behavior. Untuk bisa sampai level behavior diperlukan penggerak yang nantinya akan melakukan kegiatan ini secara terus menerus. Oleh karena itu, sangat penting untuk berkolaborasi juga dengan komunitas agar komunitas tersebut bisa melanjutkan kegiatan tersebut agar tercapai hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

Dan kali ini, Unilever dan blibli juga berkolaborasi dengan The Urban Mama dan para TUMBloggers untuk ikut serta dalam menyebarluaskan awareness mengenai kampanye ini supaya lebih banyak orang yang tahu dan ikut serta dalam kampanye ini.

Sebagai seorang ibu, tentunya kita mau dong anak kita memiliki masa depan yang cerah. Dan tentunya sangat menyenangkan juga jika dalam mewujudkan hal ini, kita bisa membantu anak-anak lain mendapatkan hal yang sama. Tapiii.. Kadang-kadang ada kekhawatiran kalau dananya bakalan diselewengkan. Duh ngeselin banget kalau kayak gitu ya. Naahhh.. Untuk hal ini, kita gak perlu khawatir. Kenapa? Karena Unilever dan blibli akan sangat transparan mengenai hal ini. Semua hasil dan prosesnya akan di umumkan dan di sebarluaskan melalui website, press conference dan social media Unilever. Selain itu kita juga bisa menghubungi customer care Unilever jika kita memiliki pertanyaan. Baik mengenai kampanye ini maupun mengenai produk-produk Unilever. Nah kalau kamu perlu informasi lebih lanjut, bisa langsung cek ke www.unilever.co.id atau ke website  brightfuture.unilever.co.id aja ya. 

 

Jadi tunggu apalagi? Yuk Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia dengan ikut Kampanye Unilever BrightFuture.

 

See you on the next post. 🙂

 

9 thoughts on “Yuk Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia Melalui Kampanye brightFuture: “Selamat Tinggal Dunia Lama

  1. Bersyukur ada perusahaan besar yang mendukung masa depan untuk generasi berikutnya.

    Ternyata memang semua tidak melulu soal uang dan keuntungan yaa, mba..
    Tapi juga kebermanfaatan.

    #ayodukung

  2. Oh, maksudnya dunia lama itu. Bener sih, kalau hal baik mau awet keberlangsungannya mesti dijaga. Banyak gerakan baik lahir, tp di tengah jalan putus. Bisa jadi karena kurang menjalin atau regenerasinya gak ada (atau lelah hayati)

    1. iyes.. Makanya kemaren sempet disinggung tentang keberlangsungan supaya jadi “behaviour”. Makanya harus berdayakan komunitas dan masyarakat sekitarnya biar jadi terbiasa. Kalo nggak yaaa.. Gitu deh.. Semacam lost signal ajah. 😀

  3. Mudah-mudahan dapat ditiru sama perusahaan asing lainnya. supaya lebih banyak lagi bermunculan program-program yang positif seperti ini. Yuk dukung demi masa depan Anak sebagai generasi penerus yang lebih baik lagi 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.