Phillips HUE For A Better Life

Saat ini, kami masih tinggal di rumah orang tua saya. Dan kebetulan rumahnya masih berupa bangunan lama atau belum di renovasi. Salah satu kekurangan dari rumah kami adalah masalah pencahayaan. Karena kami belum bisa merenovasinya, jadi ada beberapa soket listrik yang sudah tidak berfungsi. Selain itu, karena jendela bukan tipe bukaan lebar serta posisinya juga kurang pas jadi cahaya matahari kurang bisa masuk ke dalam rumah. Otomatis untuk pencahayaan natural agak kurang. Masih harus dibantu dengan lampu.

Nah sayangnya, karena ada beberapa soket listrik yang sudah tidak berfungsi, jadinya pencahayaan juga kurang maksimal. Padahal.. Buat aku dan Udjo, pencahayaan yang baik itu perlu banget, apalagi buat anak-anak belajar, bermain dan juga buat aku dan Udjo kerja kalau di rumah. Makanya pengen banget bisa membenahi pencahayaan di rumah.

philips-pijar

Sebagai seseorang yang berlatar belakang Teknik Informatika, Udjo punya cita-cita banget supaya rumah bisa di buat computerized atau bikin smart home. Jadi kalau bisa, dia kepengen untuk masuk rumah, bisa cukup dengan kartu atau sidik jari aja. Semacam di hotel atau di kantor gitu deh. Dan untuk security, bisa pasang kamera di beberapa titik yang nantinya bisa di kontrol via handphone semacam surveillance camera biar lebih aman. Tapi.. Itu butuh biaya yang gak sedikit ya kaann.

Yaaa untuk sementara.. Gak usah yang shopisticated banget-banget deh. At least kalau bisa di kontrol via aplikasi atau website, itu sudah cukup buat dia. Ya ya ya ya..

philips

Kebetulan, beberapa waktu yang laluย kita mampir ke acara Philips Lighting Week di Senayan City. Di sana, kita bisa lihat-lihat banyak produk unggulan dari Inovasi Lampu Philips. Kalo Philips sendiri sih kita udah gak asing lagi. Di rumah kita pakai banyak banget produk Philips. Dari setrika, rice cooker, mixer, blender sampai lampu juga pakai produknya Philips. Kenapa? Karena memang produknya bagus. Jadi gak ragu lagi deh untuk pakai produknya Philips.

Di acara kemarin itu, ada satu produk nih yang menarik perhatian aku dan Udjo. Produk ini adalah salah satu Inovasi Lampu Philips terbaru yang rencananya baru akan masuk ke Indonesia di bulan Januari 2017 yang akan datang. Tapi, kalau mau curi start, bisa ikutan pre-order dulu di Lazada loh.

philips-hue-8

Apa sih produk yang menarik perhatian kita? Produk yang menarik perhatian aku dan Udjo adalah Philips HUE. Philips HUE merupakan inovasi terbaru dari Philips yang merupakan system pengaplikasian pencahayaan LED yang terkoneksi nomor satu di dunia. Saat ini sudah ada 1 juta bridge yang terhubung dengan 5.6 juta titik lampu. Widih.. Banyak ya.

Yang istimewa dari Philips HUE adalah ini merupakan perangkat pencahayaan yang bisa menampilkan 16 juta warna dan bisa dikontrol sesuai dengan mood dan keperluan kita melalui sebuah aplikasi yang dapat di download di smartphone kita.

HUE Bridge
HUE Bridge

Cara kerja nya adalah dengan menghubungkan HUE Bridge yang merupakan otak atau pengendali dari system pencahayaan ini dengan router yang terkoneksi internet menggunakan kabel LAN. Lalu untuk mengendalikannya, kita cukup menggunakan aplikasi yang dapat di download ke smartphone kita. Ada banyak fitur yang bisa kita gunakan di aplikasi itu, antara lain fitur mood warna lampu sesuai dengan theme yang ada, pasang timer untuk lampu dan lain sebagainya.

philips-hue-2

Pokoknya.. Selama listrik di rumah menyala dan koneksi internet nyala, kita bisa mengontrol lampu yang ada di rumah kita dari mana saja. Untuk pemasangannya juga mudah. Sama saja kayak memasang lampu biasa dirumah. Dan kalau kita mau mematikannya secara manual, cukup matikan saja saklar lampunya. Gampang toh.

philips-hue-control

Gara-gara ngeliatin booth dan contoh aplikasi Philips HUE di acara kemarin, aku dan Udjo langsung berandai-andai. Andaikan kita sudah memiliki Philips HUE, pasti kita bakalan pasang duluan di kamar. Soalnya buat kita, kamar itu multifungsi. Kalau malam untuk istirahat, siang dan sore bisa untuk aku dan Udjo kerja atau anak-anak belajar. Jadi pastinya Philips HUE bakalan bantu kita banget. Tinggal sesuaikan theme-nya aja. Kalau mau baca atau kerja, pasang yang bright, kalau mau istirahat, pasang yang soft warnanya.

philips-hue-7

philips-hue-6

Salah satu keunggulan Philips HUE yang paling menarik perhatian kita berdua adalah bisa di kontrol dari mana saja. Jadi kalau kita lagi gak di rumah, kita bisa menyalakan atau mematikan lampu di rumah, seolah-olah kita berada di rumah aja. Selain itu, karena Philips HUE merupakan lampu LED, otomatis cahayanya akan cukup terang namun menggunakan watt yang rendah. Dan tentunya kalau begini, jadi hemat listrik juga kan. Hemat listrik artinya hemat biaya bulanan dan ini juga artinya.. Uang jajan istri nambah. *eh* ๐Ÿ˜€

Ketika kita membeli starter kit Philips HUE, kita akan mendapatkan paket yang isinya adalah 3 bohlam LED, 1 bridge, 1 kabel power dan 1 kabel LAN. Dan kalau kita mau menambahkan lampu lagi, kita cukup membeli lampunya saja karena 1 bridge bisa buat menampung 50 lampu.

HUE Lightstrip
HUE Lightstrip

philips-hue-5

Nah untuk di rumah kita, karena socketnya ada yang gak berfungsi, bisa di siasati dengan menggunakan HUE Lightstrip. Dan untuk lampu tambahan yang dapat berfungsi juga sebagai emergency lamp, kita bisa menggunakan HUE Go yang merupakan lampu portable dan menggunakan baterai Li-ion yang dapat di charge.

philips-hue-3

Jadi gak salah dong kalau aku dan Udjo bilang Philips HUE ini bakalan bantu kita banget plus bisa mewujudkan cita-cita Udjo untuk memiliki smart home. Kalau sudah begitu, tentunya hidup kita juga akan jadi lebih baik. ๐Ÿ™‚

Philips HUE For a Better Life because Life Starts with HUE.ย 

See you on the next post. ๐Ÿ™‚

 

2 thoughts on “Phillips HUE For A Better Life

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.