TUM Luncheon: Peran Penting Orang Tua untuk Perlindungan Keluarga

Beberapa waktu yang lalu, aku ikutan acara TUM Luncheon lagi. Dan kali ini, topik yang dibahas adalah “Peran Penting Orang Tua untuk Perlindungan Keluarga” dengan narasumber #TUMExpert mbak Fioney Sofyan (Mbak Oney).kakira_1016003

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin bisa terus melindungi anak dan keluarga kita. Gak cuma sekarang aja, tapi sampai ke masa depan pastinya kita juga tidak ingin menyusahkan anak kita. Nah gimana sih caranya supaya bisa demikian? Satu cara yang paling mudah adalah dengan memiliki Asuransi.

Kenapa sih penting untuk kita memiliki Asuransi? Menurut mbak Oney, ada 6 poin pentingnya kita memiliki Asuransi, yaitu:

  1. Karena posisi kita tidak tergantikan di dalam keluarga.
  2. Karena kita adalah tulang punggung keluarga.
  3. Karena kita ingin melindungi keluarga kita.
  4. Karena mencegah lebih baik daripada ‘mengobati’.
  5. Karena kita tidak tahu akan apa yang akan terjadi dengan kita besok, atau menit berikutnya.
  6. Melindungi dari kekhawatiran – kekhawatiran.

Nah.. Udah tau kan kenapa penting untuk memiliki asuransi. Sayangnya, walaupun penting, dari hasil penelitian di temukan fakta bahwa hanya kurang dari 10% penduduk Indonesia yang memiliki Asuransi. Dan ini termasuk 0% penduduk di Papua yang memiliki Asuransi.

Kenapa bisa terjadi demikian? Ini terjadi karena kurangnya informasi mengenai Asuransi dan juga kurangnya pemahaman mengenai pentingnya untuk memiliki Asuransi.

Sebetulnya apa sih Asuransi itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,

asuransi/asu·ran·si/ n 1 pertanggungan (perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat); 2 cak uang yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi yang memberi pertanggungan. (http://kbbi.co.id/arti-kata/asuransi, di akses 05 Oktober 2016)

Sedangkan dalam pasal 246 KUHD disebutkan:

Asuransi adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seseorang tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.

Jadi dengan kata lain, Asuransi adalah usaha kita untuk melindungi diri kita dan atau keluarga kita, dari kemungkinan kerugian-kerugian yang mungkin timbul akibat pihak kedua, pihak ketiga, atau hal-hal lain yang menyebabnya hilangnya suatu harta kekayaan atau jiwa.

Mbak Fioney Sofyan
Mbak Fioney Sofyan

Oh iya, Mba Oney juga mengingatkan beberapa hal mengenai asuransi yang harus kita ketahui yaitu Asuransi adalah proteksi, bukan investasi. Jadi nilai yang kita bayarkan akan “hangus” jika tidak terpakai. Namun walaupun demikian, tetap penting untuk memiliki Asuransi karena Asuransi sifatnya melindungi kita dan keluarga, dari kekhawatiran-kekhawatiran yang mungkin timbul.

Asuransi apa sih yang kita butuhkan? Yang paling pertama tentunya adalah Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa. Jika kita memiliki rumah dan bangunan, tentunya perlu Asuransi Properti. Jika kita memiliki kendaraan, kita juga perlu Asuransi Kendaraan Bermotor. Untuk jenis asuransi lainnya di sesuaikan dengan apa yang kita miliki dan butuhkan. Kita harus betul-betul memahami asuransi apa yang harus kita butuhkan supaya kita tidak membayar uang premi terlalu besar untuk sesuatu yang ternyata tidak kita butuhkan.

Bagaimana cara menghitung kebutuhan asuransi kita? Cara mudahnya, uang pertanggungan harus sesuai jumlahnya dengan sejumlah uang yang di taruh di deposito selama satu tahun yang hasilnya jika di bagi bisa menggantikan besaran income tulang punggung selama satu tahun atau kira-kira 0,5%/bulan dikali uang pertanggungan harus sama jumlahnya atau lebih dari uang yang biasa kita dapatkan perbulan.

Jika kita sudah memiliki asuransi, penting bagi kita untuk membaca polis asuransi yang kita miliki. Kenapa sih penting? Soalnya di polis itu di jelaskan segala hak, kewajiban dan manfaat yang kita dapatkan sebagai pemilik polis. Contohnya: salah satu benefit yang jarang di ketahui oleh pemilik asuransi adalah jika kita memiliki Asuransi yang memiliki lambang International Red Cross, itu artinya jika kita sedang berada di luar negeri dan ternyata terjadi situasi darurat yang memerlukan evakuasi, sebagai pemilik asuransi, kita memiliki previlage untuk mendapatkan evakuasi pertama oleh International Red Cross plus mendapatkan uang saku sebesar USD 500. Ini berlaku untuk Asuransi bagus yang berlaku Internasional. Dan hal ini bisa kita ketahui JIKA kita MEMBACA POLIS ASURANSI kita. Makanya penting banget untuk membaca polis asuransi yang kita miliki. *catet*

Selain penjelasan dari Mba Oney, di acara TUM Luncheon kali ini, saya juga di perkenalkan dengan MNC Family Care, sebuah asuransi kecelakaan diri untuk keluarga yang merupakan produk terbaru dari MNC Insurance.

kakira_1016002
Bpk. Edison dari MNC Insurance

MNC Family Care memiliki fitur menarik yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan keluarga, seperti : santunan biaya sekolah untuk anak, santunan untuk pengobatan alternatif apabila terjadi kecelakaan, biaya fisioterapi, biaya penggantian perjalanan apabila kendaraan tidak dapat digunakan pasca kecelakaan, santunan cacat tetap, santunan duka, santunan pemakaman dan tentunya uang pertanggungan kematian yang semua totalnya mencapai lebih dari Rp. 700 juta.

flyer mnc

Untuk mendapatkan MNC Family Care ini, kita hanya perlu membayar sebesar 500 ribu per tahun untuk keluarga dengan 3 anak. Jumlah premi yang harus dibayarkan bisa berkurang jika anak yang dimiliki hanya ada satu atau dua orang saja.

Untuk membeli MNC Family Care ini caranya cukup mudah karena system pembelian polisnya sudah berbasis online. Kita bisa dengan mudah mengakses website MNC Insurance (www.mnc-insurance.com) via mobile atau desktop dan bisa melakukan pengajuan polis selama 24 jam, dimana untuk aktivasi polis bisa dilakukan segera setelah dilakukan pembayaran via kartu kredit dan transfer. Gampang banget ya. Jadi gak ribet lagi. 🙂

Nah kalau mau tahu lebih banyak lagi mengenai MNC Family Care atau mengenai MNC Insurance bisa langsung cek aja ke

PT. MNC Asuransi Indonesia

MNC Financial Center Lt.11

Jl. Kebon Sirih 21-27 Jakarta

Telp  :  021 – 2970 1234 ext 44309

Fax    : 021 – 392 2952/60

www.mnc-insurance.com

Twitter : @mnc_insurance

Fanpage : @MNC Insurance

kakira_1016005

Terima kasih ya The Urban Mama untuk undangannya. Acaranya menarik dan sarat informasi banget. 🙂

See you on the next post. 🙂

 

 

12 thoughts on “TUM Luncheon: Peran Penting Orang Tua untuk Perlindungan Keluarga

    1. Iya. Kalau sudah ada yang urusin sih enak ya. Gak bingung lagi. Kebetulan dulu sempet ngalamin di kantor suami gak ada asuransi apa-apa. Jadinya ya gitu deh. Harus nyari sendiri. Pusing. Hahahah. Tapi sekarang udah diurusin. Jadi tenang deh. 🙂

  1. Membaca polis asuransi? heheh masih pe er sih buat aku pribadi.. begitu terima buku polis, ho oh aja percaya sama agen yg ngurusin… (jangan dicontoh yak)

  2. Dapet banyak info baru ttg asuransi di sini nih. Postingannya keren mamir, ga ngebosenin meski sarat inpoh. Kronologisnya juga keceh. Jadi belajar nulis repiew event yang keren selaen belajar asuransi nih 😀

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.