Jakarta Fashion Week 2017: Terrestrial by ETU

Gak kerasa sudah dimulai lagi pagelaran Jakarta Fashion Week 2017. Alhamdulillah di pagelaran tahun ini, aku berkesempatan untuk datang dan menghadiri lagi beberapa fashion show yang di adakan di Fashion Tent-nya Jakarta Fashion Week.

Dan untuk acara fashion show pertama yang aku hadiri adalah “INDONESIA FASHION FORWARD presents BATEEQ, BYO, and ETU by RESTU ANGGRAINI”.

kakira_1016080

Untuk fashion show pertama ini, aku mendapatkan undangan dari Restu. Dan pastinya gak disia-siakan dong. Harus hadir di acaranya.

Nonton bareng Aie, Suci, Ifa, Nia dan Anin
Nonton bareng Aie, Suci, Nia, Ifa dan Anin (pic by Aie)

Restu menjadi salah satu desainer generasi ke tiga di Indonesia Fashion Forward, program pengembangan kapasitas desainer dari Jakarta Fashion Week. Sejak awal, ETU yang merupakan label utama dari Restu, disiapkan sebagai brand modest wear global, dengan konsep sebagai everyday-working wear sehingga memiliki garis busana dan tampilan yang universal supaya lebih mudah diterima pasar internasional. Selain itu, ETU juga selalu mengedepankan inovasi melalui pemanfaatan teknologi dalam pengolahan material, sejalan dengan misinya yaitu “sustainable future through innovation”.

Setelah memenangkan The ANZ Australia-Indonesia Young Fashion Designer Award yang diumumkan pada event Jakarta Fashion Week 2016 lalu, Etu (Restu) berangkat mewakili Indonesia di Virgin Australia Melbourne Fashion Festival (VAMFF) pada bulan Maret 2016 yang lalu. Di acara VAMFF, ETU menampilkan koleksi “A VOYAGEUSE Fall/ Winter 2016” yang bercerita tentang generasi muda muslim di seluruh dunia yang modern dan bangga atas identitasnya sebagai muslim. 

Di pagelaran VAMFF itu, ETU berkerjasama dengan perusahaan tekstil berteknologi tinggi ternama asal Jepang, Toray Industries. ETU menggunakan material unik bernama Ultrasuede yang terbuat dari material daur ulang polyester dan diciptakan dengan teknologi ultra-microfiber untuk menandingi kualitas bahan kulit asli. Sekilas jika dilihat, bahannya memang terlihat tebal seperti bahan kulit, namun meskipun tampak tebal, ketika dikenakan akan tetap terasa nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Pada Jakarta Fashion Show 2017 ini, ETU kembali menggunakan Ultrasuede sebagai bahan untuk koleksi terbarunya, yaitu “Terrestrial“. Terrestrial  bercerita tentang sesuatu yang sangat membumi dan natural. Palet warna yang ditampilkan untuk koleksi kali ini adalah nude, cokelat, hijau pupus, biru , dan putih.

Menggunakan bahan Ultrasuede dan katun, ETU mengeksplorasi teknik flounces dan ruffles untuk menampilkan siluet konstruksi office wear yang boxy dan formal namun tetap terlihat feminin dan kuat melalui efek garment yang flowy dan natural.

kakira_1016082

kakira_1016083

kakira_1016087

kakira_1016085

kakira_1016089

kakira_1016091

kakira_1016086

kakira_1016088

Sesuai dengan nama koleksinya Terrestrial, ETU menampilkan detail kerutan berpola yang terinspirasi dari alam, seperti daun, bunga dan awan. Dari ke-13 koleksi yang ditampilkan kali ini, ini dia nih yang jadi favorit aku.

kakira_1016084

My favorite colour. Cantik yaaa..

Ke 13 koleksi yang di tampilkan ETU ini terlihat simple dan klasik namun detail dari ruffles dan flounces-nya itu berhasil membuat “drama” yang membuat koleksinya jadi semakin unik.

“a ruffle, frill, or furbelow is a strip of fabric, lace or ribbon tightly gathered or pleated on one edge and applied to a garment, bedding, or other textile as a form of trimming.”

 

 

kakira_1016092

 “flounce is a particular type of fabric manipulation that creates a similar look but with less bulk.  A wavy effect effected without gathers or pleats is created by cutting a curved strip of fabric and applying the inner or shorter edge to the garment. The depth of the curve as well as the width of the fabric determines the depth of the flounce.”

kakira_1016090

Kesimpulannya.. Koleksinya kece kaaakk..

kakira_1016098

Setelah selesai nonton fashion show-nya, gak lupa kita berfoto juga dong sama Etu.

kakira_1016096
picture by Nia
kakira_1016097
picture by Aie

Oh iya.. Namanya Fashion Show, kudu mesti bikin juga Outfit Of The Day. Dan ini adalah outfit aku ke acara ini.

kakira_1016093

Hijab: Basic Voal Scarf by Restu Anggraini

Top: Etro Shirt by Restu Anggraini

Pants: Ottawa Pants by Restu Anggraini

Bag: Malaika Bags

Shoes: Payless

Foto sama designernya :D
Foto sama designernya

Overall, It was a great show and a great night spend with great friends. Terima kasih ya Etu udah ngundang aku untuk nonton Fashion Show-nya. Semoga sukses selalu dan senantiasa menginspirasi. Oh iya, gak lupa juga terima kasih untuk Aie, Nia, Suci, Ifa dan Anin untuk ketawa-ketawa, cerita dan foto-fotonya malam itu. 🙂

Last but not least.. Ini dia video yang sempat aku rekam pas acaranya. Maafkan kamera yang agak disko di beberapa moment. 🙂

See you on the next post. 🙂

24 thoughts on “Jakarta Fashion Week 2017: Terrestrial by ETU

  1. Wah kamir aku salah ngelink hihi aku kira bagian fesyen udah pindah semua ke rachanlie.com hehehe

    Nanti aku edit yah:D

    Btw semua gemesin banget yah!

    Kakmir totalitas sangat pakai produknya kak etu. Juara!!!

    1. Hehehehe.. Iya. Yang ini memang dibiarin disini. Biar yang disebelah, mulainya dari november aja.

      Kebetulan memang punya produknya, jadi sekalian aja deh. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.