Bulan Peduli Kanker Payudara

Hallo semuanya. ๐Ÿ™‚

Psssttt.. Sejak awal Oktober kemarin, pasti kamu sering deh melihat lambang pita pink seperti yang di atas atau warna pink bertebaran dimana-mana baik di social media maupun di mall.ย  Sebetulnya itu untuk apa sih? Jadi.. Bulan Oktober adalah bulan peduli kanker payudara internasional (Breast Cancer Awareness) yang diperingati di seluruh dunia. Dan kegiatan ini juga diperingati setiap tahun di Indonesia yang dilakukan oleh Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) dengan melakukan beberapa kegiatan sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan kualitas kesehatan perempuan Indonesia khususnya terhadap pencegahan dini kanker payudara.

Kenapa sih memperingati kanker payudara? Alasannya adalah karena kanker payudara merupakan kanker yang paling sering ditemukan pada satu diantara lima perempuan di dunia. Di Indonesia sendiri, dari data registrasi kanker, penyakit kanker payudara ini menduduki urutan pertama baik dilihat dari segi kekerapan maupun dari sudut angka kematian. Sayangnya, kanker payudara di Indonesia sering ditemukan pada stadium yang sudah lanjut. Padahal sebetulnya kanker payudara dapat ditemukan lebih dini melalui pemeriksaan payudara sendiri untuk melihat keabnormalan pada payudara yang kemudian ย diikuti dengan pemeriksaan klinik dan mammografi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Nah, untuk lebih meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara dan pentingnya untuk melakukan deteksi dini inilah makanya bulan Oktober di jadikan sebagai Bulan Peduli Kanker Payudara.

kakira_1016079

Sebagai salah satu wujud kepedulian Grand Indonesia terhadap penderita kanker khususnya kanker payudara, Grand Indonesia melakukan Breast Cancer Awareness Campaign dengan membuat VM Point yang berlokasi di Lobby Amarta, West Mall Ground Floor Grand Indonesia.

Disana kita bisa berfoto sekalian menunjukkan kepedulian dan dukungan kita kepada para penderita kanker payudara dan juga mendapatkan informasi yang mungkin kita butuhkan mengenai kanker payudara. Selain itu, dengan berbelanja di SEIBUย GRANDย INDONESIAย kita juga bisa turut menyumbang untuk para pasien kanker payudara yang kurang mampu.

kakira_1016078

kakira_1016100

Sebagai wanita, pastinya kita juga harus bisa menjaga dan merawat payudara yang kita miliki. Dan salah satu caranya adalah dengan senantiasa menggunakan bra yang dapat membantu menjaga serta menyokong payudara kita. Bra dan pakaian dalam dari Wacoal menjadi pilihan saya karena memiliki produk bervariasi yang dapat disesuaikan dengan usia dan kebutuhan kita. Selain itu, kualitas dan kenyamanan dari produk Wacoal juga tidak usah diragukan lagi karena dalam mengembangkan produknya, mereka menggunakan policy design dengan kata kunci “Beauty, Health, and Comfort“. Makanya gak heran kan kalau produknya memiliki design yang bagus, mampu menyokong payudara dengan baik serta nyaman untuk digunakan.

kakira_1016099

kakira_1016101

Seperti yang sudah aku singgung di atas, salah satu penyebab kanker payudara menjadi kanker nomor satu adalah karena ketika terdeteksi, seringkali sudah dalam tahap stadium lanjut. Oleh karena itu, penting banget untuk melakukan deteksi secara dini.

Caranya bagaimana?

SADARI (Periksa Payudara Sendiri)

Kita dianjurkan untuk melakukan SADARI setiap satu bulan sekali. SADARI sebaiknya dilakukan antara hari ke-7 sampai hari ke-10 menstruasi atau dilakukan setiap bulan pada tanggal yang sama bagi yang sudah menopause.

Dan berikut adalah cara melakukan SADARI:

  • Lepaskan semua pakaian bagian atas sehingga area pinggang ke atas terbebas sepenuhnya kemudian berdiri tegak di depan cermin. Pastikan kedua payudara dan area sekitarnya dapat dilihat dengan jelas.
  • Dengan kedua lengan berada di samping dalam keadaan santai, perhatikan kedua payudara. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Jangan khawatir bila bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris.
  • ย Letakkan kedua tangan di pinggang, bungkukkan bahu dan condongkan badan sedikit ke depan kemudian perhatikan kedua payudara seperti poin di atas.
  • Kemudian dalam posisi berdiri, letakkan kedua tangan di belakang kepala, dorong tangan ke depan dan perhatikan kedua payudara seperti poin di atas.
  • Selanjutnya angkat salah satu lengan dan mulai raba payudara menggunakan ujung jari ke-2, 3, dan 4 (telunjuk, jari tengah dan jari manis). Raba payudara dengan penekanan menggunakan salah satu atau lebih metode perabaan (lines, circles, wedges). Apakah terdapat benjolan pada payudara dan atau ketiak? Apakah terasa ada perubahan kontur dan atau tekstur pada payudara dan atau area sekitarnya? Apakah terdapat pembengkakan pada ketiak? Apakah terdapat area yang mengeras pada payudara? Setelah selesai, ganti dengan lengan yang satunya.
  • Remas perlahan kedua puting dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar (bukan ASI).
  • Ulangi langkah-langkah di atas dalam keadaan berbaring. Jangan lupa untuk mengganjal punggung atas dengan handuk atau bantal agar posisi payudara mendatar.

Apabila dari pemeriksaan payudara ini ditemukan satu atau lebih hal yang tidak biasa maka segera periksakan diri ke dokter.

SADANIS (Periksa Payudara Secara Klinis)

Selain SADARI, kita juga bisa melakukan pemeriksaan payudara secara klinis menggunakan USG Payudara (USG Mammae) dan Mammografi.

  • Ultrasonografi (USG) payudara/USG Mammae
    USG Payudara atau USG Mammae adalah metode pemeriksaan payudara menggunakan alat khusus yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang tidak terdengar oleh telinga manusia. USG Mammae ini efektif digunakan untuk wanita berusia di bawah 35 tahun karena jaringan payudara di usia tersebut masih padat. Dan karena USG Mammae ini menggunakan gelombang suara maka pemeriksaan ini aman digunakan pada pasien yang sedang hamil. Bahkan metode pemeriksaannya hampir mirip dengan ketika kita memeriksakan kehamilan kita.
  • Mammografi 

    Mammografi adalah pemeriksaan payudara dengan alat pemeriksaan X-Ray khusus untuk menilai jaringan payudara seseorang. Mammografi efektif digunakan untuk wanita yang berusia di atas 35 tahun karena di usia tersebut payudara lebih banyak berisi lemak. Walaupun mammografi menggunakan sinar X-Ray, tidak usah khawatir karena sejauh ini mammografi tidak terbukti merusak jaringan payudara atau menyebabkan penyebaran kanker payudara. Kadang-kadang pemeriksaan mammografi dikombinasikan dengan USG payudara untuk memperjelas hasil pemeriksaan.

Pemeriksaan USG payudara (USG Mammae) atau mammografi sebaiknya dilakukan 1 minggu setelah kita bersih dari menstruasi sampai dengan 1 minggu sebelum menstruasi berikutnya agar hasil pemeriksaan lebih maksimal dan juga mengurangi rasa tidak nyaman pada payudara. Selain itu, sebelum pemeriksaan, sebaiknya kita tidak menggunakan deodoran, bedak dan atau krim badan pada payudara, daerah sekitar ketiak dan ketiak karena dari hasil penelitian, hal ini dapat mengganggu hasil pemeriksaan.

Jika ย sebelumnya kita sudah pernah melakukan USG payudara (USG Mammae) atau mammografi, sebaiknya hasil pemeriksaan terdahulu dibawa pada pemeriksaan selanjutnya dengan tujuan sebagai perbandingan.

kakira_1016077

Mumpung belum terlambat, yuk segera cek payudara kita dan tunjukkan dukungan kita untuk Breast Cancer Awareness ini supaya lebih banyak lagi orang yang mendapat informasi mengenai bahayanya kanker payudara dan pentingnya deteksi dini.

Terima kasih Clozette ID dan SEIBU GRAND INDONESIA yang sudah memberikan saya kesempatan untuk ikut berbagi dan mendukung Breast Cancer Awareness.

See you on the next post. ๐Ÿ™‚

26 thoughts on “Bulan Peduli Kanker Payudara

    1. Aamiin. Iya mba. Serem kalo dateng ke seminar gitu. Tapi lebih serem lagi kalo pas udah “di duga” ada benjolan. Krn aku sendiri pernah mengalami. Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan bukan jenis ganas dan bisa hilang dengan menyusui. InShaaAllah kita diberikan kesehatan yang baik selalu ya. Aamiin.

    1. Hahahahaah.. Beli juga atuh. Iya. Sekarang udah bisa lebih mudah utk dapet informasi ya. Tapi walaupun demikian, masih tetep harus disebarluaskan awareness-nya. Krn banyak juga yg malas utk cari infonya. ๐Ÿ™

  1. Ketika masih aktif bekerja secara ruton melakukan pemeriksaan, at least 6 bulan sekali. Tp setelaj pensiun gak pernah check-up. Di usia pensiun apa hrs jg dilakukan pemeriksaan SADARI or SADANIS? Postingan yg manfaat.

    1. Terima kasih bunda. Dari yang saya baca-baca, di usia berapapun kita tetap harus melakukan pemeriksaan. Baik itu SADARI maupun SADANIS.

      SADARI bisa dilakukan sendiri setiap bulan di tanggal yang sama bagi wanita yang sudah menopause seperti yg sudah disebutkan di atas. Sedangkan SADANIS bisa dilakukan setiap 3thn sekali. ๐Ÿ™‚

    1. Terima kasih Nia. ๐Ÿ™‚ Ooohhh kalo foto mah Udjo yg ngambil. Jadi sambil jagain k1 dan k2, dia bertugas juga utk ambil foto istrinya pas lagi syoping. Hahahahah. ๐Ÿ˜€

    1. Iya betul mas Agung, almarhum Melky Goeslaw meninggal karena penyakit kanker payudara.

      Betul. Kanker payudara itu tidak hanya menyerang wanita saja. Tapi pria juga memiliki potensi untuk terkena penyakit kanker payudara.

  2. informasi yang bermanfaat banget nih, kadang suka lupa kalau kanker payudara bisa dekat banget sama kita ya ๐Ÿ™‚

    wah seru, belanja di Seibu, Grand Indo pun bisa bantu penderita kanker payudara di Indonesia yang kurang mampu!

    1. Iyaaa.. Kadang-kadang suka terlena yaa.. Harus banget merhatiin kesehatan diri sendiri. Supaya gak nyesel nantinya.

      Belanja lagi yuuukk.. Tp kamoh bayarin akoh yaaa. ๐Ÿ˜€

  3. Padahal cuma butuh 5 menit dalam sebulan ya buat periksa payudara sendiri. Semangat tidka boleh lupa. Yuk belanja di GI lagi sekalian nyumbang,hihihi. *modus*

  4. Sebenarnya kanker payudara udah ada cara pencegahan yang mudah, yaitu dengan cara menyusui. Wanita yang menikah dan menyusui bayinya akan otomatis menurunkan resiko kanker payudara pada dirinya. Mungkin menyusui bayi perlu dikampanyekan juga walaupun tetap ada juga sih ibu yang tidak bisa menyusui karena memang hanya memiliki sedikit kelenjar ASI

    1. Betul. Sayapun pernah konsultasi dengan dokter dan waktu itu disarankan untuk segera hamil dan menyusui langsung. Kalau masalah menyusui bayi, sudah mulai banyak kok kampanyenya. Terutama dari AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia).

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.