Bermain Di KidZania Jakarta Bersama Larutan Cap Kaki Tiga Anak Kemasan Baru

“Mah.. Kok lama banget sih.. Aku bosan. Aku mau main. Buruan dong.”

“Nak, ini kamu lagi antri mau main. Kamu harus sabar. Kan kamu lihat itu yang di dalam belum selesai. Jadi kamu belum bisa masuk. Sabar nak. Kita harus antri dan sabar.”

Itulah sepenggal percakapan saya dan K1 ketika kami sedang mengantri di salah satu establishment di Kidzania. Memang sebetulnya terlihat sepele ya. Tapi sejak kecil, saya dan suami berupaya untuk menanamkan sifat sabar dan juga kesadaran untuk bisa tertib dan mau antri.

kakira_08160095

Ya memang terlihat sepele dan sepertinya bisa di lakukan kapan saja. Tapi sebetulnya kalau dilihat lebih dekat, kebiasaan seperti itu, jika tidak ditanamkan sejak kecil, kedepannya akan lebih sulit. Buktinya? Banyak. Kita pasti pernah menjumpai atau berada dalam keadaan ketika kita sudah mengantri dengan benar, tau-tau ada aja yang menyelak. Dan seringnya ketika di tegur, dia malah lebih galak. Pasti sebel banget kan. Nah, saya gak mau anak-anak memiliki kebiasaan seperti itu, makanya sedari kecil sudah di tanamkan kebiasaan-kebiasaan baik supaya kedepannya kebiasaan itu sudah menjadi sesuatu yang “otomatis” ia jalankan, bukan karena ia terpaksa. Lebih cepat lebih baik karena Masa kecil anak cuma sekali.

kakira_08160102

Nah ngomongin masa kecil, saya dan Udjo juga berupaya supaya K1 dan K2 bisa memiliki cita-cita setinggi langit. Mereka bisa memilih profesi apapun yang mereka inginkan. Gimana caranya? Salah satunya ya memberikan mereka pengalaman dan memaparkan mereka ke banyak profesi yang ada saat ini melalui permainan yang ada di Kidzania.

Seperti yang sudah kita ketahui, Kidzania adalah sebuah theme park atau ‘kota’nya anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara bagi anak-anak usia 2-16 tahun. Kidzania dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi. Di kota ini, anak -anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lainnya.

kakira_08160096
Press Conference oleh pakar psikolog anak Ibu Efnie, Ibu Merlyana GM Marketing Beverages PT. Kino Indonesia dan Bapak Kerry Riza-President Director KidZania Jakarta

Menurut Ibu Efnie, “Masa kecil merupakan masa yang indah bagi anak-anak karena pada masa inilah ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak dibentuk yang menjadi dasar emotional attachment orang tua dan anak pada usia dewasa. Pertumbuhan anak-anak harus digarisbawahi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satunya dengan melatih anak untuk berfikir dan melakukan hal-hal yang kreatif sehingga anak sejak kecil akan terbiasa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, hal tersebut yang menjadi dasar dalam proses berpikir ketika mereka dewasa. Selain itu, melakukan hal yang sama secara berulang dalam rutinitas keseharian akan menimbulkan kejenuhan tersendiri bagi anak, oleh karenanya anak membutuhkan variasi dalam melakukan hal apapun. Disinilah peran Ibu menjadi sangat penting dalam menciptakan pengalaman baru bagi sang anak khususnya pengalaman yang dapat mengasah kreatifitas anak, karena hal ini dapat mengoptimalkan kecerdasan, membuat anak lebih bahagia dan percaya diri serta menciptakan ikatan yang kuat antara orang tua dan anak melalui proses orang tua mendampingi anak saat berkegiatan kreatif.”

Bukan saja orang dewasa yang seringkali jenuh dengan rutinitas keseharian, ternyata anak-anak juga seringkali merasakan hal yang sama. Dan ternyata kejenuhan ini dapat mengakibatkan si kecil menjadi murung, tidak tertarik lagi dengan apa yang dikerjakan dan bahkan dapat melakukan hal-hal yang kurang baik hanya karena untuk mendapat perhatian orang lain. Sebagai orang tua, kita harus sigap mengatasi anak yang sedang jenuh sehingga dapat kembali ceria. Hal ini menjadi inspirasi Cap Kaki Tiga Anak untuk menciptakan kegiatan-kegiatan edukatif baru dan seru yang membuat pengalaman si kecil menyenangkan dan tidak terlupakan. Karena Masa kecil Cuma Sekali dan tidak akan terulang lagi.

Melalui campaign Masa Kecil Cuma Sekali, Cap Kaki Tiga Anak ingin mengajak para bunda dan anak untuk mengikuti aktifitas-aktifitas baru untuk menciptakan pengalaman baru yang dapat memberikan warna pada masa pertumbuhan si buah hati karena #masakecilanakcumasekali”, ujar Bu Lany selaku General Marketing Komunikasi PT. Kino Indonesia, Tbk.

kakira_08160093
Kata Sambutan dari Ibu Merlyana- GM Marketing Beverages PT. Kino Indonesia, Tbk

Establishment Police Station Cap Kaki Tiga Anak KidZania Jakarta ini sebenarnya telah diresmikan pada bulan Juni tahun lalu, namun kami hadir kembali dengan rangkaian acara re-launching Police Station Cap Kaki Tiga Anak dalam rangka pergantian kemasan baru Cap Kaki Tiga Anak yang lebih menarik. Pada acara relaunching ini, kami juga menyiapkan aktivitas yang baru dan seru bagi anak-anak yaitu lomba mewarnai kaleng. Kali ini mewarnai dilakukan bukan diatas kertas, tapi menggunakan kaleng. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi satu pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan bagi buah hati, karena masa kecil cuma sekali.” jelas Ibu Merlyana selaku General Manager Marketing PT. Kino Indonesia, Tbk. ketika memberi kata sambutan di acara re-launching Establishment Police Station Cap Kaki Tiga Anak Kidzania Jakarta dan Peluncuran Kemasan Baru Cap Kaki Tiga Anak pada tanggal 25 Agustus 2016 yang lalu.

Kata Sambutan dari Bapak Kerry Riza – President Director KidZania Jakarta
Kata Sambutan dari Bapak Kerry Riza – President Director KidZania Jakarta

Kehadiran Larutan Cap Kaki Tiga Anak di KidZania Jakarta salah satunya untuk menciptakan pengalaman baru bagi si kecil. KidZania adalah salah satu tempat edutainment yang memberikan pengalaman baru bagi si kecil, dimana anak-anak dapat berlatih untuk mewujudkan cita-citanya, bisa mencoba profesi apapun yang mereka inginkan, seperti menjadi polisi, pemadam kebakaran, dokter, pilot, dan lain sebagainya.

image046

kakira_08160094

Di Establishment Police Station Cap Kaki Tiga Anak Police Station ini, anak-anak berperan menjadi polisi yang berusaha menangkap penjahat yang mencuri formula rahasia Larutan Cap Kaki Tiga. Permainannya cukup seru. Karena anak-anak gak cuma dilatih fisiknya tapi juga di dilatih supaya bisa berpikir dan mengembangkan logika mereka ketika harus mengumpulkan petunjuk, menganalisa, menyimpulkan lokasi penjahat dan kemudian menangkapnya. Seru banget liat anak-anak yang heboh mengumpulkan petunjuk lalu ramai-ramai menangkap pencurinya. Naahh.. Setelah bermain yang menguras tenaga, anak-anak kemudian di berikan Larutan Cap Kaki Tiga Anak supaya mereka bisa segar kembali.

kakira_08160097

 kakira_08160100

kakira_08160101

kakira_08160099

kakira_08160098

kakira_08160103
K1 dan K2 minum Larutan Cap Kaki Tiga Anak Rasa Stroberi favorit mereka

Kalau ngomongin Larutan Cap Kaki Tiga Anak, selama ini K1 dan K2 memang suka mengkonsumsinya karena memang bagus untuk menjaga kesehatan mereka, terutama ketika terserang panas dalam. Mereka suka banget sama Larutan yang rasa stroberi. Enak dan menyegarkan. Selain itu, salah satu yang menjadi daya tariknya tentu saja kemasannya yang bergambar karakter dari Disney favorit anak-anak. Di kemasan baru yang di luncurkan kemarin juga tetap menampilkan 3 karakter Disney favorit anak-anak yaitu Mickey Mouse, Minnie Mouse dan Donald Duck untuk rasa Jeruk, Stroberi dan Leci. Ukurannya juga masih sama yaitu 250 ml.

kakira_08160086

kakira_08160088

kakira_08160089
Larutan Cap Kaki Tiga Anak Rasa Jeruk
kakira_08160090
Larutan Cap Kaki Tiga Anak Rasa Stroberi
kakira_08160091
Larutan Cap Kaki Tiga Anak Rasa Leci

Lucu ya kemasannya. Gak cuma kemasannya aja sih, rasanya juga enak. Aku juga kadang-kadang suka minum yang punya anak-anak. Enak. Hehehehe.

Anyway, salah satu poin penting yang aku dapet dari event kemarin adalah, “Apapun kegiatannya, pastikan anak juga menikmatinya karena semakin mereka menikmatinya, maka mereka akan lebih mudah menyerap informasinya. Dan berikan mereka paparan yang luas mengenai banyak hal yang bisa membuka wawasan mereka karena masa kecil anak cuma sekali jadi jangan di sia-siakan kesempatan itu.”

See you on the next post. 🙂

24 thoughts on “Bermain Di KidZania Jakarta Bersama Larutan Cap Kaki Tiga Anak Kemasan Baru

    1. Hihihihi.. Sama. Aku juga suka yang ini. Kalo anak-anak minum, mamaknya juga suka ikutan minum. Soalnya kadang-kadang kalo gak habis, mamaknya yang habisin. Mubazir kalo gak habis.

  1. Betuuul, biarkan anak-anak menikmati apa yang sedang dikerjakan. Kadang saya sendiri masih bialng, ayo dong cepet ayo udahaaan…padahal anak-anak sedang menikmati hal-hal yang bagi dia menarik untuk dijalani sesuai ukuran mereka. Hehee, K1 dan K2 aku bacanya Kwan and Ktu, aach kereeen.

    1. hahahah.. Iya.. Biar ringkes manggilnya K1 dan K2. Betul. Buat kita kadang kerasa sepele, tapi buat mereka itu luar biasa. Memang kita juga harus belajar sabar ya. 🙂

    1. Hehehehe.. Iya. Sebetulnya dimana aja sih bisa ya. Tapi kalo di kidzania kan mereka memang betul2 harus antri sendiri, gak boleh di gantiin orang tuanya. Makanya lebih berasa sm mereka esensi antri dan sabarnya. 🙂

  2. Aku syediiihhh..
    Dulu jaman ngajar TK tiap tahun pasti ke Kidzania. Udah mimpi nanti punya anak mau ajak ke sana. Laah, pas punya anak malah jauh bener tinggalnya, hiks.
    Tapi nggak papa lah, mudah2an nanti pas anak2 udah agak besar dan bisa main sepuasnya di Kiszania, kita udah pindah ke Jakarta lagi. Mari aminkan sodara-sodaraaa…

    Btw itu larutan cap kaki tiga anak cute banget kemasannya <3

  3. sekarang ade ku udah pada gede.
    pas dulu masih kecil dan perlu didampingi kalo kemana2, aku selalu nemenin mereka, termasuk ke kidzania ini. waktu itu masih sma dan terakhir pas kuliah semester 3an. dan aku selalu ngiri kenapa jaman dulu kecil gaada beginian, kan boring banget nunggu gitu padahal dalam hati pengen ikutan main juga. hihi

  4. Iya anaku jg kmrin tu ga sabar pengen main, jd harus antri dulu, menanamkan sikap menghargai org lain jg mau antri ya mak… seneng jg bs dpt minuman enak cap kaki tiga anak, aku sampe stok jg kadang2 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.