Mengenal Lebih Jauh Ipeh Alena

Holla.. *sapu-sapu blog* Apa kabar nih.. Udah beberapa lama ini saya lagi gak temenan sama laptop. Jadi blognya sepiii. Huhuhhuu. Duh maap ya blog.

Naaahh.. Biar gak sepi, saya balik lagi. Dan kali ini, saya balik lagi untuk edisi “Mengenal Lebih Jauh”. Di edisi kali ini, yang mau di kenal adalah mba Ipeh Alena, blogger Bekasi yang punya blog www.ipehalena.com.

Pas di kasih tau pemenangnya mba Ipeh, seperti biasa aku langsung nyari-nyari contactnya dong di handphone. Tapi kok gak ada. Ternyata eh ternyata, saya salah. Saya nyarinya Ipeh. Padahal nama yang di simpan di handphone aku itu nama aslinya mba Ipeh, yaitu Indah Purnamasari. Ya gak bakalan ketemu deh Mir. *toyor*. Hahahahah 😀

ipehalena

Nah, selidik punya selidik *macam detektip*.. Ternyata nama Ipeh itu adalah inisial nama mba Ipeh di tambah kata “Eh” di belakangnya. Dan Alena itu adalah pelesetan dari nama salah satu penyanyi favorit mba Ipeh, yaitu Tina Arena. Voila.. Jadilah Ipeh Alena.

Mba Ipeh sendiri, kalau saya lihat dari blognya, sudah mulai blogging dari tahun 2013. Dan isi blognya banyak mengenai buku, film dan aplikasi handphone. Kenapa isinya itu? Soalnya mba Ipeh itu book addict, dan movie reviewer yang doyan belajar plus ngoprek-ngoprek aplikasi juga. Makanya banyak isinya tentang itu semua.

Oh iya, selain blog, Mba Ipeh juga sudah memiliki beberapa karya, antara lain:

  1. Bidang kubik-kubik CINTA, Sembilan Mutiara Publishing Trenggalek (2014), ISBN 978-602-1264-06-5
  2. Dear Mama, Kontributor cerpen ‘Surat Untuk Ibu’, @nulisbuku (2012)
  3. AKAR HATI SEMESTA, Kontributor Puisi, @nulisbuku (2014)

Selain blog Ipeh Alena ini, mba Ipeh juga memiliki blog lain yang khusus membahas mengenai buku yang sudah di bacanya. Mba Ipeh juga menjadi admin di Klub Buku Indonesia, dan juga bagian dalam tim Social Media Klub Buku Bekasi.

Mantap ya. Nah.. Untuk mengenal lebih jauh lagi, saya juga kasih 4 pertanyaan ke mba Ipeh. Dan berikut adalah tanya jawab saya sama mba Ipeh.

Q: Sebagai seorang blogger buku, mba Ipeh membaca lalu mengulasnya di blog mba Ipeh. Saya sendiri suka membaca buku, tapi kalau disuruh nulis di blog, gak bakalan mau. Susah bener. Nah.. Boleh minta tipsnya dong untuk menulis review tentang buku.

A: Kalau menurut saya, nulis ulasan buku itu harus punya tujuan. Tujuan saya, untuk memberi pertimbangan bagi calon pembaca. Kira-kira, apa aja yang menjadi poin-poin yang menarik dalam buku tersebut. Ada atau nggak yang sesuai dengan yang dia butuhin. Dari situ, saya semangat nulis ulasan.

Q: Nah ngomongin tentang buku, kalau boleh pilih, dari sekian banyak buku yang sudah mba Ipeh baca dan review, buku yang jadi favorit dan paling berkesan buat mba Ipeh itu buku karangan siapa, judulnya apa dan kenapa berkesan banget. 

A: Buku karangan Fuad Hassan, judulnya Studium Generale, Pentas Kota Raya dan Heteronomia. Buku-buku tersebut termasuk non fiksi, isinya tentang manusia dan kehidupan sosialnya yang kekinian. Padahal buku itu ditulis sekitar tahun 93’an.

Q: Eh iya, selain blogger buku, mba Ipeh juga movie addict kan yah. Nah all time favorite movie mba Ipeh apa sih? 

A: Saya suka film bertajuk drama keluarga atau drama yang dikombinasiin sama komedi. Film dengan genre seperti ini enak ditonton meski lagi bad mood. 😀

Seperti film, Pursuit Of Happiness, film My Sister Keeper. Selain complicated terkait keluarga, di situ di bahas juga tentang hak manusia untuk memilih, dalam hal ini, memilih passion, jalan hidup, apa yang mereka suka dengan yang tidak. Seru.

Q: Oh iya, selain berbagi tentang buku dan film, ada juga tentang aplikasi di handphone. Nah, boleh tau gak aplikasi yang menjadi favorit mba Ipeh itu yang mana. (selain yang sudah mba Ipeh sebut di blogpost 5 aplikasi wajib di android ya).

A: Selain aplikasi tersebut, saya penggemar berat Evernote! Bagi saya, nulis di evernote, ngedraf dan simpan draf di Evernote itu mudah dan nyaman (bukan iklan, hanya penggemar). Kemudian aplikasi Playstore, hihihihi, tanpa Playstore apalah saya jadi enggak bisa coba-coba aplikasi lain.

Kemudian, aplikasi Pinterest, sejalan juga dengan kegemeran saya lihat-lihat foto dan infografis. Apalagi kalau lihat DIY yang dibagikan di sana, bikin tambah mupeng.

***

Nah.. Ketauan kan.. Kalau mba Ipeh itu beneran book addict.. Buktinya.. Saya gak paham siapa itu pengarang yang di omongin. *toyor kepala sendiri* Hahahaha.. Tapi gara-gara mba Ipeh, jadi kepengen rutin baca buku lagi deh. Kalau untuk nulis review.. Errrr… Errrr.. kayaknya belom yah. Mau banyak-banyakin baca dulu deh. *lalu colek Udjo minta di beliin buku* 😀

Anyway.. Kalau kamu mau tahu lebih banyak, bisa langsung cek ke blog mba Ipeh aja ya di www.ipehalena.com.

See you on the next post. :*

14 thoughts on “Mengenal Lebih Jauh Ipeh Alena

  1. Ayo mba mulai lagi membaca. Siapa tau anak-anak juga jadi antusias membaca. Kalau anak sudah terbiasa close reading, ga sulit lagi untuk meminta mereka menghabiskan waktu dengan hal yang baik dan bermanfaat. Cuma,memang ada kalanya membutuhkan uang untuk hobi yang satu ini.

    Tapi, sekarang kan banyak aplikasi baca gratis di handphone yang bisa mempermudah. kaya aplikasi perpus buat pengguna android. Hehe, jadi biar tambah semangat membacanya.

    Terimakasih ya mba, tulisannya.semoga semangat menulis

  2. Wah, ayo mba Mira semoga semakin semangat untuk membaca. Biar anak-anaknya juga semangat membaca. Agar menjadi gaya hidup yang sehat, meski kudu merogoh kocek, tapi sekarang ada kok aplikasi perpustakaan yang memungkinkan pembacanya membaca tanpa harus membeli, cukup meminjam.

    🙂 Terima kasih ya tulisannya, semoga juga tetap semangat menulis

  3. Ipeeeeeehhh.. Teman SMA ijk duluu yang sekarang mataaaang sekalii.. Dulu dia kocaknya luar biasa.. Hihihihi sering jadi korban eksprimen dandan ijk pullaaaak.. Sukses yaaa Peh! 😀

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.