Mengatasi Rasa Jenuh Menulis

Sebetulnya.. Saat saya nulis ini, saya lagi dalam keadaan jenuh. Gak tau kenapa. Tapi lagi gak terlalu semangat aja dan otak rasanya kosong banget. Mau nulis kayaknya blank terus. Makanya ini nulisnya juga lama bener.

Sebagai blogger, pastinya aku udah beberapa kali ngalamin kejenuhan ini. Dan menurutku itu wajar. Pasti adalah masa naik dan turun. Adakalanya rajin banget sampe bisa amat sangat produktif. Adakalanya juga jenuh berat sampe blog berdebu gak tersentuh. Adaaa.. Itu adaaaa..

Dan kalo untuk aku pribadi, mengatasi rasa jenuh itu macem-macem caranya. Antara lain:
Membiarkan rasa jenuh itu hilang dengan sendirinya.
Pada suatu periode, pernah banget aku ngerasa super jenuh. Dan karena saat itu aku juga emang lagi gak ada kewajiban, ya otomatis aku diamkan saja. Artinya blog tak disentuh sama sekali sampaaaaiii rasa jenuh itu hilang sendiri lalu aku balik lagi bikin blogpost.

Tidur

IMG-20151128-WA0001
Nah.. Kalo ini biasanya salah satu cara yang aku lakuin kalau udah jenuh banget, otak blank tapi ada kewajiban dan deket deadline. Dibawa tidur dulu abis itu bangun trus pelan-pelan ngerjainnya. Kadang berhasil, kadang enggak. Tergantung sikon saat itu juga. Kalau lagi jenuh trus bocah rusuh, kelar. Gak kesentuh sampai beneran deadline. *toyor*.

Piknik

YDXJ0520
Suka denger gak sih kata-kata “Kurang piknik”. Nah.. Itu kejadian bener deh di aku. Kalau aku kurang piknik, sering banget malah jadi jenuh. Abisnya kalo gak piknik ya di rumah ngurus rumah plus bocah dan ngeblog (walau gak sering banget). Otomatis kalo gak ada selingan jadi jenuh. Nah makanya obatnya ya piknik. Kalo udah piknik, biasanya suka muncul ide-ide dan mood untuk nulis blogpost. Malah kadang-kadang bisa langsung berderet. Tapi berhubung pikniknya jarang yaaa.. Agak jarang juga ini kejadian blogpost berderet-deretnya. 😀

Baca buku

kakira_0116053
Sejak punya dua anak, aku udah agak jarang baca buku. Tapi sejak anak-anak mulai agak besar alias gak bayi lagi, aku mulai bisa meluangkan waktu untuk baca buku. Walaupuuunnn bacanya juga masih jarang. Sering juga kejadian buku udah beli sampai beberapa banyak tapi sampai 2 bulan gak kesentuh juga. Dan pas lagi jenuh, ya baca buku jadi pelariannya. Seperti yang aku lakuin hari ini untuk blogpost ini. Aku tau mau bikin blogpost, tapi masih jenuh banget. Jadi tadi seharian aku baca buku aja. Udah kelar satu buku baru deh tergerak untuk nulis blogpost.

Masak/Coba resep baru


Salah satu cara untuk menghilangkan jenuh adalah dengan masak. Selain hepi, perut kenyang, hati senang, sering juga malah jadi timbul ide untuk nulis resep yang dicoba. Jadi deh satu blogpost.

Edit foto/Video
Salah satu cara lagi untuk menghilangkan rasa jenuh ya dengan edit-edit foto atau video. Karena biasanya pas lagi edit itu jadi keinget lagi deh kejadian di foto. Dan jadinya timbul rasa ingin menuliskan ceritanya di blog.

Hmmm.. Apalagi yah.. Kayaknya itu aja deh. Intinya sih kalau lagi bosen atau jenuh ya tinggalin aja dulu. Kerjain hal lain yang bikin hati seneng. Abis itu baru deh lanjut ngeblognya.

Hati senang biasanya bikin ide jadi ngalir dan jadinya kata-katapun bisa langsung mengalir dan terangkai dengan cepat menjadi sebuah kalimat, paragraf dan kemudian sebuah blogpost.

Gimana.. Udah gak jenuh lagi kan.. Yuk kita ngeblog lagi. 🙂

12 thoughts on “Mengatasi Rasa Jenuh Menulis

  1. Saya setuju kiat pertama. Kalo pas jenuh datang, biasanya saya malah pergi dari depan laptop. Tinggalin aja itu blog, cari angin dulu barang sebentar. Kalau butuh refreshing lama ya ajak anak-anak main ke mana gitu. Sejauh ini mujarab 🙂

    Btw, salam kenal dari Pemalang.

    1. Hehehe.. Iya.. Kalau lagi jenuh banget emang mau gak mau paling gampang ya didiemin aja sampai mood itu datang lagi. Tapi kadang-kadang suka kebablasan sampe lamaaaa banget.

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.