Liburan Ala Kakira

Ngomongin liburan.. Langsung berasa mau nangis di pojokan. Hahahahah.. Duh mak.. Aku rindu liburan. Udah lama kali aku gak liburan. Kasiannya aku. *pukpuk Mio* 😀

 



*lalu pada tutup tab*
Eitttsss.. Stooopp.. Jangan yaaa.. Lanjut bacanya ya. Yah yah yah. *cipok*

busy mommy :)
busy mommy 🙂

Ok.. Kalo ngomongin liburan di mana-mana pasti udah banyak *banget* tips untuk bisa liburan hemat. Bahasa kerennya holiday on a budget.

Banyak referensi tempat liburan yang oke, kece dan murah meriah. Dan paatinya tips untuk bisa liburan hemat juga banyak. Termasuk gimana kita bisa menghemat budgetnya.

Dan.. Kali ini aaya gak ngomongin itu. Tapi mau share aja liburan ala Kakira.

Liburan “besar” kita yang terakhir memang sudah cukup lama. Yaitu tahun 2011. Nah.. Saat itu tentu saja aku browsing dong gimana cara menghemat budget. Tapi balik lagi ke sifat aku dan Udjo. Kita gak mau liburan yang terlalu ribet. Ribet dalam artian dipirit-pirit banget budgetnya sampai last penny. No.. Kita gak terlalu suka kayak gitu. Alesannya simple. Kita mau liburan.. Mau nikmatin waktu, menikmati hasil jerih payah, mau ngasih “reward” ke diri sendiri. Dan boleh dong sedikit memanjakan diri.

Anyway.. Ini dia liburan ala Kakira.

Transportasi

Seperti yang sudah banyak diketahui, banyak budget airlines yang menawarkan promo. Baik itu yang diskon besar-besaran, harga khusus dan promo lainnya. Nah, sebelum memutuskan membeli tiket, usahakan untuk browsing dulu beberapa airlines supaya bisa tahu kisaran harganya. Dan tentu saja, berpergian di saat low season akan jauh lebih hemat daripada berpergian di saat high season. Dan sebagai mak irit, tentu saja aku milih pergi di saat low season.

Pengalaman tahun 2011 kemarin, kita ambil promo yang Rp.0. Dan karena waktu keberangkatan masih 1 tahun kemudian, jadi saat itu aku bener-bener cuma beli tiketnya aja. Pulang dan pergi. Bagasi dan makanan di pesawat baru kita tambah sekitar 2 bulan sebelum hari keberangkatan. Tambahnya juga gak langsung semua. Tambah sedikit-sedikit. Jadi bertahap.

Untuk transportasi di tempat tujuan, waktu itu Udjo yang cari info. Karena pertimbangan kita pergi sama anak kecil, jadi kita memilih untuk sewa mobil minibus aja. Cukup nyaman buat kita dan anak juga masih bisa selonjoran kakinya. Memang gak terlalu murah, tapi lumayan menghemat waktu dan tenaga. Supaya lebih nyaman, kita minta mobil bisa di ambil dan dikembalikan di airport.

Hotel

Untuk hotel, kita memang baru mulai browsing pas udah tahunnya. Dan kita memilih untuk tinggal di hotel yang agak murah dulu untuk beberapa hari pertama karena rencananya kita mau berkegiatan agak banyak, baru abis itu pindah ke hotel yang lebih bagus di beberapa hari sisanya karena mau lebih banyak berkegiatan di hotel. Karena terbagi dua, jadinya kita beli juga bertahap. Beli dulu untuk hotel pertama dan ketika ada rezeki lagi baru beli untuk hotel kedua. Jadinya gak terlalu kerasa “berat” pengeluarannya.

Kegiatan

Kita berdua gak terlalu suka kegiatan yang padat merayap karena liburan ya liburan. Gak perlu di uber-uber sama jadwal dan waktu. Santai aja. Nah karena itulah makanya aku dan Udjo gak bikin itinerary yang detail. Kita cuma diskusiin apa aja yang mau kita lakukan. Abis itu kita coba cek yang mana yang searah dan bisa digabungkan. Abis itu, kita bikin jadwal perhari aja mau kemananya. Tapi, itupun fleksibel banget. Jadi gak kerasa terbebani.

Nah.. Kurang lebih itu adalah liburan ala Kakira. Emang gak hemat banget, tapi yang penting gak bikin kere.

Jadi pengen liburan lagi. *colek-colek Udjo*

 

Kalo kamu punya pengalaman lain, boleh share juga ya. 🙂

8 thoughts on “Liburan Ala Kakira

    1. Iya. Waktu itu belinya di maskapai A. Nyicil akomodasi soalnya kalau pergi apalagi yang agak lama, paling besar kan pengeluaran buat akomodasi. Makanya nyicil biar gak berasa nyesek banget. 🙂

  1. Biasanya aku nambah searching destinasi wisata, Mbak. Jadi sejak awal tujuan jelas mau ke mana saja. Walau nggak padat sekalipun jadwal liburannya. Minimal tahu dulu hihi

    1. Oh iya. Itu termasuk juga kok yang di kegiatan. Jadi di diskusiin mau ke mana aja dan destinasi wisata apa aja yang mau dikunjungi. Di cari yang searah lokasinya biar bisa skalian jalannya. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.