Belajar Memasak di Gourmet House Cooking Club

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan undangan untuk mengikuti Cooking Class di Gourmet House. Sebagai orang yang suka masak (walau gak sering masak) aku langsung mengiyakan undangannya. Cusslah berangkat.kakira_0416005

Ini adalah pertama kalinya aku datang ke Gourmet House. Awalnya agak bingung. Ini tempat apaan sih. Dan pas pertama kali masuk ke dalem gedungnya. Duh mak.. Langsung berbinar-binar dan deg-degan sayah. Hahahahah.. *norak*

Sebagai mantan pegawai hotel, pas ngeliat barang-barang yang sering ditemui di hotel dan kampus dulu rasanya langsung mupeng dan hepi berat. I am in heaven. Iya. Saya kangen berada di lingkungan itu.

kakira_0416004

Venue untuk cooking class terletak di lantai 3. Dan karena kepo, pas naik saya pencet deh semua lantai. Hahahahah.. Jadi tiap berhenti aku ngelongok keluar untuk liat ruangannya. Ternyata Gourmet House tidak hanya menjual peralatan untuk hotel/catering/restaurant saja. Tapi juga mereka memproduksi sendiri beberapa peralatan itu. Dan peralatan tersebut sudah banyak yang diekspor. Set up kitchen property dan peralatan masak Gourmet House ini sudah dipakai beberapa acara memasak di televisi seperti Master Chef Indonesia, Allez Cuisine, dan Cooking with William Wongso. Kece ya.

kakira_0416062

Acara hari itu dimulai dengan penjelasan singkat mengenai Gourmet House oleh mba Uli. Gourmet House adalah cooking club atau kelas khusus untuk belajar memasak yang diajarkan oleh chef yang memang sudah ahli di bidangnya. Gourmet House yang di Jakarta ini adalah cabang dari Gourmet House Cooking Club yang berpusat di Semarang.

kakira_0416063Cooking Class hari itu dipandu oleh Chef Astini Moechsin yang sudah memiliki pengalaman cukup banyak di bidang memasak. Dan pada kesempatan kali ini ada dua menu yang akan dibuat, yaitu muffin pineapple with wheat brand yang berbahan dasar buah nanas, dan savouries quiche Loraine.

Untuk cooking class kali ini, kami dibagi menjadi 2 kelompok beranggotakan 4 orang.  Dan nantinya hasil masakan kami akan dinilai oleh Chef Asti. Menu yang akan di buat langsung oleh tiap kelompok adalah Savouries Quiche Loraine.

kakira_0416015
Hasil Jadinya. (resep di post berikutnya ya)

Sambil menunggu masakan matang, kami di ajak berkeliling di showroom Gourmet House. Duh.. Langsung mupeng kuadrat dan kangen banget kerja di hotel lagi. Huhuhuhu..

kakira_0416016
Cuttleries
kakira_0416017
Dinnerware
kakira_0416018
Chinaware
kakira_0416019
Japanese Set

kakira_0416020

kakira_0416021

Selain peralatan masak, Gourmet House juga menjual bahan masakan yang biasa dipakai di restoran/catering/hotel dan juga baju untuk chef. Issshh.. Jadi pengen jajan buat bikin makanan dirumah. 😀

kakira_0416024
Mbaknya lagi mupeng 😀

kakira_0416023

kakira_0416022
Kitchen tools and pans
kakira_0416065
Kitchen Set
kakira_0416066
Barbeque and teppanyaki set

kakira_0416067

Pada sesi tour ini, Mbak Uli juga menjelaskan tentang kitchen set yang sering dipakai untuk property acara masak-memasak. Harganya kisaran 500 juta untuk satu kitchen set lengkap. *pengsan* Selain itu kitchen set itu, Gourmet House juga menyediakan set lain seperti untuk bar, restoran jepang, hingga barbeque. Oh iya, mereka juga bisa mengerjakan custom design set yang designnya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan juga design di dapur kita loh. Ih.. Aku mupeng.

Oh iya, walaupun perlengkapan dan peralatan di Gourmet House ada yang buatan lokal, tapi jangan khawatir, karena semua peralatan yang dibuat disini berbahan stainless steel dan memiliki standar internasional. Jadi pastinya memiliki kualitas yang bagus sekali.

kakira_0416064

kakira_0416012

Setelah masakan matang, kami di persilahkan untuk mencicipi hasil masakan kami dan juga beberapa makanan ringan yang sudah dipersiapkan oleh Gourmet House. Nyaaammmm… 🙂

Oh iya, kalau kamu tertarik mau ikutan kelas di Gourmet House, kamu bisa langsung hubungi saja ya pihak Gourmet House. Di sana membuka beberapa special program, antara lain:

  1. Private Cooking (Private cooking standar dan khusus untuk buka usaha)
  2. Birthday Fun Cooking (Perayaan ulang tahun dengan konsep Fun Cooking)
  3. One Day Visit School (Program cooking club field trip untuk sekolah, disertai dengan perkenalan fungsi alat-alat dapur)
  4. Gathering Cooking dan Prasmanan (Konsep cooking club untuk meeting, reuni, arisan, dll)
  5. Gourmet House Cooking “Be A Gourmet Master” (Rekomendasi untuk menjadi chef atau membuka usaha)

Konsep cooking class di Gourmet House ini adalah praktik langsung dengan alat memasak yang sudah memiliki standard internasional. Menunya ada banyak menu dari soup, kue hingga 3D pudding jelly art. Selain itu, ada juga kiddies cooking, di mana anak-anak bisa belajar memasak. Menunya adalah Kiddies Painting Cookies yaitu aneka cookies dengan royal icing dan Italian Kiddies Pasta yaitu pasta dan pizza.

Acara hari itu ditutup dengan pemenang masakan terbaik dan juga pembagian goodie bag. Alhamdulillah kelompok kami terpilih dan kami berempat mendapatkan sebuah mangkok cantik.

kakira_0416029

Terima kasih ya Gourmet House. Acaranya seru dan menarik sekali.

Oh iya, kalau mau tahu lebih lanjut mengenai Gourmet House, bisa langsung cek kesini ya:

Gourmet House Cooking Class

Jalan Batu Ceper 55A Jakarta Pusat

Telp. 021-3846688 Fax. 021-3846688

atau

Jalan Gajah Mada no 131 Semarang

Telp. 024-8456011/22 Fax. 024-8456770

Email: gourmethousesemarang@gmail.com

Website: www.restomart.com

Twitter: @gourmethousejkt

Instagram: @gourmethousecookingclub

9 thoughts on “Belajar Memasak di Gourmet House Cooking Club

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.