Tips Mengajari Anak Mencuci Piring

Untuk melatih kemandirian anak, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melatihnya untuk mencuci piring sendiri. Tujuannya tak lain supaya ia bisa membersihkan sendiri piringnya setelah selesai makan. Simple ya, tapi bakalan membantu banget. Membantu dalam pekerjaan rumah tangga maupun membantu dirinya sendiri untuk memiliki keterampilan dalam pekerjaan rumah tangga.kakira_0316024Kebetulan, di rumah saya memang tidak ada asisten rumah tangga, jadi semua pekerjaan rumah tangga dilakukan sendiri. Oleh karena itu, anak-anak juga terbiasa untuk melihat ibu dan neneknya melakukan pekerjaan rumah tangga. Bahkan tidak jarang mereka juga ikutan mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Karena sudah beranjak besar, maka K1 sudah mulai diajarkan untuk mencuci piringnya sendiri, Berikut tips saya untuk mengajari anak mencuci piring sendiri.

  1. Pastikan area untuk mencuci piring aman. Jika ia belum sampai, maka pastikan tempatnya untuk berdiri cukup kokoh dan tidak licin. Ini untuk menghindari kemungkinan ia terpeleset karena air yang terpercik dari proses mencuci piring.
  2. Gunakan celemek untuk menghindari bajunya terkena percikan air secara langsung.
  3. Untuk permulaan, ajari mereka mencuci piring mereka sendiri yang tidak terbuat dari bahan pecah belah. Bertahap jika mereka sudah terbiasa, baru diajari untuk mencuci piring mereka yang terbuat dari bahan pecah belah.
  4. Ajari anak urutan mencuci piring yang benar. Kalau saya, biasanya dimulai dari mencuci cangkir atau gelas, lalu ke sendok dan garpu dan kemudian piring dan juga mangkuk. Hal ini agar mencuci piring tetap efisien dan bersih.
  5. Gunakan sabut pencuci piring yang sesuai dengan jenis peralatan yang dicuci oleh anak. Saya menggunakan Sabut Spons Tempat Makan Anak Scotch-Brite™ yang aman untuk mencuci perlengkapan makan anak.
  6. Setelah selesai mencuci piring, berikan pujian dan ucapan terima kasih ke anak karena telah mencuci peralatan makannya sendiri dan juga membantu anda dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

kakira_0316025

Oh iya, biasakan juga untuk mendampingi anak ketika mereka sedang mencuci piring sampai mereka sudah betul-betul menguasai keterampilan ini. Dan jangan terlalu keras dan berlebihan ketika mengajarkan anak. Ingat.. Mereka masih kecil. Oh iya, untuk alasan keamanan, jangan biasakan untuk bercanda ketika mereka sedang mencuci piring.

kakira_0316026

Untuk mencuci perlengkapan anak, saya menggunakan sabut khusus yaitu Sabut Spons Tempat Makan Anak Scotch-Brite™ karena sabut ini tidak menggores perlengkapan makan anak, nyaman digunakan dan efektif untuk membersihkan perlengkapan makannya.

kakira_0316027

Selain untuk mencuci piring anak, saya juga menggunakan varian sabut spons Scotch-Brite™ lain untuk mencuci perlengkapan dapur dan makan di rumah. Varian sabut spons Scotch-Brite™ sendiri sebetulnya ada banyak, beberapa di antaranya yang saya gunakan antara lain:

  • Sabut Spons  Hijau Scotch-Brite™. Sabut ini digunakan untuk membersihkan perlengkapan masak. Terbuat dari serat khusus dan memiliki bentuk yang ergonomis.
  • Sabut Spons Anti Gores Scotch-Brite™ (terdapat 3 varian yakni pink, oranye dan tosca. Sabut ini digunakan untuk membersihkan peralatan masak anti lengket.
  • Sabut Spons Tempat Makan Anak Scotch-Brite™ .
  • Sabut Spons Tempat Minum Scotch-Brite™. Sabut ini digunakan untuk membersihkan tempat minum anak. Bentuknya yang lebih panjang dan kecil memungkinkan kita untuk membersihkan tempat minum secara lebih mudah.

Sabut spons Scotch-Brite™ selalu jadi andalan saya untuk membersihkan perlengkapan dapur di rumah. Karena efektif dan juga nyaman untuk digunakan. Dan karena itulah saya juga mengajarkan K1 untuk membersihkan perlengkapan makannya menggunakan sabut spons Scotch-Brite™.

Supaya anak bisa mandiri, kita harus terus melatih kemandiriannya. Dan salah satu keterampilan yang menurut saya penting untuk dilatih adalah kemandirian dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Yuk mencuci piring bersama K1. 🙂

30 thoughts on “Tips Mengajari Anak Mencuci Piring

  1. dulu pas aku kecilpun, diajarin gini sama mama.. walo ada ART di rumah tp kita ttp kok dibiasain utk bantu bekerja , at least ngeberesin peralatan makan dan maianan sendiri :).. ntr anakku kalo emg udh waktunya bkl aku ajarin juga mbak, supaya dia trbiasa kerja dan mandiri 🙂

    1. iya, dulu pas di rumah masih ada art juga gitu. tapi menjelang anak-anaknya besar, gak pake art lagi. sampai sekarang. Jadinya kebiasaan deh. 🙂

  2. Sama mba….sejak usia 3,5 thn, Naeema memang sdh kubiasakan cuci piring makannya sendiri. Dan sial sabut dr cuci piring, kain pel sampe dengan sabut untuk membersihkan kamar mandi, aku selalu pakai scotch brite

  3. Wah sudah pinter bantuin mama nya cuci piring ya.
    Betul sekali, untuk permulaan belajar cuci peralatan makan yang serba plastik dulu, baru secara bertahap belajar mencuci peralatan makan dari bahan pecah belah 🙂

  4. Mendidik anak mandiri dan bertanggungjawab sejak dini itu bagus banget, aku merasakan manfaatnya besar banget. Dan sudah bertahun-tahun kami tidak menggunakan asisten rumah tangga

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.