Ngobrol Inspirasi di Acara NGOPI Bareng Nova

“Bisa gak yaaa aku jadi blogger berbayar?”

“Kok dia bisa yah dapet banyak job, pengen juga deh. Tapi gimana ya.”

“Gimana cara supaya bisa dilirik sama brand. Pengen deh bisa dapet penghasilan juga.”

Pernah gak denger pertanyaan itu? Kalo aku sih pernah ya. Malah.. Pernah juga itu jadi pertanyaan aku. Hehehe. Nah.. Kenapa sih banyak yang nanya gitu? Ya sebetulnya gak heran juga pada nanya gitu. Soalnya sekarang blogger mulai banyak dilirik sama brand dan agency untuk mempromosikan suatu produk baik itu barang maupun jasa. Nah.. Gara-gara prospek yang menjanjikan itulah makanya sekarang banyak blogger bermunculan. Semua mau jadi blogger. Tapi tentunya bukan sembarang blogger. Maunya jadi blogger berbayar dong.

Tapi ternyata, untuk jadi blogger yang baik, yang bakalan bisa dilirik sama agency dan brand itu gak gampang loh. Dan berdasarkan pengalaman.. Serius.. Itu gak gampang. Apalagi kalau sudah jadi ibu. Makin banyak tantangannya. Harus bisa banget manajemen waktu yang baik.

Nah… Ngomongin ibu yang jadi blogger, pas banget hari Jumat, 26 Februari 2016 kemarin, saya berkesempatan untuk hadir di acara NGOPI bareng NOVA yang diadakan di Birdcage Parc, Jakarta Selatan.

kakira_0316017

Acara NGOPI bareng NOVA ini mengambil tema “Cerdas Menjadi Ibu & Blogger Berbayar, Why Not?” dengan narasumber blogger cantik yang sudah cukup dikenal yaitu Annisa Steviani. atau yang sering disapa dengan panggilan Icha. Di acara ini, Icha berbagi mengenai pengalamannya menjadi blogger yang sudah sukses mendapatkan job dari beberapa agency dan brand.

Selain Icha, ada juga Romy Palar, Redaktur Foto Nova yang berbagi tips “Maksimumkan Blog dengan Foto yang Cantik”. Romy berbagi tips sederhana tentang fotografi supaya foto yang ditampilkan di blog kita jadi semakin kece dan ciamik. Ini penting juga loh, soalnya selain tulisan yang baik, perlu juga didukung oleh foto yang bagus. Apalagi kebanyakan orang lebih mengutamakan “visual”, makanya perlu juga dimanjakan dengan foto yang bagus.

Acara hari itu dibuka oleh MC Robby Leo yang mempersilahkan Ibu Iis R Soeleman selaku Editor in Chief Tabloid Nova untuk memberi sambutan kepada para blogger dan vlogger yang sudah hadir.

kakira_0316002
Ibu Iis R Soeleman

Ibu Iis berharap NOVA bisa terus menginspirasi wanita dan keluarga Indonesia. Di usianya ke 28 ini, NOVA mengangkat campaign Happy Home, Happy Life. Dalam kehidupan perempuan, biasanya akan menomorsatukan keluarga oleh karena itu, pas rasanya jika NOVA mengangkat campaign ini. Untuk membangun Happy Home, Happy Life dimulai utamanya dan pertamanya dari diri sendiri. Jika kita bisa menerima diri kita sendiri, mengembangkan diri sendiri dan merasa nyaman dengan diri sendiri, maka kita akan bisa memiliki relasi atau hubungan yang baik dengan pasangan, dengan anak, keluarga besar, dan masyarakat sekitar.

Menurut ibu Iis, perempuan itu jantungnya sebuah keluarga. Bila jantungnya tidak berdegup, maka selesailah sudah. Oleh karena itu, perempuan harus punya semangat untuk maju dan berkembang. Sayangnya, untuk menjadi ibu, tidak ada sekolahnya atau panduannya. Oleh karena itu, NOVA menempatkan diri sebagai sahabat perempuan. Bukan untuk menggurui namun untuk berbagi.

Tabloid NOVA menjadi besar bukan karena hebat, tapi karena punya pembaca. Dan karenanya, NOVA akan terus memberikan yang terbaik bagi para pembaca setianya. Tak bisa dipungkiri, sekarang teknologi berkembang semakin pesat. Jadi, selain media cetak, kini NOVA sudah memiliki majalah versi digital, website, dan juga aktif di berbagai media sosial.

Di acara kali ini,  NOVA memilih mengadakan acara untuk blogger dan vlogger karena blogger dan vlogger bukan sekedar menulis saja, tapi juga bisa memberikan sebuah kontribusi. Baik itu inspirasi maupun dalam bidang ekonomi. Siapa bisa menduga blogger kini bisa berkembang pesat? Dari sekadar menulis unek-unek, hobi, pengalaman kemudian di share ke sosial media dan akhirnya dibaca lalu menginspirasi banyak orang. Jadi tidak ada salahnya jika NOVA mengajak para blogger untuk sama-sama membangun hal positif di dunia perempuan seperti membuat review, baik mengenai fashion, makanan, kesehatan atau parenting atau apapun topik yang biasa kita tulis.

Setelah sambutan dari Ibu Iis, acara dilanjutkan dengan perayaan tiup lilin ulang tahun #28Novaversary Tabloid NOVA bersama para redaksi Tabloid NOVA.

Blow the candles and make a wish
Blow the candles and make a wish. Happy Anniversary Tabloid NOVA.

Cerdas Menjadi Ibu & Blogger Berbayar, Why Not?

Acara kemudian dilanjutkan dengan sharing dari Icha. Icha adalah seorang blogger yang kebetulan juga memiliki pekerjaan tetap dan juga seorang ibu.

kakira_0316004

Ketika kita akan membuat sebuah blog, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Kenapa sih kita harus ngeblog? Apa yang mau kita share? Banyak orang yang memulai blogging dari sharing tentang persiapan pernikahan. Dari situ, berlanjut ke kehidupan berkeluarga, hamil dan seterusnya. Yang harus kita perhatikan ketika membuat blog antara lain:

Tentukan niche blog kita sesuai passion (Makanan, Travelling,  Fashion, Beauty atau Parenting, Lifestyle, dan lain-lain). Niche inilah yang akan membedakan blog kita dengan blog lain. Tentukan profil pembaca. Siapa yang menjadi sasaran pembaca kita, bahasa apa yang biasa dipakai oleh para pembaca sehari-hari. Tidak perlu bisa menulis untuk bisa blogging. Kita nggak perlu bisa nulis untuk ngeblog. Kemampuan itu akan berkembang seiring dengan seringnya kita menulis di blog.

Ketika kita sudah memiliki blog, kita harus bisa memaksimalkan social media kita. Dan penting juga untuk selalu share blogpost terbaru kita ke semua saluran social media yang kita miliki. Dengan sharing itu, maka exposure terhadap blogpost kita akan lebih besar dan dapat menarik pembaca ke blog kita.

Ada beberapa jenis penghasilan yang bisa didapatkan dari blog, seperti:

1. AdNetwork (Google AdSense atau PPC lainnya)
2. Placement artikel
3. Lomba blog
4. Paid Review

Untuk Icha, penghasilan yang terbesar itu dari Paid Review. Tentu saja paid review ini harus tetap jujur ya. Jangan lebay, apalagi melebih-lebihkan.

Beberapa tips blogging dari Icha:

  • Buat konten yang bermanfaat. Tentu saja kita tahu kan istilah “Content Is King”. Nah oleh karena itu, usahakan supaya isi blog kita bermanfaat. Gak melulu isinya mengenai curahan hati gak jelas. *catet*
  • Buat potentialy viral content. Jika kita ingin blog kita dikunjungi banyak orang, coba gali apa konten yang memiliki potensi menjadi viral atau tersebar luas. Biasanya konten yang berupa poin-poin atau sesuatu yang sedang hits saat ini.
  • Belajar soal SEO. Jujur saja, Icha tidak terlalu memaksimalkan SEO ini. Tapi, alangkah baiknya jika kita belajar mengenai SEO. Supaya blog kita bisa memiliki performa lebih baik.
  • Visual itu penting. Jadi, kita harus bisa mengatur komposisi, penampilan keseluruhan blog. Jangan terlalu ramai. Buatlah sesederhana mungkin namun memiliki daya tarik tersendiri.
  • Belajar ambil foto dan video yang baik. Sekarang ini, kita pasti males kan kalau lihat blog yang fotonya asal-asalan. Makanya, usahakan kita juga belajar sedikit mengenai fotografi supaya foto yang ditampilkan bisa menarik perhatian.
  • No money oriented. Naaahhh.. Ini penting nih. Jangan blogging semata-mata hanya karena uang. Blogging saja karena kita memang suka blogging. Percaya deh, kalau kita blogging dari hati, pasti hasilnya akan lebih baik. Daripada jika kita “teriming-imingi” dengan uang. Kalau kita gak dapat uang, yang ada bisa stress. Makanya, jangan pernah blogging karena uang ya.
  • Ikuti komunitas blogging dan aktif. Dengan mengikuti komunitas, kita bisa bertemu blogger lain. Kita bisa belajar juga dari mereka. Dan biasanya, brand dan agency juga melirik komunitas untuk memberi pekerjaan. Makanya, penting untuk ikut dalam suatu komunitas blogging.
  • Ikuti lomba blog untuk upgrade diri. Biasanya, banyak blogging competition yang diadakan. Nah, dengan mengikuti blogging competition, secara tidak langsung kita akan belajar dan menantang diri kita sendiri untuk bisa menghasilkan sebuah blogpost yang baik. Makanya rajinlah ikut blog competition untuk mengasah kemampuan blogging kita.
  • Buat hubungan baik dengan klien. Setelah kita mendapat job dari klien, jangan dibiarkan saja ya. Bangun komunikasi dan hubungan baik dengan klien. Siapa tahu, job lain akan datang lagi ke kita.
  • Jangan jadikan blogging sebagai sampingan. Kenapa? Karena jika kita menjadikan blogging sebagai sampingan, maka hasilnya juga akan demikian. Sebagai sampingan saja.
  • Last but not least.. Jangan serakah. Catet. Walaupun kita mendapat banyak tawaran job, jangan serakah mengambil semua job. Pastikan job yang diterima sesuai dengan kemampuan kita dan niche dari blog kita. Stay true to your self and your blog.

Dan sesi sharing dari Icha di tutup dengan kalimat. “Consistency Is The Key”. Sebagai blogger, kita harus selalu konsisten. Baik itu dalam mematuhi niche, dalam menulis maupun dalam mengisi blog kita sesuai jadwal. Dan berbicara tentang jadwal, Icha memiliki jadwal tersendiri untuk blogging. Supaya jadwal bisa tetap dijalankan dengan baik, ia selalu mencatat ide-idenya untuk blogpost di sebuah bank ide. Jadi ketika ia akan menulis blogpost, ia tidak pernah kehabisan ide karena semua idenya tertuang di bank ide tersebut.

Maksimumkan Blog dengan Foto yang Cantik

Setelah Icha, acara dilanjutkan dengan sharing dari Romy Palar, Redaktur Foto Nova.

kakira_0316006

Mas Romy berbagi beberapa tips mengenai fotografi. Menurut Romy, ada 3 jenis foto yaitu: Food & Product, Fashion& Beauty, dan Travel Photography. Ketiga jenis foto ini punya cara tersendiri dalam mengambilnya.

  • Food & Product. Jika ingin memotret food & product agar terlihat menarik yang terpenting atur komposisi dengan baik, coba lebih dari satu angle jangan terfokus dari satu angle saja karena kita juga harus sesuaikan dengan banyaknya cahaya di suatu lokasi pemotretan, tambahkan garnish atau hiasan agar hasil foto lebih menarik.
  • Fashion & Beauty. Yang perlu diperhatikan ketika memotret Fashion and Beauty adalah komposisi, angle dan warna. Usahakan model sejajar dengan fotografer, lokasi harus sesuai tema dan sebisa mungkin pencahayaan yang didapat adalah pencahayaan natural. Pencahayaan natural atau golden hour itu sekitar jam 9 pagi karena saat memotret tidak akan menimbulkan bayangan. Dan ketika memotret model, coba tanya dahulu angle terbaik dari model tersebut. Karena jika salah angle, model yang paling cantik sekalipun bisa menjadi jelek.
  • Travel Photography. Yang paling jelas diperlukan ketika memotret travel adalah niat. Kalau tidak niat, maka tidak terjadi fotonya. Perkaya Wawasan. Rajin mencari tempat-tempat yang menarik untuk dijadikan obyek foto. Untuk mengambil foto travel, tentunya diperlukan peralatan yang mumpuni juga. Jika mengambil gambar menggunakan kamera berlensa besar jangan lupa untuk membawa peralatan pendukung lainnya. Ambil gambar sebanyak mungkin. Karena untuk sekali ambil gambar, belum tentu hasilnya langsung bagus. Jadi, perlu berkali-kali. Jangan sampai menyesal karena kurang banyak mengambil foto. Foto obyek-obyek menarik yang kita jumpai di perjalanan. Karena, travel photography bukan cuma pemandangan saja yang menarik, tapi banyak hal seperti keseharian penduduk, makanan lokal, dan lain sebagainya.

kakira_0316007

Di akhir sesi Romy meminta beberapa peserta untuk langsung praktek. Seru banget deh.

Gak kerasa acara sudah hampir sampai di penghujung. Acara yang sarat informasi dan inspirasi ini akhirnya selesai. Tapi jangan khawatir, rencananya NOVA akan rutin mengadakan acara #NGOPINOVA. Jadi jangan sampai kelewatan ya.

Terima kasih Nova.. Happy Anniversary. 🙂

12512468_10154086589820864_7669895468594596020_n

 

 

 

One thought on “Ngobrol Inspirasi di Acara NGOPI Bareng Nova

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.