Apotik Hidup Dalam Jangkauan

Sejujurnya.. Aku gak paham blas sama tanaman di rumah. Ada tanaman apa juga gak paham. Soalnya yang suka dan yang ngurusin ya Ninka. Karena Ninka memang suka bercocok tanam. Anaknya mah ngeliatin aja dari jauh. Hehehehe.

Tapi.. Jangan salah.. Walaupun gak paham, ada dua tanaman yang aku tahu. Yaitu tanaman mengkudu dan sirih. Kalau sirih, aku tahu karena pernah metik dan pakai sendiri ke diri sendiri dan juga ke duo K. Nah kalau mengkudu, aku tahu tapi belum pernah pakai.

Kalau untuk sirih, memang Ninka yang tanam. Sedangkan kalau mengkudu, entah gimana, tiba-tiba tumbuh aja di depan rumah. Di tebang, eh gak lama tumbuh lagi. Akhirnya sekarang di diemin aja. Paling di rapihin aja kalau sudah terlalu rindang.

Nah sekarang tentang manfaatnya. Tanaman Sirih manfaatnya banyak banget antara lain:

  1. Mengobati Keputihan
  2. Menghilangkan Gatal Pada Organ Intim
  3. Ramuan Pembersih Vagina
  4. Menghilangkan Bau Amis
  5. Melancarkan Datang Bulan
  6. Menyembuhkan Iritasi
  7. Mengatasi Kram
  8. Menghilangkan Bau Badan
  9. Menghilangkan Jerawat
  10. Membantu menumbuhkan rambut

Sebetulnya ada banyak manfaat sirih, tapi aku ambil beberapa aja yang memang pernah dicoba. Biasanya untuk pakai Tanaman Sirih suka di rebus dulu dan di ambil air rebusannya. Bisa diminum atau buat bilas. Nah kalau untuk poin terakhir, yang masih aku inget banget itu pas K1 dan K2 masih bayi, setiap abis mandi, pasti Ninka ambil tangkai daun sirih lalu getahnya di oles di alis anak-anak kayak pakai pensil alis gitu. Pas bayi, alis duo K masih tipis banget. Sekarang sudah lebih lebat. Jadi penasaran mau pakai juga ke rambut K2 yang masih super tipis itu.

kakira_0316054
Untuk Mengkudu, dulu agak “akrab” sama mengkudu karena kebetulan Ato itu sempet minum jus mengkudu, jadi ya.. Agak familiar sih. Dan yang jelas.. Rasanya luar biasa. *semaput*
Manfaat mengkudu ada banyak, antara lain:

  • Mematikan bakteri penyebab infeksi dan juga sebagai pengontrol bakteri patogen melalui zat anti bakteri yang terkandung didalamnya.
  • Membantu melawan penyakit kanker atau sel-sel abnormal melalui zat anti kanker yang terkandung didalam buah tersebut.
  • Dapat Menjadi Zat Pencegah Kanker dan Tumor.
  • Membantu peningkatan daya tahan tubuh.
  • Membantu mengurangi rasa sakit.
  • Mengatasi Peradangan dan Alergi
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Masih banyak sebetulnya kalau mau dijabarin lagi manfaatnya, tapi kalau dijabarin semua bisa tiga kali puasa tiga kali lebaran gak kelar-kelar. *emangnya lagu*
Seperti yang sudah di sebutkan di atas, salah satu manfaat mengkudu itu untuk membantu melawan kanker dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dan itulah salah satu manfaat yang dirasakan oleh Ato setelah minum jus mengkudu.

Selain bermanfaat,  punya pohon mengkudu menyenangkan juga loh. Kenapa? Soalnya banyak kupu-kupu yang suka hinggap di pohon itu. Walaupun buahnya pahit, tapi kupu-kupu suka hinggap di sana. Lumayan kan jadi ada pemanis di depan rumah. 😀
Sebetulnya enak juga ya kalau punya apotik hidup dalam jangkauan. Apalagi yang memang sering dipakai dirumah. Bakalan ngebantu banget. Kayaknya perlu juga nih tambah koleksi tumbuhan di rumah. *colek Ninka* *eh* 😀

8 thoughts on “Apotik Hidup Dalam Jangkauan

  1. Mengkudu memang banyak khasiatnya. Di rumahku juga sangat lebat tapi sepertinya perlu pengolahan khusus sebelum digunakan seperti jus mengkudu kemasan.

    1. Sejujurnya kalau saya sendiri belum pernah bikin jus mengkudu. Tapi kalau baca-baca banyak yang bilang dikasih gula merah. Tapi belum pernah coba sendiri sih, makanya belum bisa pastiin berhasil atau tidaknya. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.