Investasi Tulang Sehat Untuk Masa Depanmu

Be Kind To Your Body. Itu adalah tema yang diusung oleh The Urban Mama pada tahun ini. Alasannya tak lain adalah supaya para mama lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya sendiri. Dengan memiliki tubuh yang sehat dan jiwa yang sehat tentunya akan memiliki dampak yang postif. Bukan hanya untuk mama saja, tapi juga untuk seluruh anggota keluarga.

kakira_0216001
Sambutan dari Ninit Yunita

Sejalan dengan tema tersebut, The Urban Mama bekerjasama dengan Protecal Indonesia mengadakan acara TUMLuncheon Fun Yoga – Investment for Healthy Bone yang diadakan pada tanggal 30 Januari 2016 kemarin di Comma, One Walter Place Jakarta.

Acara diawali dengan sambutan dari teh Ninit Yunita selaku co-founder The Urban Mama. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi Fun Yoga dengan Mba Lusiana dari Purinawa Yoga.

kakira_0216007
Lusiana

Di sesi yoga ini, mba Lusiana memberikan banyak gerakan untuk menguatkan tulang dan juga menambah fleksibilitas badan kita. Gerakan-gerakan yang dilakukan antara lain Uttanasana (Standing Forward Bend), Adho Mukha Svanasana (Downward-facing Dog), Plank, Chaturanga Dandasana (Low Plank), Bhujangasana (Cobra Pose), Vriksasana (Tree Pose), Natarajasana (Lord of the Dance Pose), Marichyasana (Twist Pose) dan lain sebagainya.

kakira_0216010
Natarajasana (Lord of the Dance Pose)

Setelah sesi Yoga bersama mba Lusiana, acara dilanjutkan dengan sharing session mengenai Investasi Tulang Untuk Masa Depan oleh mba Fransisca Emi dari Protecal Indonesia .

“It is health that is real wealth and not pieces of gold and silver.” – Mahatma Gandhi

Kadang-kadang kita terlalu mengejar kekayaan tanpa menyadari bahwa sebetulnya kesehatan adalah kekayaan yang sebetulnya. Dengan tubuh yang sehat, kita bisa mengerjakan banyak hal. Oleh karena itu kita harus selalu mensyukuri dan menjaga kesehatan kita.

Salah satu kesehatan yang harus kita jaga adalah kesehatan tulang. Kenapa? Karena tulang adalah penopang tubuh yang utama. Tanpa tulang yang sehat, kita akan mengalami kesulitan ketika beraktivitas.

kakira_0216012
Fransisca Emi

Bagaimana cara supaya tulang kita tetap kuat? Dengan berolahraga secara teratur, konsumsi makanan yang sehat, jaga pola hidup yang sehat dan juga mengonsumsi suplemen untuk kesehatan tulang.

Tahu gak sih kalian kalau tulang kita itu hidup? Iya sih gak jalan, tapi tulang kita itu ikut berkembang seiring bertambahnya usia kita. Setiap hari tubuh beregenerasi memecah tulang dan membentuk tulang muda. Semakin bertambahnya usia, ada lebih banyak tulang yang dipecah daripada tulang muda yang dibentuk. Puncak masa tulang ada di usia 30 tahun.  Tanpa konsumsi makanan yang tepat dan olahraga teratur, tulang bisa menjadi rapuh dan muncul osteoporosis.

kakira_0216019

Osteoporosis adalah penyakit pengeroposan tulang. Tulang yang awalnya merupakan massa padat, seiring bertambahnya usia, lama-kelamaan menurun kepadatannya dan menjadi tipis serta berongga. Menurunnya massa dan kepadatan tulang ini pada akhirnya akan membuat tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Osteoporosis merupakan penyakit yang timbul tanpa gejala. Jadi penderita osteoporosis seringkali tidak menyadari kalau dirinya memiliki osteoporosis. Oleh karena itu, disarankan untuk check kepadatan tulang setiap 6 bulan sekali.

Cek Kepadatan Tulang
Cek Kepadatan Tulang

Keadaan tulang ada 3 yaitu:

  • Normal

Kondisinya masih baik atau masih padat.

  • Osteopenia

Osteopenia merupakan gejala dini penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat menimbulkan kerapuhan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis. Jika tidak ditangani dengan baik, maka bisa terjadi osteoporosis. Cara untuk menangani osteopenia adalah dengan menjaga pola makan, rutin berolahraga, minum suplemen untuk penguat tulang.

  • Osteoporosis

kakira_0216015

Wanita diatas usia 50 tahun memiliki resiko lebih tinggi karena adanya penurunan kadar hormon estrogen, terutama setelah menopause. Estrogen membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Oleh karena itu, tabung kalsium sejak usia muda untuk mempertahankan kepadatan tulang. Usia yang terbaik untuk menabung kalsium adalah sebelum usia 30 tahun. Namun, jika sudah lewat dari 30 tahun bukan berarti tidak menabung ya. Mulailah dari sekarang. Better late than never.

Apa saja sih faktor penyebab resiko Osteoporosis?

kakira_0216014

Cara untuk mencegah osteoporosis adalah:

kakira_0216013

Kandungan kafein dalam kopi dapat menurunkan kadar kalsium di dalam tubuh. Jadi gak boleh kebanyakan minum kopi ya. Jika kita terbiasa meminum kopi di pagi hari, kita harus memberikan “kompensasi” dari kopi itu dengan meminum suplemen penguat tulang dan juga makan makanan yang bergizi yang mengandung kalsium tinggi. Makanan yang tinggi kalsium antara lain terdapat di ikan tuna, salmon, sarden, bayam, kale, brokoli, sayuran hijau lainnya, kacang-kacangan, dan lain-lain.

“Your Health Is An Investment Not An Expense”

Kita harus ingat bahwa kesehatan adalah sebuah investasi bukan pengeluaran. Jika kita mengeluarkan biaya untuk menjaga kesehatan kita, anggap saja itu adalah investasi untuk kesehatan kita di masa depan. Lebih baik mengeluarkan uang untuk investasi sekarang daripada mengeluarkan uang untuk mengobati di masa depan. Kapan waktu yang tepat untuk mulai investasi? Sebelum usia 30 tahun. Jika sudah lewat? Mulailah sekarang juga.

Untuk investasi kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis, kita harus senantiasa memenuhi kebutuhan kalsium harian. Kebutuhan kalsium rata-rata orang dewasa Asia adalah 1000 mg per hari. Namun sayangnya, kita sering tidak menyadari bahwa kita belum memenuhi kebutuhan kalsium harian dan hanya mengonsumsi rata-rata sekitar 450 mg per hari.

Departemen Kesehatan RI memperkirakan, pada tahun 2050 hampir 38 persen masyarakat Indonesia akan terkena osteoporosis. Salah satu faktor penyebabnya adalah meningkatnya usia harapan hidup penduduk Indonesia, yang saat ini 72,17 tahun. Sayangnya, kondisi tersebut tidak diimbangi dengan pengetahuan yang menyeluruh tentang osteoporosis. Ini terlihat dari rendahnya asupan kalsium masyarakat Indonesia, yang hanya mengkonsumsi 254 mg per hari dibandingkan masyarakat internasional yang mengkonsumsi 1.000–1.200 mg per hari (2002).   sumber: beritasatu.com

kakira_0216004

Melihat hal ini, Protecal mencoba menawarkan solusi untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian kita dan juga untuk investasi kesehatan tulang. Yaitu dengan mengonsumsi Protecal Solid setiap hari.

Kenapa Protecal?

  • Karena efektif dan aman. Dengan bentuk sediaan tablet effervescent yang lebih mudah diserap tubuh, Protecal Solid aman dikonsumsi setelah makan. Dosisnya cukup 1 tablet sehari untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian kita. Protecal cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita maag setelah makan. Aman juga untuk ibu hamil dan menyusui.
  • Sensasi segar yang sehat. Protecal Solid hadir dalam rasa jeruk-rasberry yang menyegarkan. Kita juga tidak perlu khawatir karena Protecal Solid bebas gula.
  • Mengandung formula solid pelindung tulang. Kandungannya bekerja sinergis untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Mengandung kalsium 250 mg, Vitamin D 300 IU, Vitamin B6 15mg dan Vitamin C 1000mg.
  • Tersedia dalam kemasan tube dan strip yang praktis dan higienis.
  • Harga lebih ekonomis.

Bagaimana jika kita memerlukan investasi yang lebih? Tersedia juga Protecal Osteo dengan kandungan 600 mg kalsium dan 400 IU vitamin D untuk mempertahankan kepadatan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis.

Selain itu, tersedia juga Protecal Defense untuk menjaga daya tahan tubuh supaya kita siap beraktivitas seharian.

kakira_0216003
Hasil Cek Kepadatan Tulang

Di acara kemarin, saya sempat cek kepadatan tulang dan hasilnya adalah Osteopenia. Untuk keadaan Osteopenia ini,  selain melakukan tindakan pencegahan osteoporosis yang sudah disebut di atas, disarankan juga untuk rutin mengonsumsi Protecal Solid supaya bisa membantu mengembalikan kondisi kepadatan tulang ke kondisi normal. Wah harus mulai rajin minum Protecal nih. *buru-buru beli* 🙂

Sehat itu bukan cuma untuk kita saja, tapi juga untuk keluarga tercinta. Jadi lakukanlah investasi untuk tulang sehat mulai sekarang dengan Protecal.

kakira_0216005

Protecal

Facebook: Protecal.id

Instagram: @Protecal_ID

16 thoughts on “Investasi Tulang Sehat Untuk Masa Depanmu

  1. Mamir, suka banget bacanya, iyaya selama ini gue pribadi suka “menyepelekan” tentang kesehatan tulang, ternyata duh krusial banget ya apalagi buat mama-mama kaya kita. Senang deh dengan #TUMLuncheon kemarin, selain bisa olahraga (lagi), jadi banyak tahu tentang kesehatan tulang.

  2. Hello, aku mampir juga di sini. Seru banget acara kemarin yak, aku juga hasilnya udah nyerempet-nyerempet osteopenia nih. Jadi kemarin pas liburan, aku bawa deh tuh Protecalnya. Haha.

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.