Perjalanan Potty Training K2

Akhirnya.. K2 lepas dari pospak juga. *tepok tangan*

Iyaaa… Saya tahu.. Ini udah kelamaan. K2 udah mau 4 tahun dan baru lepas dari popok. Mamaknya telat mulainya. Terbuai sama kenyamanan pakai pospak. Huhuhuhu.. But better late than never. Akhirnya dimulai juga proses potty training K2.

Sedikit berbeda sama K1 yang prosesnya secepat kilat dan sedikit sekali insiden ngompol di kasur, proses potty training K2 ini berjalan agak lama, berliku dan banyak insiden bocornya. Jadi ya sering banget tergoda untuk pakein lagi pospak ke K2. *toyor*

Awalnya kita coba biasain untuk pipis di toilet dulu. Nah ini juga agak lama. Karena seringnya dia udah pipis baru dia bilang. Makin lama makin ada kemajuan. Ada pipis sedikit udah bilang. Dan sekarang udah berhasil kalau dia mau pipis dia bilang dulu baru pipis di toilet. Alhamdulillah berhasil.

Nah. Untuk masalah buang air besar. Ini agak rumit. Soalnya dia itu tanpa ekspresi.  Jadi sering banget kecolongan. *lap keringet*. Biasanya, anak lebih cepat ketika diajarkan untuk buang air besar di toilet daripada buang air kecil. Nah untuk K2, malah kebalikannya. Dia lebih cepet belajar untuk buang air kecil di toilet daripada buang air besar.

Makanya kalau untuk buang air kecil sekarang sudah cukup aman. Dan pas malem juga udah cukup aman. Pas pergi, kadang-kadang masih dipakein cuma untuk jaga-jaga. Tapi sejauh ini udah aman dan kalo pipis ya di toilet. Dan dia selalu bilang dulu. Makanya aman.

Cuma yang buang air besar ini nih. Agak PR. Soalnya dia suka diem tau-tau tercium wangi semerbak. Padahal udah berulang kali di tanya mau pup atau tidak. Mau ke kamar mandi atau tidak. Tapi ya itu. Masih sering kecolongan.

Dan salah satu turning point K2 untuk akhirnya lepas dari pospak adalah gara-gara waktu itu dia kekeuh gak mau lepas pospak seharian. Dimandiin gak mau, malah ngamuk. Akhirnya sama mamaknya didiemin. Iya.. Didiemin. *jangan tanya kenapa*

Seharian itu dia kekeuh gak mau ganti. Jadi tidur siang juga pake pospak itu. Seharian deh. Ada pup juga. Jangan tanya baunya kayak gimana. Mamaknya berulang kali ngajak bersihin dia gak mau. Dan akhirnya sore-sore baru mau.

Bisa ditebak dong. Lecet. Dan mamaknya bersihin pakai sabun antiseptik. Otomatis dia meringis dan nangis karena sakit. Langsung dikasih tau kalau itu sakit akibat K2 masih pakai pospak dan  gak mau dibersihin pospaknya seharian. Akhirnya malem itu dia langsung minta pakai celana biasa dan sejak itulah dia gak mau pake pospak lagi. Karena dia kapok.

kakira_0216042

Alhamdulillah. Akhirnya K2 lulus potty training  juga. Jadinya gak usah beli pospak lagi deh. Yeaaaayyy.. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.