Nyaman Dengan Tubuh Sendiri

Sebagai perempuan, biasanya suka ada deh masa dimana kita merasa insecure sama tubuh kita. Biasanya nih ya.. Pas masih abege. Pas lagi baru-baru pubertas dan kenal lawan jenis. Jadi pengen kelihatan cantik dan memikat. Padahal, seperti yang kita tahu juga kalau umur segitu, hormon juga lagi berantakan. Tapi namapun masih abege ya.. Gak kepikiran masalah si hormon ini.

Gara-gara si hormon, kadang-kadang bersemi jerawat cantik disana sini, tubuh melebar di beberapa tempat, dan banyak hal lainnya yang bikin kita jadi gak percaya diri.

Ada juga yang ngerasa kurang tinggi, kurang putih, kurang langsing, dan banyak kurang yang lain. Intinya mah kalo bisa bodi bak boneka barbie. Langsing singset. Ya kan..

Nah aku sendiri gimana?

Hmmm..

Kalo aku.. Dulu problemnya adalah ngerasa kurang tinggi semampai. Untungnya, aku termasuk yang langsing, jadi kalo masalah ngerasa kurang langsing agak jarang ya. Oh iya.. Sama ngerasa bodi kurang mulus. Dulu, selain memang gak suka pakai baju terbuka, aku punya beberapa bekas luka yang pasti kelihatan kalau aku pakai baju yang terbuka sedikit. Jadinya gak pernah bisa deh pake tanktop. Pake rok mini juga gak bisa. Karena ada bekas luka di lutut yang bikin gak percaya diri. Jadinya ya.. Pakai baju selalu yang rapih dan tertutup, walaupun saat itu aku belum berhijab. Padahal.. Di lubuk hati yang terdalam, kepengen juga bisa pakai baju yang cantik. Semacam little black dress, sleeveless gown, dan lain sebagainya. Tapi.. Tapi.. Tapi.. Tak mongkeeeennn. Aku tak bisa dan tak percaya diri.

Seiring bertambahnya usia saya. Untuk masalah body image untungnya masih dalam taraf wajar. Aku sadar sama kekurangan aku dan berusaha untuk berpakaian yang menutupi hal itu. Jadi tentu saja tidak terbuka tapi masih cukup baik.

Setelah menikah, tentu saja pengen terlihat selalu menarik di mata suami kan. Jadinya ya selalu berusaha berpakaian yang disukai oleh suami.

Sampai.. Saya hamil..

Ketika hamil, memang berat badan dan penampilan saya masih belum terlalu berubah drastis. Baru betul-betul berubah setelah memasuki minggu akhir kehamilan. Baru deh tuh.. Bulat bin bundar binti lebar. Duh.. Ngerasa gak kece banget deh pokoknya. Iya, saya seneng lagi hamil. Saya sadar. Tapi.. Saya juga gak pede karena lebar sekali.

Seumur hidup, itu adalah masa terbesar saya. Setelah melahirkan.. Alhamdulillah saya termasuk orang yang cepat mengecilnya. Tapi.. Rupanya kehamilan meninggalkan beberapa tanda manis disana sini. Serius.. Ngeliat badan yang memang gak mulus-mulus amat berubah makin gak mulus dan agak bercorak itu bikin jadi gak percaya diri banget. Apalagi di depan suami. Mau nangis banget.

Beberapa kali saya mengutarakan masalah tubuh ini ke suami, dan jawabannya bikin saya tertampar tapi terharu banget.

“Sayang, kamu tahu.. Aku cinta kamu bukan karena kamu cantik, karena kamu langsing atau karena kamu mulus. Aku cinta kamu karena pribadi kamu. Kalau memang sekarang badan kamu berubah, itu wajar kan. Kamu abis hamil, melahirkan, menyusui. Otomatis berubah. Dan kalau ada corak, gak usah sedih. Anggep aja itu hasil perjuangan kamu. You are mama tiger that has earned her stripes. Gak semua orang loh bisa gitu. Jadi gak usah terlalu dipikirin lagi. You are beautiful.”

Mau nangis deh.

Dan pas hamil kedua, lagi-lagi tubuh ini melebar.. Dan berubah. Tapi kali ini, Alhamdulillah aku gak terlalu bermasalah sama si body image. Jadi dijalanin aja.

Iya sih. Masalah body image jadi momok banget untuk mayoritas kaum wanita. Pria juga sih, walau gak seheboh wanita ya. Jadi teringat percakapan beberapa ibu-ibu di locker room pas lagi gym. Pada ngomongin mau operasi ini, operasi itu, sedot ini, sedot itu. Pokoknya intinya merubah segala macem. Kadang-kadang sedih juga dengernya. Kok ya mereka gak percaya diri banget sih. Sampai mau melewati proses itu. Tapi ya udahlah ya. Itu hak mereka.

Kalau aku sendiri, Alhamdulillah sekarang sudah bisa nyaman dengan diri aku sendiri. Iya sih kadang-kadang masih suka ngerasa “ih kok gini amat”, “coba ini gini” dan lain sebagainya. Tapi setidaknya gak sampai bikin aku jadi gak percaya diri. Berdasarkan yang pernah aku baca dan juga alami, beberapa hal yang bisa bikin aku jadi ngerasa nyaman sama diri sendiri adalah:

  • Be kind to your body, don’t judge too much.Kadang-kadang kita suka gak sadar kalau kita itu menilai tubuh kita sendiri terlalu rendah. Padahal belum tentu kan orang menilai begitu. Makanya, kita harus bisa menemukan kelebihan dari kita. We are perfect the way we are. Jadi jangan menilai terlalu rendah ya.
  • Take good care of your body.Kita gak tau kan badan kita akan seperti apa di masa mendatang. Tapi satu yang pasti. Kita mau badan kita terlihat bagus, apapun bentuknya. Nah salah satu caranya ya dirawat dengan baik. Olahraga teratur, pola makan sehat, menggunakan produk perawatan kulit dan tubuh dengan teratur, minum air putih dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan. Intinya rawat tubuh kita sendiri, soalnya kalau bukan kita sendiri, siapa lagi yang bakalan merawat tubuh kita. Ya gak.
  • Don’t believe everything you see or read or being told to.Televisi, Social Media dan Internet kadang-kadang bisa bikin kita ngerasa gak nyaman sama diri kita sendiri. Kenapa? Ya karena bertebaran banyak gambar atau foto yang tampak begitu sempurna. Padahal seperti yang kita tahu, ada dua sisi mata koin, yang artinya selalu ada sisi lain dari sebuah cerita atau bahkan dari sebuah foto. Jadi jangan langsung percaya sama yang kita baca atau lihat ya. Begitupun apa yang kita dengar atau yang diberitahu ke kita. Gak semuanya harus kita telan bulat-bulat. Cerna, lihat apa yang sesuai dengan kita, simpan yang baik, buang yang bikin kita gak enak atau yang tidak baik. I know it’s not easy, but we have to try.
  • Always be thankful and appriciate what you have.Ya.. Aku tau ini kedengerannya klise banget. Tapi beneran. Kita harus bersyukur atas apa yang kita dapat, dan juga harus menghargainya. Dengan bersyukur dan menghargai apa yang kita miliki, InShaaAllah kita akan bisa merasa lebih nyaman dengan diri kita sendiri.

body-image1

 

4 thoughts on “Nyaman Dengan Tubuh Sendiri

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.