Nonton Dan Belajar Bahasa Mandarin di Saluran Miao Mi

“Nǐ hǎo, wǒ de míngzì shì Mira. Nǐ hǎo ma?”
Hayooooo.. Apa itu artinya hayooooo.. Hahahahah.

Jadi inget jaman kuliah dulu. Belajar bahasa mandarin sampai 3 semester. Dapet nilai A pula. Tapi kok ya ilmunya cetek bener. Cuma inget itu doang. Kalo dilanjutin, langsung mingkem dan mau ngumpet aja. *dikeplak lǎoshī*

Sebetulnya dalam hati sanubari yang terdalam, masih kepengen tuh belajar bahasa Mandarin lagi. Tapi sejauh ini belum kesampaian. Dan gak cuma buat aku aja sih, aku juga kepengen supaya K1 dan K2 belajar bahasa Mandarin. Biar kedepannya mereka punya keahlian bahasa asing lain selain bahasa Inggris.

Melissa,-Pak-Yudha,-Ofanny_Miao-Mi
Jazz, Melissa Karim, Yudha Wibawa, Ofanny Choi

Nah ngomongin bahasa Mandarin, beberapa waktu yang lalu aku mendapat undangan untuk menghadiri acara peluncuran saluran baru dari Celestial Tiger Entertainment (CTE).

Sebagai operator saluran televisi Asia terbesar, CTE bekerjasama dengan PT MNC Sky Vision, perusahaan televisi berbayar terbesar di Indonesia, meluncurkan saluran anak-anak mandarin Miao Mi. Saluran Miao Mi diluncurkan dengan harapan agar dapat mendidik, menghibur serta menginspirasi pelanggannya, terutama anak-anak di Indonesia.

Acara yang di adakan pada tanggal 28 Januari 2016 dan bertempat di Lollipop’s Land, Lotte Shopping Avenue ini dihadiri oleh Yudha Wibawa, Deputy CEO & Managing Director, PT. MNC Skyvision, Tbk., Ofanny Choi, Executive Vice President, TV Networks, Celestial Tiger Entertainment serta Melissa Karim dan Jazz.

“Ada begitu banyak saluran anak dari negara Barat di Indonesia dan kami sangat yakin Miao Mi menawarkan saluran alternatif berkualitas tinggi untuk para pelanggan dengan program-program yang diciptakan secara matang untuk menghibur anak-anak dengan perspektif Asia. Saluran anak ini juga mendorong anak-anak untuk belajar Mandarin melalui fitur audio track dua bahasa, Mandarin dan Bahasa Indonesia dan juga program khusus Miao Mi Classroom.” ujar Ofanny Choi.

Saluran Miao Mi ini sepenuhnya disulihsuarakan ke dalam Bahasa Indonesia. Namun para orang tua juga memiliki pilihan untuk menggantinya ke Bahasa Mandarin untuk meningkatkan pengalaman belajar Bahasa Mandarin anak-anak mereka. Khusus untuk program Miao Mi Classroom, hanya tersedia dalam Bahasa Mandarin. Program ini menampilkan lagu-lagu dan cerita sederhana untuk pelajaran bahasa.

kakira_0216016

Di acara peluncuran kemarin juga sempat ditayangkan program Miao Mi Classroom. Dan untuk saya, programnya cukup menarik dan mudah untuk diikuti serta dipahami. Pasti K1 dan K2 juga tertarik nih. Apalagi kalau lihat maskotnya Miao Mi yang lucu itu. Bisa anteng deh mereka kalau nonton saluran Miao Mi.

kakira_0216017

Ada beberapa program yang tayang perdana dan eksklusif. Antara lain:

  • Star Babies, serial animasi pemenang penghargaan mengenai sekelompok balita yang terinspirasi dari ikon film China seperti Bruce Lee dan Monkey King
  • Little Rabbit’s Kung Fu Academy, serial yang diproduksi khusus untuk anak prasekolah yang menampilkan para karakter dari film animasi 3D peraih penghargaan di China yaitu Legend of a Rabbit
  • Eori, serial animasi Korea berkualitas tinggi yang disulihsuarakan dalam bahasa Mandarin, yang mengangkat cerita rakyat di Asia dan internasional
  • Rubi, serial menghibur yang diproduksi oleh studio animasi pemenang penghargaan di China, Zoland Animation
  • Happy Friends, serial animasi dengan rating tinggi di saluran televisi nasional China, CCTV, yang diproduksi oleh sutradara serial megahit Pleasant Goat and Big Big Wolf.

kakira_0216018

Dalam kesempatan tersebut Melissa Karim berbagi pengalaman mengenai bagaimana ia membagi waktu antara pekerjaan dan keluarganya. Ia mengatakan bahwa hampir semua ibu pasti kesulitan membagi waktu tapi tetap saja yang menjadi prioritas utama pasti anak-anak.

Melissa mengakui bahwa ia tidak bisa berbahasa Mandarin namun ia ingin Jazz bisa belajar bahasa tersebut salah satunya lewat saluran Miao Mi ini. Iiihhh.. Sama deh kayak aku. Aku gak bisa bahasa mandarin, tapi kepengen K1 dan K2 belajar bahasa mandarin. 🙂

Menurut Melissa, saluran Miao Mi memiliki kelebihan lain yaitu membawa nilai-nilai Asia dalam tayangannya seperti hormat kepada yang lebih tua. Selain itu, ada kriteria umur di Miao Mi, seperti tayangan untuk anak usia 3-5 tahun dan 5-6 tahun. Jadi ketika mengajak anak untuk menonton, bisa memilih acara yang sesuai dengan usia anak.

Saluran Miao Mi diluncurkan sebagai saluran linear di Indovision (Ch. 38), Okevision (Ch. 66) dan Play Media (Ch. 38). Versi on-demand dan over-the-top (OTT) akan tersedia dalam waktu dekat.

ih jadi gak sabar mau ngajak K1 dan K2 nonton dan belajar bahasa Mandarin di Miao Mi. 🙂

Gǎnxiè nín yuèdú wǒ de wénzhāng. Zàijiàn.

7 thoughts on “Nonton Dan Belajar Bahasa Mandarin di Saluran Miao Mi

    1. hahahah. iya. sampe monyong-monyong gak jelas gitu. Masih aja belibet. Hahahahah. Iya ih. Anak-anak mah kayak spons ya. Cepet banget nyerap ilmunya. Emaknya susah bener. Padahal kan masih muda belia gini. 😀

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.