Do You Know Your Silent Reader?

Sebagai blogger, dulu kalau post ya cuma post aja sih. Gak terlalu mikirin bakalan dibaca sama siapa. Bakalan kayak gimana atau bakalan ada dampak apa. Nah ternyata, sebuah post itu bisa punya dampak yang biasa aja atau bahkan dampak yang spektakuler ya.

Eh tapi aku sih gak mau bahas dampaknya. Yang mau dibahas kali ini adalah silent reader. Kalo di dunia blogging, setau aku silent reader adalah para pembaca blog kita yang sekedar baca aja namun tidak meninggalkan komentar. Jadi semacam kita baca berita aja kali ya. Baca trus udah.

Dan sejujurnya, akupun lebih sering jadi silent reader ketika aku blog walking. Kalau ada yang meninggalkan komentar di  blog aku, biasanya aku langsung buka blognya. Trus baca-baca di sana. Tapi ya itu. Baca aja, gak ninggalin komentar. Udah dari dulu sih kayak gitu, agak kebiasaan. Soalnya kalo blog walking aku lebih suka dari handphone *sambil nyeruput hot chocolate atau sambil santai-santai*. Dan kalo untuk komentar-komentar, aku lebih suka lakuin itu ketika aku blog walking pakai laptop. Lebih puas aja. Makanya karena persentase blog walking via handphone lebih banyak daripada via laptop, jadinya ya lebih sering silent reader aja. Padahal sebetulnya lebih enak kalau ninggalin jejak ya. Biar kenal, nambah teman plus nambah backlink ke blog kita.

Kalau untuk silent reader, pastinya kita mah gak tau ya. Namanya juga silent reader. Tapi sering juga kan akhirnya para silent reader itu membuka jati diri mereka pas akhirnya terdorong untuk komentar di blog kita. Pada saat itu, jadinya kita tau deh siapa silent reader kita.

Tapi ada gak sih silent reader yang walau gak membuka jati diri, tapi kita tau kalau dia sebetulnya silent reader kita. Taunya gimana? Ya bisa jadi kita gak sengaja lihat orang itu baca blog kita. Jadi ketauan kan.

kakira_0116040

Nah mengenai hal itu, kalo aku pribadi.. Tau sih beberapa orang. Salah satunya ya Udjo. Hahahaha.. Dia mah gak pernah komentar. Tapi suka update aja sama blog aku. Padahal kalo aku post mah gak pernah tuh ngomong ke dia. Post mah suka-suka aku aja. Iya sih emang dia yang suka maintain blog ini juga. Tapi kalo masalah konten mah gak dia sentuh. Kalau dia back-up pun gak lewat dashboard. Dia login di aplikasi lain. Makanya masuklah dia ke silent reader blog ini. Sering baca, tapi gak pernah komentar.

Silent reader lain.. Ada. Ibu saya… “Iya mah.. Teteh tau mamah suka bacain blog teteh.” 😀 Ibu saya itu salah satu silent reader yang juga loyal reader dari blog ini. Biasanya sih baca selain karena emang suka membaca, juga karena pengen tau kegiatan anak dan cucunya. Ni anak kalo keluyuran keluar ngapain aja sih.. Atau cucunya ngapain aja. Ya hal semacam itulah.. Betul gak Mah? Mungkin kalo suatu hari K1 dan K2 punya blog, aku bakalan jadi silent and loyal reader blog mereka juga kali yah. Karena saya kepo. 😀

Hmmm.. Lalu siapa lagi yah.. Oh iya.. Sepupu Udjo juga. Walau kalau ini kayaknya gak terlalu sering juga. Tapi suka baca. Taunya gimana? Ya karena dia pernah mention sesuatu yang hanya aku tulis di blog, tapi kok dia tau. Artinya? Jeng jeng jeng..

Dan beberapa silent reader lainnya. Sejauh ini aku sih gak masalah ya. *ya gimana mau masalah, udah dipost mah artinya udah terpampang nyata di dunia maya*. Lagi pula, para brand juga biasanya silent reader kita kan. *kedip-kedip manja* *colek saya dong di email* Hehehehe.

Nah.. Kamu sendiri gimana? Tau gak siapa silent reader kamu. Kalau tau, komen ya.. Soalnya saya kan kepo. 😀

 

38 thoughts on “Do You Know Your Silent Reader?

  1. Eh aku jadi terinspirasi nih buat bikin tulisan kek gini. Yaitu siapa aja yang jadi silent reader kita dan gimana kita akhirnya tau bahwa dia silent reader kita…hahaha..seru nih. Aku mo bikin juga ah. Makasih ya buat inspirasinya.

  2. Kalau blog belum tau sih, Mbak. Kecuali suami yg jd silent reader. Hehehe… Tapi kalau status FB… Sy tau ada teman yg jd silent reader. Pas ketemu dia membincangkan status2 sy. Padahal dia ga kasih komen juga ga ngasih jempol. Jangan2 dia jg silent reader blog sy ya #geer :p

    1. Oh iya.. FB juga banyak ya yang jadi silent reader. Kalo sering post link ke blog di fb bisa juga tuh dia jadi silent reader di blog. Nah lo.. Hehehehehe. 😀

  3. Kalau pake hitstatscounter kecatet mir IP address nya yang berkunjung. Jadi aku kadang klo ngeliat jadi tau dari kantor mana aja, kadang spesifik IP nya nyebut nama perusahaan 😀

    1. Bisa juga sih. Kan ip address unik. Tapi itu juga kan gak selalu merujuk langsung ke orangnya ya. Karena sifatnya bisa juga dynamic atau merujuknya ke provider penyedia internet.

      Aku sih gak ngecek sampe kesitu. Kadang-kadang penasaran, tapi ya udah sebatas itu aja. 🙂

  4. Wahahaha gara2 postingan ini jd komen deh biar kenal n gak dianggap silent reader ???

    Klo dr keluarga, suami dan mama saya yg termasuk silent reader. Ga pernah ngasih tau n nge-share langsung ke mereka, ntar pas lg ngobrol tau2 aja nyambungin ke salah satu postingan aku. Kan aku jd surprised, ternyata selama ini mereka baca. Jadi malu juga, takut2 tulisanku ga enak dibaca. ???

    Kalo selain keluarga, itu ga tau deh. Ga ada jg ya aplikasi yg bs liat siapa2 aja yg abis berkunjung ke blog kita? Klo dulu jaman Friendster mah ada, ya. Hahahahah friendsteeeerrrr ketauan deh umur aku berapa. ????

    1. Hahahahah.. *gelar karpet merah* selamat datang mak.. Hehehehe..

      Kalo aku juga taunya selama ini lebih banyak keluarga ya. Eh ada juga sih temen kantor suami atau temennya suami. Itupun aku dikasih tau sama suami. Kalo enggak mah ya gak tau. Makanya kalo nulis pun sekarang lebih disensor supaya aman. Hahahahah.

      Friendsteeerrr.. Iya yah.. Friendster sih ada. Kayak path pas awal-awal ya. Aku sih gak pernah nyari aplikasinya, jadi gak tau deh ada atau enggak. 🙂

    1. Kalo aku sih taunya karena gak sengaja liat atau malah dikasih tau orang. Dan yang aku tau ya dari orang terdekat. Kalau di luar itu gak tau. Hehehehe. Sama. Kadang nggak tau mau komen apaan makanya silent reader aja. 🙂

  5. nah itu dia mak, aku juga seringnya blogwalking lewat hape … kecuali emang artikelnya menarik buat aku baru deh di komenin. kadang suka males ninggalin komentar karena sering salah ketik klo lewat hape 😀 *ini juga lewat hape ding komentarnya. tapi kepingin komen di postingan ini
    kurang tau juga sih silent readernya siapa aja. yang jelas gak mungkin ada Mama. paling kakak ipar sama temen yang sempet komentar dan share link yang aku share di fb juga. Terus dulu banget ada mantan yang ngirim pesan katanya udah baca beberapa postingan aku di blog. di suruh komen di blognya eh mereka bilang susah ah ribet -_- selain daripada itu mungkin yang nyasar. atau setelah baca bingung mau komen apa *kayak aku *mungkin.
    maafkan komentar yang seperti tjurhat ini *tutup muka

    1. Hahahahah.. Gak apa-apa kok.. Kalo aku, justru sodara malah gak ada yang komen di blog. Kalaupun ada selain yang udah aku tau, ya artinya aku gak tau. 😀 Kalo mantan.. Errr.. Kayaknya gak ada deh. 😀

  6. Silent readerku yang pasti adalah… hmmm… papaku sendiri. Tapi sayangnya beliau baru aja berpulang ke Rahmatullah hampir 3 bln lalu… hiks. Dulu alm sering komentar langsung kalau aku udah posting sesuatu, sekarang ga tau lagi deh siapa silent reader blogku :).

    1. Turut berduka cita ya mbak. Tapi seneng ya kalau ternyata orang terdekat kita suka baca tulisan kita juga. Kalo papaku kayaknya enggak deh. Gak terlalu suka buka laptop ataupun baca di hp. Lebih suka baca koran.

  7. orang tuaku di kampung belum kenal banget sama yang namanya internet.. apalagi dunia blog..
    mungkin klo mereka ngerti blog, mereka bakal jadi silent reader akuu

    hihihi

    salam kenal ya mbaaak 🙂

    1. Hehehhe.. Bisa jadi. Ini juga awalnya mamaku gak terlalu tau. Tapi karena aku pernah mention beberapa kali tentang blog, mungkin lama-lama penasaran juga sama blog anaknya. Akhirnya malah jadi silent reader deh. Hehehehe.

      Salam kenal juga. 🙂

  8. Silent reader-ku, orang2 yg nggak aku kenal dan ngga pernah jumpa, Mba. Mereka buka jati diri setelah kirim email bilang say thanks atau mau curhat lebih dalam. Ada jg malah yang akhirnya lumayan akrab dan bahkan ada yg pernah nolongin aku. 🙂 Sampe sekarang nggak pernah jumpa.

    Ada juga temen2 offline aku. Yang tiba2 nge-mention posting-ku. Agak kaget aja mereka ternyata baca dan suka. Pas juga krn memang situs blog aku pajang di status WA. Termasuk juga pacar kadang suka baca. Hehehe. 😀

    Intinya, walau posting kita mungkin sepi komentar. Percayalah, ada banyak orang sebenarnya yg baca dan mereka suka. Posting kita mungkin bahkan bermanfaat bgt orang lain, juga bisa jadi mengubah kehidupan mereka jd lebih baik.

    1. Wah.. Seneng juga ya kalau ada silent reader yang akhirnya malah jadi temen walaupun blom pernah ketemu. Aamiin.. Iya, semoga postnya gak cuma bermanfaat buat kita tapi bagi orang lain juga ya. Jadi makin semangat nulis nih. 🙂

  9. Aky tadinya mau jadi silent rider. Tapi entah kenapa pengin komen aja. Biat dapet backlink kali ya? Hehe.
    Kalo yg suka silent rider du blogku siapa ya? Aku jadi kepo juga nih. 🙂
    Salam kenal ya. Biar dapet temen juga.
    #HappyBlogging

  10. kunjungan perdana ke kakira 😀 😀 trakhir main ke blog mbak, masih yg udjo mia eh mio atau apa dulu itu namanya? 🙂 aku dulu ada bbrp silent reader yg pada akhirnya ketauan klo suka bacain blogku dan ternyata mereka lah biang kerok masalah yg aku hadapi di dunia nyata. jadi mereka bacain blogku, gak suka sama isinya, trs itu jadi masalah di dunia nyata. drama much? setelah 2x kejadian kayak gitu, akhirnya blogku ku konci ajalah, hahaha.

    1. Iyaaa.. Selamat dataaang.. Hehehehe. Iya ih.. Aku waktu itu mau main-main kesana tapi dikunci. Emang salah satu yang gak enak kalau begitu ya. Bikin gak tenang. Semoga sekarang udah lebih tenang yaaa.. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.