Aplikasi Baru Untuk Para Ibu

Sebagai seorang ibu, terutama dulu pas masih baru, kerasa banget tiap kali anak sakit bawaannya pasti panik dan langsung cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum bawa anak ke dokter.

Tapi, kadang-kadang saking banyaknya informasi yang gejalanya mirip-mirip sama gejala yang dialami anak jadinya malah bikin pusing dan bingung. Malah jadi makin panik karena kebanyakan informasi.

Sambil nyari informasi, biasanya sambil pantau juga keadaan anak. Jam segini suhunya berapa, gejalanya apa aja, makan apa aja dan lain sebagainya. Sambil dipantau, dicatet juga di notes. Tapiiii.. Entah kenapa aku kok ya sering banget malah ketinggalan notesnya pas bawa anak ke dokter. Jadi yang dibawa ke dokter cuma buku catatan medis anak aja. Notesnya? Ketinggalan di rumah. *sigh*

Blom lagi, sebagai emak beranak dua, suka kelupaan juga tuh jadwal imunisasi anak. Pasti harus ngubek-ngubek dulu bukunya baru tau K1 dan K2 udah imunisasi apa aja. Gara-gara sering kelupaan, bisa ditebak dong.. Suka kelewatan jadwalnya. *toyor kepala*

Naaahhh.. Ternyata sekarang saya udah gak perlu bingung lagi. Kenapa? Karena sekarang sudah ada aplikasi baru yang baru diluncurkan hari ini oleh Lifebuoy. Namanya aplikasi Berbagi Sehat.

kakira_0116056

Aplikasi Berbagi Sehat ini di kembangkan setelah melewati berbagai riset dan Focus Group Discussion dimana diketahui kecenderungan para Ibu masa kini ketika anaknya sakit, mereka akan segera mencari tahu via google. Jadi informasi awal biasanya dicari melalui smartphone mereka. Oleh karena itu, Lifebuoy mengembangkan aplikasi Berbagi Sehat yang kini sudah bisa di unduh di Google Play Store secara gratis.

kakira_0116057

Di aplikasi Berbagi Sehat ini, terdapat 3 fitur. Yaitu:
1. Gejala & Penyakit

kakira_0116060
Fitur ini berfungsi untuk mengetahui indikasi dan gejala penyakit yang dialami oleh anak serta memberikan rekomendasi penanganan pertama. Fitur ini di lengkapi oleh Ensiklopedi penyakit yang sering dialami oleh anak. Tentunya penyakitnya adalah penyakit yang umum ditemui di Indonesia ya. Ketika mencari informasi, hasilnya akan mengerucut jika gejala yang ditambahkan semakin banyak, sehingga ibu akan lebih mudah dalam mencari informasinya. Saat ini terdapat sekitar 62 jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman yang dapat terdeteksi oleh aplikasi ini.
2. Diary Kesehatan

kakira_0116058kakira_0116059

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fitur ini memungkinkan kita untuk merekam catatan harian medis anak dan anggota keluarga. Catatan medis ini termasuk juga catatan mengenai imunisasi dan alergi yang dimiliki.
3. Radar Gejala Penyakit

kakira_0116061
Fitur ini berguna untuk mendeteksi wabah atau penyakit apa yang sedang terjangkit di lingkungan sekitar.

Dengan memiliki aplikasi Berbagi Sehat ini, kita seperti memiliki catatan rekam medis dalam genggaman. Jadi kalau ke dokter, gak usah bingung lagi deh. Apalagi, dari hasil riset, diketahui juga bahwa mayoritas para ibu selalu membawa smartphone kemana-mana. Nah kalo udah gini, tentunya gak ada deh cerita ketinggalan notes atau buku rekam medis lagi. Karena semuanya sudah tersimpan rapi di smartphone kita.

Untuk menjaga kredibilitas informasi yang diberikan, Lifebuoy bekerjasama dengan klikdokter.com. Tim dari klikdokter.com akan secara berkala meng-update konten dari aplikasi ini. Selain itu, mereka juga akan meng-update radar gejala penyakit. Tidak hanya penyakit yang sudah umum, namun jika terdapat wabah penyakit tertentu yang sedang trend saat ini seperti misalnya penyakit virus Zika, maka tim klikdokter.com juga akan memberikan infonya di aplikasi ini. Dan karena sifat datanya yang selalu di update secara berkala, maka ketika kita menggunakan aplikasi ini untuk mencari informasi, aplikasi ini memerlukan koneksi internet yang aktif.

Perlu diingat, aplikasi ini berfungsi sebagai sumber informasi dan penanganan awal untuk penyakit. Jadi jika sakitnya masih berlanjut, tentu saja tetap harus dibawa ke dokter supaya dapat diobati lebih lanjut.

Untuk pengembangan berikutnya, kini tim Lifebuoy sedang berusaha untuk mengembangkan fitur livechat forum supaya para pengguna bisa bertanya secara langsung di forum tersebut. Tak hanya bertanya, namun juga bisa berbagi mengenai penyakit yang pernah dialami.

Sebagai ibu, pas pertama kali tahu tentang aplikasi ini, aku langsung tertarik banget.  Jadi gak pakai banyak pertimbangan lagi, langsung aja aku unduh aplikasinya di smartphone aku.

kakira_0116063

Kalau kata Ersa Mayori, “Kita gak bakalan tahu kegunaan aplikasi ini yang sebetulnya kalau belum mencobanya langsung.” Jadi.. Yuk kita coba aplikasi ini sekarang. 🙂

8 thoughts on “Aplikasi Baru Untuk Para Ibu

  1. wah sabun makin berinovasi mengikuti perkembangan jaman yaa, kuman makin kuat sekarang. aplikasinya juga cocok sekali buat para ibu, sayang saya belum punya handphone yang mumpuni

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.