Tips Merawat Rice Cooker

Setelah beberapa waktu yang lalu aku post tentang Tips Membeli Rice Cooker, sekarang aku mau share tips untuk merawat rice cooker kita.

Soalnya sayang banget kan.. Kalau sudah beli rice cooker baru mahal-mahal terus cepet rusak cuma karena kita gak rawat dan pakainya asal-asalan aja. Padahal milihnya aja udah banyak pertimbangan. Eh sayang banget kalau udah di beli terus gak di rawat.

Nah, ini sedikit tips untuk merawat rice cooker dari aku. 🙂

  1. Perhatikan keamanan dari rice cooker. Sebelum menggunakan rice cooker, perhatikan petunjuk keamanan yang ada di petunjuk pemakaian. Ketika menggunakan rice cooker, selalu letakkan di permukaan yang datar dan kering. Ini bertujuan supaya air tidak tumpah dan mencegah mengalirnya uap air dari proses pemasakan nasi. Selain itu, perhatikan juga kapasitas airnya, jangan melebihi takaran dan batas air yang sudah di tentukan.
  2. Cabut stop kontak rice cooker jika sedang tidak di gunakan.
  3. Biarkan rice cooker dingin terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Setelah kita selesai menggunakan rice cooker, biarkan rice cooker dingin terlebih dahulu. Karena dalam kondisi inner pot masih hangat atau panas, jika langsung terkena air dingin bisa membuat permukaan inner pot cepat mengelupas. Jika inner pot sudah dingin, baru rendam dengan air agar kerak nasi lunak dan mudah dibersihkan.
  4. Cuci bagian dalam dan luar inner pot dengan spons lembut, bilas hingga bersih. Pastikan inner pot sudah kering sebelum digunakan kembali.
  5. Jika rice cooker memiliki penampung uap air, pastikan kita memeriksa penampungnya setelah selesai menggunakan rice cooker. Buang air yang ada di dalamnya. Jangan biarkan air berada terlalu lama di penampung uap air karena akan menimbulkan bau tak sedap.
  6. Jika rice cooker dilengkapi penutup bagian dalam yang terpisah, lepaskan penutup bagian dalamnya kemudian cuci hingga bersih lalu keringkan sebelum di pasang kembali. Namun, jika tutupnya terpasang, bersihkan bagian dalam penutupnya dengan spons lembab lalu keringkan dengan lap kering.
  7. Bersihkan bagian luar rice cooker dan bagian atas penutup berikut lubang uapnya dengan kain/spons lembab untuk menghilangkan noda uap.
  8. Bersihkan juga permukaan pemanas rice cooker di bagian dalamnya dengan cara membersihkannya dengan kain kering. Permukaan pemanas ini harus benar-benar bersih dari sisa nasi agar proses pemanasan panci inner pot tidak terganggu. Hindari mengikis permukaan pemanas dengan alat tajam yang dapat menyebabkan goresan.

Memiliki peralatan dapur itu bisa di anggap juga seperti memiliki investasi. Karena uang yang di keluarkan tentunya juga tidak sedikit. Dan tentunya kita mau peralatan dapur yang kita miliki bisa awet. Makanya, supaya bisa awet, harus dirawat dengan baik ya.

Oh iya, ada tips juga dari pak Bondan. Kalau mau beli peralatan dapur (rice cooker, mixer, blender, dan lain sebagainya), sebaiknya kita menabung dahulu untuk beli yang terbaik. Soalnya kalau kita sudah memilih yang terbaik dan diikuti dengan perawatan yang baik pula, maka umur dari peralatan dapur itu akan lebih lama. Dan itu artinya pengeluaran untuk membeli yang baru jadi bisa ditekan deh.

Yuk kita rawat rice cooker kita. 🙂

2 thoughts on “Tips Merawat Rice Cooker

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.