Tips Memilih Rice Cooker

Sebagai orang Indonesia, rasanya nasi itu udah jadi makanan sehari-hari yang sudah pasti ada di meja makan. Kalau aku pribadi sih gak ketemu nasi seharian gak terlalu masalah, tapi ada juga orang yang kalo gak makan nasi, rasanya kayak gak makan. Jadi harus makan nasi walaupun cuma 2-3 sendok aja.

Nah.. Tapi nih ya, karena seringnya frekuensi kita memasak nasi, kadang-kadang memasak nasi itu jadi digampangin. Jadinya sering banget ada yang bilang “Ah nasi aja, gampang.” Padahal ya kalau hari ini gak ada nasi, besok gak ada nasi, dan besoknya juga gak ada nasi, pasti kita bingung juga kan. Langsung pusing kepala berbi. 😀

Makanya masalah memasak nasi ini gak bisa dianggap gampang. Karena kalau asal-asalan, nasi yang dimasak malah jadi kurang matang, terlalu keras, terlalu lembek atau cepat kuning. Kalau jadi seperti itu, malah jadi gak selera makan lagi kan. *lalu pesen nasi padang aja*

Salah satu peralatan dapur yang berperan penting untuk memasak nasi tak lain adalah rice cooker. Nah bagaimana kita memilih rice cooker ini juga penting supaya hasilnya bisa sesuai dengan yang kita harapkan.

Tips dari saya untuk memilih rice cooker

  • Pilih materi inner pot rice cooker yang punya daya tahan yang baik dan aman untuk makanan. Aku lebih suka materi inner pot yang memiliki non stick coating supaya nasi tidak menempel di inner pot dan memudahkan proses pembersihan dari inner pot tersebut. Inner pot juga harus memiliki daya tahan yang baik supaya rice cooker bisa awet. Kapasitas dari inner pot juga perlu diperhatikan supaya ketika kita memasak nasi, bisa cukup untuk seluruh keluarga. Jika suka, pilih inner pot yang memiliki pegangan tahan panas untuk memudahkan kita ketika mengangkat inner pot setelah nasi matang.
  • Pilih rice cooker yang bisa memasak nasi dengan merata serta memiliki sistem pemanas yang dapat mempertahankan keadaan nasi selama rentang waktu tertentu supaya nasi bisa matang sempurna dan nasi tidak menjadi kuning atau bau jika kita tidak langsung mengkonsumsi nasi tersebut
  • Pilih rice cooker yang mudah untuk dibersihkan. Baik itu inner pot, maupun tutup bagian dalam dari rice cooker. Ini juga penting supaya nasi yang di hasilkan tetap bagus dan rice cooker juga bisa bertahan lama. kakira_1279
  • Pilih rice cooker yang memiliki daya tidak terlalu tinggi, mengingat kita akan sering menggunakan rice cooker ini, maka jika daya terlalu tinggi tentunya akan mengkonsumsi listrik yang lebih banyak.
  • Pilih desain rice cooker yang sesuai dengan selera kita. Di era modern seperti sekarang ini, biasanya kita akan memilih desain rice cooker yang “cocok” dengan desain dapur secara keseluruhan. Oleh karena itu, desain rice cooker yang cocok tentunya akan menjadi salah satu pertimbangan ketika kita akan membeli rice cooker.
  • Pilih rice cooker yang sesuai dengan budget kita. Dalam memilih rice cooker, tentunya tak lepas dari budget. Karena kalau di luar jangkauan, gimana mau belinyaaa.. Jadi pastiin, sesuai dengan budget kita ya.

Nah.. Udah browsing.. Udah ketemu yang sesuai.. Cuss langsung di beli ya.. Biar nasinya selalu enak dan pulen.

*lalu jadi laper* 😀

2 thoughts on “Tips Memilih Rice Cooker

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.