Pengalaman Membuat Paspor Online – December 2015

Senin kemarin saya baru saja memperpanjang paspor saya. Paspor ini sudah lebih dari 4 tahun habis masa berlakunya. Dan akhirnya di perpanjang juga.

Setelah membaca dan mendengar banyak review dari orang mengenai pembuatan paspor, akhirnya saya memilih metode pembuatan paspor online.

Ini adalah pengalaman saya membuat paspor di bulan Desember 2015 ini. Kenapa saya cantumkan bulan dan tahunnya, soalnya seperti yang kita ketahui, metodenya kadang-kadang suka berubah, walaupun alurnya kurang lebih sama. Pengalaman kakak saya yang baru tahun kemarin perpanjang paspor via online dan pengalaman saya kemarin berbeda sekali. Makanya saya perjelas bahwa ini adalah pengalaman saya membuat paspor di bulan Desember 2015. 🙂

Berikut saya share pengalaman saya ya.

Kantor Imigrasi: Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Barat

Pendaftaran Online: 08 Desember 2015

Jadwal Datang Ke Kanim: 14 Desember 2015

Jadwal Pengambilan Paspor: 18 Desember 2015

Persyaratan Pembuatan Paspor bisa di cek disini ya.

Untuk membuat paspor online, kita bisa langsung buka halaman aplikasi online-nya. Dari situ, pilih menu “Pra Permohonan Personal”. Isi data sesuai dengan yang kita pilih. Karena saya sudah pernah memiliki paspor, jadi saya memilih menu “Penggantian – Habis Masa Berlaku”. Ketika di Kanim, di jelaskan bahwa walaupun paspor sudah mati sampai 20 tahun lebih, kita tetap harus memilih yang penggantian-habis masa berlaku dan tetap membawa paspor lama ketika kita datang untuk memperpanjang paspor kita. Menu “Baru – Paspor Biasa” hanya di peruntukkan bagi pemohon yang BELUM PERNAH memiliki paspor. Jika kita sudah memiliki paspor dan memilih menu “Baru”, nanti pada saat datang ke Kanim, kemungkinan besar aplikasi kita akan di tolak dan bisa bermasalah. Makanya harus hati-hati ya.

kakira_1289

Sedikit catatan, pembuatan paspor secara online ini tidak berlaku untuk Paspor Elektronik, Penggantian Paspor Hilang atau Rusak dan pembuatan paspor 24 halaman. Untuk permohonan tersebut harus di lakukan secara manual dan datang langsung ke Kanim. Oh iya, untuk pembuatan paspor sekarang, tidak di anjurkan untuk membuat yang 24 halaman karena itu biasanya hanya untuk TKI. Jika kita mau buat yang 24 halaman bisa saja, tapi ada konsekuensinya. Konsekuensinya adalah jika kita pakai untuk travelling, biasanya akan di pending di imigrasi negara tujuan karena akan dianggap sebagai TKI dan akan ditanya-tanya lebih lanjut lagi plus harus bisa menunjukkan tiket pulang.

Setelah halaman pertama, masuk ke halaman pengisian data. Isi data kita dengan hati-hati dan sesuai dengan berkas yang kita miliki. KTP, Kartu Keluarga, Akte. Karena jika ada yang salah, kita harus koreksi di Kanim dengan surat pernyataan bermaterai.

kakira_1290

Setelah data-data diisi, akan ada halaman konfirmasi data dan informasi pembayaran. Pastikan semua data sudah betul baru melanjutkan prosesnya. Di halaman informasi pembayaran akan tercantum biaya yang harus kita bayar. Setelah selesai kita juga akan menerima email untuk konfirmasi lembar pembayarannya dan juga link untuk konfirmasi pembayaran. Print lembar pembayaran itu dan bawa ke teller. Jadi nanti di bank tinggal kasih lembar itu saja, tidak usah isi-isi formulir lagi. Oh iya, nantinya pas bayar di bank akan ada biaya administrasi ya sebesar IDR 5.000/orang. Jadi total yang harus di bayar adalah IDR 360.000 untuk paspor 48 halaman. Dibayarkan langsung di teller bank BNI.

Setelah membayar, kita buka lagi aplikasi kita dari link konfirmasi pembayaran yang tertera di email kita. Di halaman tersebut, kita isi nomor bukti pembayaran kita. Nomor bukti pembayarannya adalah nomor “Jurnal Bank” pada lembar Tanda Bukti Pembayaran Imigrasi dari Bank BNI.

kakira_1292

Setelah mengisi pembayaran, kita tinggal pilih tanggal kedatangan ke Kanim. Oh iya, setelah kita membayar di Bank, Kita hanya memiliki waktu maksimal 5 hari untuk melanjutkan proses di aplikasi kita. Jika tidak, maka pembayaran kita akan hangus dan aplikasi online kita akan di hapus. Jadi sebaiknya setelah bayar, langsung dikonfirmasi ya.

kakira_1291

Setelah memilih tanggal kedatangan, kita akan menerima email lagi berisi Tanda Terima Permohonan yang harus di print dan di bawa bersama berkas-berkas kita. Jangan lupa, tanda tangan di lembar terakhir yang sudah kita print.

Setelah itu, proses selanjutnya adalah datang langsung ke Kanim sesuai dengan jadwal yang sudah kita pilih.

Untuk di Kanim berkas yang harus di bawa adalah:

  • Tanda Terima Permohonan yang kita print dari email konfirmasi yang kita dapat setelah memilih tanggal kedatangan. Ada 3 lembar.
  • Tanda Bukti Pembayaran Imigrasi dari Bank BNI dan bukti pengantar ke bank.
  • Paspor Lama dan fotokopinya di 1 lembar ukuran A4, jangan di gunting.
  • Akte Kelahiran/Ijazah Asli dan fotokopinya 1 lembar
  • Kartu Keluarga Asli dan fotokopinya 1 lembar
  • KTP Asli dan fotokopinya di 1 lembar ukuran A4, jangan di gunting.

Ketika datang ke Kanim, pakai pakaian yang sopan dan harus memakai sepatu. Tidak di perkenankan juga memakai baju tanpa lengan. Di usahakan memakai baju berkerah dengan warna selain putih (karena background foto putih).

Jika kita ingin cepat selesai, usahakan datang sepagi mungkin. Kebetulan kemarin aku agak terlambat berangkatnya dan kena macet karena ada kecelakaan di tol. Jadi kita sampainya jam 7. Langsung cari aja Satpam yang memegang nomor antrian. kakira_1282Untuk nomor antrian, online dan walk-in dibedakan dan tempat menunggunya juga di bedakan. Cari kursi untuk menunggu yang sesuai dengan nomor antrian kita. Karena setiap kursi udah di kasih nomer. Kebetulan aku nomer 45 dan jumlah kursi cuma 40 jadi aku kebagian berdiri deh. Oh iya, harus diinget juga, kuota untuk pemohon online perhari adalah 200 orang dan walk-in adalah 100 orang. Kalau kuota habis, artinya kita harus balik lagi hari lain.

kakira_1283
Tempat Menunggu. Yang di bagian atas adalah antrian walk-in dan bagian bawah adalah antrian online.

Sekitar jam 07.30, ada petugas Kanim yang menjelaskan kembali mengenai persyaratan dan prosedur pembuatan paspor. Jika ada yang mau di tanyakan, kita bisa langsung tanya aja ke beliau. Setelah beliau selesai menjelaskan, jam 08.00, loket di buka. Antrian akan di panggil bergantian online dan walk-in. Dan sekali dipanggil biasanya 5 nomor.

kakira_1284

Setelah di panggil, kita akan antri di loket pemeriksaan berkas. Untuk yang online ada 3 loket, walk-in 1 loket dan untuk manula ada 1 loket. Disana kita akan dicek semua berkasnya dan dicocokkan dengan yang aslinya. Setelah dicek, jangan lupa langsung disimpen lagi ya berkas aslinya. Jangan sampai ketinggalan disana. Setelah itu, berkas kita akan di masukkan ke dalam map dan di berikan lagi nomor antrian baru untuk ke loket One Stop Service (OSS).

kakira_1287

Kemudian.. Kita menunggu lagi. Tapi jangan khawatir, tempat nunggunya didalem kok dan dingin. Jadi gak usah takut kepanasan. Ada televisi juga. Lumayan buat nonton sambil nunggu.

kakira_1286

Nomor yang sudah dipanggil akan tertera di layar monitor. Jadi kita tinggal cek aja berapa orang lagi. Setiap orang kira-kira prosesnya sekitar 15 menit untuk pemohon online. Aku mulai antri disini jam 08.30 dan akhirnya di panggil jam 10.00. Lumayan juga yaaa. Tapi itu udah bersyukur banget karena gak harus nunggu sampai siang. 🙂

Di loket One Stop Service (OSS) kita serahkan lagi berkas kita yang di map. Lalu akan di wawancara, di ambil fotonya dan juga scan sidik jari. Setelah itu, kita akan di berikan lembar Data Pemegang SPRI dan copy tanda bukti pembayaran sebagai bukti untuk pengambilan paspor nanti. Saya di informasikan bahwa paspor akan selesai 4 hari kerja. Jadi paspor saya selesai pada hari Jumat. Dan bisa di ambil mulai jam 1 siang.

kakira_1288
Foto kurang kece

 

Setelah itu proses di Kanim selesai deh. Tinggal balik lagi ke Kanim hari Jumat nanti.

Setelah saya menjalani sendiri, ternyata prosesnya jauh lebih mudah dan cepat. Kemajuan banget. Datang ke Kanim jam 07.00 dan selesai sekitar jam 10.45. Ih. Seneng banget ya. Tinggal nunggu paspor selesai deh.

Tadinya sempet mikir, apakah akan ada “pungli” atau tidak, ternyata tidak. Tidak ada pungutan apapun lagi. Eh kecuali kalau fotokopi disana ya. Itu mah bayar lagi. Kalo enggak, gak ada sama sekali. Dan alurnya juga jelas. Antriannya juga jelas. Di panggilnya juga jelas. Cuma pastiin jangan sampai kelewat ya nomor antriannya. Karena kalo kelewat, harus minta nomor antrian lagi kayaknya.

Oh iya, kalau ternyata kita sudah daftar online dan ternyata kita tidak berhalangan datang pas hari yang sudah kita pilih, kita masih punya waktu 5 hari kerja sejak jadwal kedatangan kita. Jadi misalnya kalau jadwal aku tanggal 14 dan ternyata aku gak bisa, batas untuk datang ke Kanim dan melanjutkan proses adalah hari Jumat tanggal 18. Jika lewat dari hari Jumat, maka permohonan akan di hapus dan pembayaran yang sudah kita setor hangus. Artinya kita harus daftar ulang dan bayar lagi.

Sekian share dari saya. Jadi gak sabar mau ambil paspor baru. 🙂

 

 

10 thoughts on “Pengalaman Membuat Paspor Online – December 2015

    1. Hahahah.. Ini baru emaknya yang buat.. Anak2 sama bapaknya belom. Lagi test dulu soalnya. Hehehehe.. Iya ih.. Kalo lebih cepet dan lebih mudah gini, gak perlu ya calo. Dan biayanya resmi pula. Seneng deh. 🙂

  1. Kalau daftar online cepat ya proses di imigrasinya. Cuma lama/butuh sabar saat di depan laptopnya…pas masukin data sistemnya suka lama bacanya…:)
    Anyway makasih infonya ya, mba…

    1. Hehehehe.. Iya. Captcha nya suka bikin emosi. Kmaren juga sempet ngulang karena ternyata gak ter-record. Tp gpp sih. Daripada nunggu yg kelamaan di Kanim. Sama-sama mba. 🙂

  2. halo selamat sore mba, kebetulan saya juga lagi buat passport online dan bermasalah juga nih di captcha nya yang bikin emosi hhh, ada saran ga untuk menanggulangi captcha nya itu? makasi mba

    1. hallo mba Titi. Kalau untuk captcha, kemarin sih gak terlalu bermasalah. Sempet eror tapi abis itu langsung ok kok. Dari yang aku baca, banyak juga mengalami yang sama. Dan caranya ya memang harus sabar untuk nunggu dan ulang-ulang aja sih. Sambil doa juga. Semoga bisa cepet ok ya. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.