Ngobrol Cantik : Road To Professional Blogger

Hari Sabtu yang lalu, saya beruntung bisa ikutan acara Ngobrol Cantik : Road To Professional Blogger – Insights from Advertiser & Social Influencer yang di adain sama Blogger Perempuan Network di Loop Station Mahakam. Acara ini heboh banget, banyak banget peminatnya. Bahkan gak sampai 1 jam dari pendaftaran di buka, udah langsung sold out aja tiketnya. Luar biasa.

kakira_1202
Picture from Blogger Perempuan Network

Karena sebelum ini aku sempet ada acara lain, jadi dateng ke venue agak telat. Walaupun demikian, masih dapet banyak banget informasi yang ok dan kece. Berikut aku share ya poin yang aku dapet plus aku tambahin sedikit dari hasil menelusuri timeline twitter. 🙂

Acara hari itu dibuka oleh sambutan dari mba Shinta Ries. Mbak Shinta juga menjelaskan mengenai Blogger Perempuan. Blogger Perempuan memiliki visi dan misi untuk mengembangkan potensi para blogger perempuan yang menjadi membernya, baik itu travel blogger, fashion blogger, dan lain sebagainya. Dan untuk mendukung visi dan misi tersebut, Blogger Perempuan dibuat sebagai Network, bukan komunitas sehingga para membernya bisa melakukan networking untuk lebih mengembangkan jaringan blognya. Untuk mempertegas hal ini, maka Blogger Perempuan melakukan re-branding menjadi Blogger Perempuan Network. Tim Blogger Perempuan Network ini terdiri dari 7 orang, dimana masing-masing mempunyai keahlian dan tugas yang berbeda. Kece yaaa..

Nara Sumber yang di hadirkan untuk acara kali ini ada 3, yaitu Mas Toro cumilebay.com, Mbak Nunik Rahmawati dan Mas Joko Sumitro dari Tokopedia.  Mas Toro ini adalah seorang travel blogger yang terkenal dengan… Foto kancut. Hahahahah.. Agak lebay yaa.. Tapi justru itu yang malah membedakan mas Toro dengan travel blogger lain. Sebetulnya branding ini terjadi secara tidak sengaja. Ini terjadi karena kebetulan mas Toro ini suka travelling. Travellingnya ke pantai dan kalau di pantai, pakaian favoritnya ya pakai kancut itu aja. Dan secara tidak sengaja, malah itu yang akhirnya jadi branding mas Toro. Selain itu, salah satu ke”lebay”annya adalah blogpostnya yang selalu berwarna-warni dan agak nyeleneh. Sebetulnya, warna-warni itu selain untuk menarik perhatian pembaca, itu adalah salah satu poin penting yang ingin di tonjolkan oleh mas Toro. Jadi ternyata gak cuma asal-asalan aja ya.

Dalam membuat suatu branding, cari sesuatu yg beda. Kalau ada orang yang nyinyir, berarti lo udah jadi ‘seseorang’. Jadi jangan takut kalau ada yang nyinyir. It is ok to be unique. Justru dengan keunikan mas Toro itulah yang membuatnya jadi banjir job dari agency. Kenapa? Karena agency mencari sesuatu yang berbeda, yang berkarakter dan unik. Foto bagus, banyak. Konten bagus, banyak juga. Makanya kita harus mencari sesuatu yang unik. Kan sayang kalau kita udah nulis panjang-panjang lalu sia-sia karena gak ada yang baca. *mangut-mangut*

Ngeblog buat Mas Toro adalah untuk berbagi kebahagiaan. Karena ia ingin semua orang senang. Jadi isi di blognya semuanya yang hepi-hepi. Gak ada tuh postingan yang mendayu-dayu. Selain itu, Mas Toro juga suka membuat insight yang berbeda dengan sudut berkesan ‘jahat’, padahal gak jahat. Kalau ada haters? Cuek aja. Justru mereka yang bikin blog kita jadi makin berkibar, traffic blog naik. Dengan adanya haters, justru itu akan membuat diri kita terpacu untuk jadi lebih baik.

Bagi Mas Toro, blogwalking itu penting karena itu adalah cara buat menghargai orang lain yang sudah meluangkan waktu untuk berbagi komentar di blog kita. Selain itu, blogwalking adalah salah satu cara untuk dapat pembaca. Blogwalking juga salah satu bentuk pertanggung jawaban blogger supaya tulisan berbayar dari agency bisa dibaca oleh banyak orang. Aktivitas blogwalking, sharing link blog di social media dan berbalas komen adalah hal WAJIB yang dilakukan mas Toro.

kakira_1204

Acara kemudian di lanjutkan oleh sharing dari Mbak Nunik dari Provetic. Provetic adalah konsultan yang berbasis data social media seperti twitter, jadi Provetic bukan agency ya. Core business Provetic adalah konsultan, membangun narasi/image dari suatu produk. Provetic mulai menggunakan blogger sejak tahun 2014. Posisi blogger saat ini hampir setara dengan media mainstream sebagai penyampai informasi. Agency biasanya akan melirik blog yang sesuai dengan brand atau konsep yang di tuju. Selain itu, di lihat juga dari segi konten, apakah menarik, apakah update, dan lain sebagainya. Beberapa agency juga masih melihat posisi blog kita di alexa rank, walaupun tidak semuanya seperti itu ya. Ada juga yang melihat posisi domain authority, klout, dan lain sebagainya.

Sebagai seorang blogger, kita juga harus ingat bahwa kita adalah influencer untuk blog sendiri. Jadi kita harus aktif juga di social media untuk sharing mengenai blog kita. Jadi buzzer untuk blog kita sendiri. Menurut mba Nunik, blogger masih dinilai sebagai media yang menyampaikan Informasi secara jujur. Untuk masalah fee, advertiser melihat dari beberapa aspek, antara lain proses. kreativitas, dan effort tenaga waktu pikiran. Blogger dibayar karena agency menghargai prosesnya penulisan yang sudah dilakukan.

Berbicara tentang social media, blogger dan social media adalah satu kesatuan, kredibilitas harus di bangun lewat social media jadi social media tetap harus dijalankan. Sebagai professional blogger artinya kita harus bisa memaksimalkan semua platform sosial media kita. Kenapa? Karena keaktifan seorang blogger dilihat dari seberapa sering ia mainkan sosial medianya. Selain itu, harus di perhatikan juga, menulis, konsistensi dan attitude yang baik adalah salah satu kunci untuk menjadi blogger yang profesional. Jadi harus bisa jalin hubungan yang baik juga ya dengan agency.

Tips blogging secara profesional dari mbak Nunik:

  1. Siapkan mental. Kita harus siap mental untuk menjalani profesi ini. Karena seperti kata mas Toro, bakalan ada haters, selain itu, kita juga harus siap mental jika kita tidak dapet job dari agency. Harus bisa konsisten, jangan latah juga. Kita harus berpegang teguh sama branding kita.
  2. Menulis pakai hati, kalau menulis blogpost, jangan asal tulis. Sesuatu yang di tulis dari hati, akan memiliki hasil yang lebih baik dan pesan akan tersampaikan dengan lebih baik.
  3. Networking. Cari kenalan, bergaul, hadir di beberapa acara, gabung komunitas.
  4. Respon email lebih cepat. Agency biasanya akan menghubungi kita via email. Oleh karena itu, pastikan kita membalas email dengan lebih cepat daripada kita membalas sms.
  5. Aktifkan social media. Isi bio di social media kita dengan baik. Gunakan nama asli, jangan nama alias.
  6. Attitude harus di jaga. Jadilah pribadi yang humble dan menyenangkan.
  7. Ketika sudah di hire oleh suatu brand, secara tidak langsung kita otomatis menjadi brand ambassador dari brand tersebut. Jadi kalau kita tidak suka, jangan nyinyir ya.

Setelah mbak Nunik, sharing session di lanjutkan oleh mas Joko Sumitro dari Tokopedia. Awalnya, Tokopedia tidak menggunakan blogger untuk promosi, tapi menggunakan buzzer. Namun melihat pengaruh blogger, akhirnya Tokopedia mulai bekerjasama dengan para blogger untuk meraih enggagement lebih banyak. Para blogger dinilai sangat efektif dalam menghasilkan rating dan penjualan yang baik.

Blogger yang di cari oleh Tokopedia, yang pertama adalah memiliki identitas sendiri atau domain pribadi. Selain itu, blog yang di cari adalah yang sering melakukan interaksi dengan pembaca. Selain kedua hal tersebut, Tokopedia mencari blog yang isinya bukan melulu iklan. Harus seimbang antara konten pribadi dan iklan. Untuk menjadi blogger yang profesional, saran dari mas Joko adalah harus belajar mengenai SEO (Search Engine Optimization) supaya bisa bersaing dengan ratusan ribu blogger lainnya. Dengan kita mengetahui tentang SEO, maka blog kita akan semakin kompetitif. Caranya yaitu dengan optimasi pencarian keyword.

Dalam menulis review, review yang menarik adalah yang di buat dengan jenis story telling sehingga tidak terlalu terlihat bahwa itu adalah sponsored post.  Hindari hard selling dan penyebutan produk yang berulang-ulang. Awalnya memang sedikit sulit untuk membuat review yang halus. It takes time and a lot of practice. Jadi buatlah review yang banyak. Tidak harus di bayar, tapi untuk latihan.

Banyak banget info yang di dapet dari sesi yang tergolong sebentar ini. Seneng banget deh.

Terima kasih Blogger Perempuan Network untuk acara Ngobrol Cantik-nya. 🙂

picture from Blogger Perempuan Network
picture from Blogger Perempuan Network

 

22 thoughts on “Ngobrol Cantik : Road To Professional Blogger

    1. Iya seruu. Kalo kapan lagi adanya, aku juga kurang tau. Subscribe newsletter di bloggerperempuan aja biar dapet infonya. Di blast ke email kok ini infonya. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.