Merubah TV Biasa Menjadi Smart TV Dengan Kata Box

Hari Jumat, 06 November 2015 yang lalu saya mendapatkan undangan melalui Kumpulan Emak-Emak Blogger untuk menghadiri acara peluncuran Kata Box di Sere Manis, Sabang, Jakarta Pusat.

DSC_0150
David Zhong Chen, CEO & Founder Kata Digital dan Alex Prasetio, General Manager Kata Digital Indonesia

Di acara tersebut hadir Mr. David Zhong Chen, Founder and CEO Kata Digital. Sebelum memperkenalkan produk Kata Box ini, beliau menjelaskan sedikit mengenai Kata Digital. Perusahaan yang memiliki lambang ikan koi ini didirikan pada tahun 2009 dan berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan yang pada awalnya hanya menyediakan layanan panggilan ke pelanggan ini sudah berkembang pesat menjadi perusahaan yang kini memproduksi smartphone dan juga tablet. Perusahaan ini sudah berkembang dan memiliki cabang di beberapa negara, yaitu Kanada, Hongkong, Filipina, Singapura dan Indonesia.

DSC_0205
David Zhong Chen, CEO & Founder Kata Digital

Seiring perkembangan jaman, perangkat teknologi semakin marak dan semakin canggih. David, yang memiliki visi untuk membawa inovasi menjadi sesuatu yang nyata dan mungkin, melihat peluang untuk berinovasi dan menciptakan sebuah perangkat yang dapat menggabungkan fungsi dari beberapa perangkat yang biasa anda gunakan secara terpisah menjadi satu.

Fungsi dari Televisi, Game Console, Personal Computer/PC di gabungkan menjadi satu dalam sebuah perangkat yang di namakan Kata Box. Sesuai dengan tagline, Making Life Easy, Kata Box di hadirkan untuk mempermudah hidup anda dan akan memberikan pengalaman baru di dunia digital anda.

DSC_0193

Kata Box menggunakan platform Android, dilengkapi dengan Mali-450 dan prosesor 1,5GHz quad-core Amlogic S805. Operating system yang di gunakan adalah Kitkat 4.4. Memiliki internal built-in RAM 1GB + 8GB ROM. Untuk memorinya, bisa di tambahkan dengan micro SD card hingga 32GB atau jika anda ingin mendapatkan memori lebih banyak lagi, anda dapat menghubungkan Kata Box dengan external HDD anda.

Untuk permainan dan aplikasi, anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store anda, sehingga jumlah aplikasi dan game yang dapat di mainkan sangat banyak.

Menarik banget kan. Semua keunggulan dari Kata Box ini bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp. 980.000 untuk Kata Box dan juga 1 buah joystick. Untuk layanan purna jual, garansi dari Kata Box berlaku untuk Internasional. Jadi selain di Indonesia, garansi tersebut berlaku juga di Kanada, Hongkong, Filipina, Singapura. Untuk di Indonesia sendiri, layanan purna jualnya berada di ITC Roxy Mas.

Saya beruntung mendapatkan kesempatan untuk langsung mencoba Kata Box ini di rumah. Tentunya bukan hanya saya yang senang, tapi Udjo juga. Karena dia adalah salah satu pengguna aktif dari segala hal yang berbau digitial dan komputer.

DSC_0259

Dan kali ini, saya mau sedikit membahas mengenai Kata Box dari dua sisi. Dari sisi saya, sebagai pengguna awam dan Udjo sebagai pengguna yang cukup familiar dengan dunia Teknologi Informasi. 🙂

Udjo’s Review

Packaging : modern dan minimalis. Kotak didominan dengan warna putih, sehingga terasa sangat elegan. Peletakan di dalamnya pun sangat rapih (Kata Box, remote dan buku petunjuk).

DSC_0245

Console : Dinominasi dengan warna hitam, Seluruh port yang digunakan disusun secara rapih pada sisi belakang console, sehingga memudahkan kita untuk melakukan instalasi. Bagi orang yang sangat concern dengan kerapihan, hal ini cukup membantu karena kabel ada di sisi belakang sehingga memudahkan kita untuk menyembunyikan kabel-kabel tersebut.

DSC_0247

Operating System : KataBox ini menggunakan OS KitKat 4.4 dengan tampilan home yang super simple. Sehingga pada saat pertama kali menggunakan tidak perlu waktu yang lama untuk melakukan penyesuaian ketika menggunakannya. Proses installasi pertama kali juga sangat mudah, hanya perlu mencolokkan adaptor pada listrik kemudian tunggu Kata Box-nya menyala. Sebagai catatan, pada saat pertama kali dinyalakan, Kata Box membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit untuk proses booting. Setelah proses booting selesai, Kata Box akan meminta untuk melakukan update aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya.

DSC_0257

Performance : Performance Kata Box secara keseluruhan sangat bagus, aplikasi aplikasi bawaan yang ada di dalamnya juga bukan aplikasi yang rakus resources. Untuk menjalankan aplikasi aplikasi bawaan tidak terasa penurunan performance.

DSC_0255

Aplikasi:

  • Mega VPN pada saat menerima KataBox, aplikasi ini yang berulang kali dibicarakan oleh Mira. Sejujurnya aplikasi ini adalah aplikasi yang menurut saya tergolong biasa saja. Karena aplikasi ini adalah aplikasi yang memungkinkan kita merubah IP Indonesia yang digunakan kita pada saat ini menjadi IP negara yang lain. Sehingga kita dapat mengakses site yang melakukan pembatasan secara region.
  • Netflix adalah site untuk streaming acara acara yang ada di Amerika. Site ini sebetulnya menarik, hanya saja karena saya lebih sering melakukan streaming dari site yang berbeda, jadi site ini kurang menarik bagi saya.

DSC_0274

Keunggulan:

  • Kata Box ini mengubah TV kita menjadi Smart TV. Biasanya saya suka menyambungkan Notebook ke TV menggunakan kabel HDMI untuk bekerja, bermain game dan hanya sekedar browsing atau menonton youtube. Akan tetapi yang menarik dengan menggunakan Kata Box ini saya dapat menonton youtube dengan menggunakan remote, rasanya seperti kita menonton acara di televisi akan tetapi kita memegang kontrol penuh apa yang ingin kita tonton (tidak tergantung dengan schedule dari stasiun televisi).
  • Kata Box memungkinkan kita untuk menambah kapasitas storage menggunakan micro SD card. Yang saya lakukan adalah saya memasang sebuah flash disk berisi video. Kata Box tidak memiliki masalah untuk mengenali flash disk ini dan menjalankan video-video yang berada di dalamnya.
  • User Experience Kata Box ini bisa dibilang sangat berhasil bagi saya. Mengapa saya bilang seperti ini, karena anak saya yang baru berusia 6 tahun dan 3 tahun dapat menjalankan Kata Box, artinya GUI (Graphical User Interface) yang digunakan sangat baik. Yang kurang dari bagian ini adalah touch screen. Sangat mengagumkan jika Kata Box di tipe berikutnya dapat merubah TV biasa menjadi touch screen hanya dengan menggunakan cara yang simpel seperti kabel HDMI ataupun gesture control.

Kekurangan:

  • RAM yang tergolong kecil, akan lebih baik juga Kata Box memasang RAM yang lebih besar di dalamnya sehingga kita dapat dengan leluasa untuk memainkan game yang kita download.

DSC_0278

 

Mio’s Review

Kesan pertama setelah saya menerima Kata Box serupa dengan Udjo. Console berwarna hitam itu sangat praktis dan elegan. Namun, setelah di perhatikan, ternyata di dalam kotak tidak ada petunjuk instalasi. Sehingga akan sedikit menyulitkan pengguna yang tidak familiar dengan alat seperti ini.

Untuk instalsi awal memang memerlukan waktu beberapa saat karena proses booting dan juga proses update dari aplikasi yang ada di dalam Kata Box. Untuk update ini, di perlukan koneksi wifi yang baik karena aplikasinya memerlukan proses download untuk online update.

DSC_0290

Karena saya tidak terbiasa menggunakan joystick, maka penggunaan joystick sedikit menyulitkan untuk saya. Terlebih lagi karena joysticknya sangat sensitif sehingga ketika saya ingin melakukan sebuah aktivitas, harus mengulang beberapa kali karena salah pencet.

Namun setelah semua kesulitan terlewati, saya sangat kagum dan cukup puas dengan Kata Box ini. Karena saya bisa main game, browsing internet, nonton youtube dan bahkan nonton siaran televisi dengan bantuan satu perangkat saja. Saya juga bisa blogwalking dengan cukup nyaman di televisi. Overall, ini adalah pengalaman yang cukup menarik dan menyenangkan. Berkat Kata Box, televisi biasa saya kini sudah berubah menjadi smart tv. Terima kasih Kata Box. 🙂

 

Kata Digital

www.katadigital.com

Facebook: Kata Indonesia

11 thoughts on “Merubah TV Biasa Menjadi Smart TV Dengan Kata Box

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.