Menjelajahi Dunia Tidur Bayi bersama Pampers

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat undangan untuk hadir di acara Jelajah Dunia Tidur bayi bersama Pampers di Hotel Le Meridien. Acara di awali dengan display mengenai sejarah Pampers. Ternyata, Pampers itu sudah ada sejak lebih dari 50 tahun yang lalu loh, dan di Indonesia sendiri, Pampers sudah hadir selama 15 tahun. Ih.. Kemana aja ya gw sampai baru tahu begitu. DSC_0139Gak heran ya kalau Pampers itu sekarang sudah jadi Top Of Mind jika kita berbicara mengenai popok sekali pakai. Tahunya top of mind gimana? Simple.. Kalau kita mau beli pospak, seringnya ngomong mau beli apa? Pampers kan. Padahal Pampers itu adalah brand, jadi jelas dong kalau Pampers itu udah jadi top of mind kalau kita ngomongin tentang popok sekali pakai.

DSC_0145

DSC_0160

Pada acara kali ini, di jelaskan mengenai masalah pentingnya tidur pada bayi oleh Dr.dr.Soedjatmiko, SpA(K). Kita harus ingat bahwa tidur pada bayi dan balita bukan hanya menghilangkan lelah saja, pada saat bayi dan balita tidur banyak proses yang terjadi yang sangat penting untuk tumbuh kembangnya.

Dalam aktivitas tidur terdapat dua siklus penting yaitu REM (rapid eye movement) dan Non REM (non – Rapid eye movement). Fase REM adalah fase saat bayi tertidur dengan keadaan bola mata, tangan, jari-jari yang kadang bergerak. Pada fase ini terjadi proses konsolidasi emosi dan kognitif. Segala pengalaman yang ia dapatkan pada hari tersebut, baik senang atau sedih, semua akan disimpan di dalam otak, untuk dapat digunakan di kemudian hari. Bila siklus ini terganggu, perkembangan emosi dan kognitif bayi bisa terganggu sehingga nantinya ia akan sulit menyerap informasi dari lingkungannya. Biasanya kalau terganggu, bayi akan menjadi rewel. Oleh karena itu pertumbuhan otak bayi lebih banyak dipicu pada fase ini. Sementara fase Non REM adalah fase saat pertumbuhan fisik bayi terjadi. Dalam fase ini, hormon-hormon pertumbuhan akan meningkat, seperti berat badan dan tinggi badan. Hingga usia 3 tahun, bayi memerlukan siklus REM selama 4-5 jam pertama saat bayi tertidur dan kemudian dilanjutkan oleh fase non REM.

DSC_0279

Terima kasih Pampers. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.