Blogger Camp 2015: Membangun Kredibilitas Blog

Untuk memperingati hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2015, di adakanlah acara Blogger Camp Indonesia 2015. Acara ini serentak di adakan di 4 kota, yaitu di kota Jakarta, Purwokerto, Surabaya dan Makassar.

DSC_0151

Dari sejak awal tau mau di adain, langsung tertarik. Alhamdulillah gak harus ikut rebutan daftar karena menang kuis undangan langsung ke acaranya plus kamera dari Qwords.com. Yeayyy.. 🙂

Sebelum berangkat, para blogger kumpul dan registrasi dulu di Harris Tebet Hotel. Disana, kita di ajak keliling hotel untuk melihat fasilitas yang di sediakan oleh Harris Tebet. Ternyata menarik juga ya. Pas lagi keliling ini, ada kuis juga yang hadiahnya voucher menginap di Tauzia Hotels. Ih.. Belum berangkat udah banjir hadiah aja. Seru banget.

DSC_0108

Setelah registrasi, kita di berikan goodiebag yang isinya kaos dari utees,me dan souvenir dari Tauzia Hotels. Selama perjalanan dengan menggunakan bis dari Blue Bird Group, di adakan juga beberapa kuis yang hadiahnya antara lain dari Tauzia Hotels, Blue Bird Group dan Sunpride. Tuh kan.. Belum apa-apa udah banjir hadiah lagi.

Sampai di Camp Hulu Cai, kita langsung di ajak makan malam. Kemudian pembagian tenda dan acara bebas. Setelah itu, kita semua kumpul lagi di depan api unggun untuk mulai acara sharing session.

DSC_0196.jpg

Di acara sharing session ini, kita juga kedatangan Pakde Mbilung dan Ndorokakung yang ikutan sharing mengenai pengalaman bloggingnya. Menurut Ndorokakung, tulisan yang menarik itu adalah tulisan yang mengalir seperti orang berbicara. Dapat membuat orang berimajinasi dan terhanyut. Selain itu, tulisannya juga harus runut, tidak terlalu panjang dan tanda baca serta kalimatnya di perhatikan. Jadi gak bisa tuh typo atau tulisan alay ya. Pusing bacanya.

Selain sharing session, ada juga sharing dari teman-teman NET Media yang bercerita mengenai NET Citizen Journalist. Nah, untuk teman-teman yang mau jadi journalist amatir, bisa tuh coba cek langsung ke websitenya tentang bagaimana caranya. Dan untuk video yang terpilih, akan mendapatkan imbalan loh. *langsung daftar*

Acara di lanjutkan dengan sharing mengenai sejarah Blue Bird Group oleh pak Teguh dan pak Harto dari Blue Bird Group. Kemudian teman-teman dari utees.me juga ikut sharing mengenai produknya. Acara Blogger Camp hari pertama di tutup dengan live accoustic dari Tito.

PicsArt_10-26-10.53.59

Acara hari kedua, di mulai dengan sambutan dari panitia, Mas Matahari Timoer, yang menjelaskan latar belakang dari di adakannya acara ini sekaligus memperkenalkan para steering comittee yang hadir.

DSC_0351.jpg

Setelah sambutan, acara di lanjutkan dengan pemutaran video mengenai Indosat Love. Indosat Love sendiri adalah program dari Indosat dimana kita bisa bekerjasama dengan brand untuk menjadi buzzer, dan lain sebagainya. Ih seru banget ya. Oh iya, ngomongin Indosat, selama di Blogger Camp 2015 ini aku gak kesulitan dalam hal komunikasi atau sinyal karena aku pakai Indosat loh. Ih seneng deh. Sinyalnya tetep kuat, bisa bebas upload foto dan video ke social media, bahkan untuk blogging juga bisa. Tentunya ini karena Indosat sudah menggunakan jaringan Indosat Super 4G-LTE yang memiliki kecepatan download dan upload 3 kali lipat lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Nah karena jaringannya lebih cepat, jadi aku bisa download dan upload tanpa putus, bisa streaming lebih lancar, bahkan bisa koneksi multi device lebih cepat. Ah.. Aku senang. 🙂

DSC_0378.jpg

Acara kemudian di lanjutkan dengan nara sumber Iman Brotoseno, Nirwan Dewanto, Maulana Nurhadi. Di acara kali ini sharing mengenai bagaimana menjaga kredibilitas blog seseorang. Ternyata, supaya blog di katakan kredibel, yang paling utama adalah isi atau kontennya harus benar atau tidak asal-asalan. Lebih baik jika kita memiliki spesialisasi tertentu supaya lebih terfokus. Dan dalam penulisan, harus juga memperhatikan ejaan yang benar dan tata cara penulisan yang baik. Jika kita ingin menulis hal lain, boleh saja, tapi kita tetap harus mengambil benang merah ke bidang yang menjadi spesialisasi blog kita. Hal ini untuk menjaga supaya kredibilitas tetap terjaga.

PicsArt_10-27-02.28.43

Setelah itu, acara di lanjutkan dengan sharing dari mas Muhammad Imran yang bercerita tentang pengolahan data untuk blog dan twitter.

Acara Blogger Camp 2015 ini amat sarat pengetahuan baru. Seru banget, bisa berkumpul dan ketemu blogger-blogger lain. Nggak nyesel deh ikutan Blogger Camp kali ini.

Selamat Hari Blogger Nasional teman-teman. 🙂

 

4 thoughts on “Blogger Camp 2015: Membangun Kredibilitas Blog

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.