Awal Yang Baru

Seperti yang sudah biasa terjadi, dalam kehidupan kita pasti akan mengalami sesuatu hal yang baru. Tapi kadangkala terjadi juga sesuatu yang sudah kita jalani, tiba-tiba terputus lalu kita harus mengulanginya dari awal lagi dan menjadi awal yang baru lagi.

udjomio_1

Kalo aku, yang lagi terasa banget ya blog ini. Awalnya aku jalanin proses blogging di udjomio.blogspot.com. Tapi kemudian Udjo nawarin untuk pindah ke self hosted blog. Ok. Pindah. Tapi untuk nama, awalnya galau, lalu akhirnya Udjo yang pilihin dan terjadilah kakira.my.id ini. Jadi inilah asal usul nama blog ini. Kenapa milih belakangnya my.id, aku juga gak paham. Pokoknya tau beres, tau jadi aja. Hahahahah.. *dikeplak Udjo*

Nah.. Setelah itu, mulailah dengan segala proses migrasinya. Karena Udjo milihnya blog ini di jalanin di wordpress, bukan di blogspot. Jadi mau tak mau, saya harus belajar dan membiasakan diri lagi sama wordpress. Sebenernya, karena aku pernah beberapa kali nulis di The Urban Mama yang juga pake wordpress jadi aku sedikit familiar, walaupun kalau untuk utak atik masih belajar lagi. Sama mbah gugel.

Nah.. Singkat kata, akhirnya mulai deh tuh kakira.my.id di pake buat blogging. Termasuk daftar di beberapa blogging group. Tapi teruuuuss.. Sempet beberapa kali “cegukan” alias ada trouble yang menyebabkan sitenya down. Pas bangeeett waktu itu udah di kasih tau kalau aku menang salah satu kompetisi blog tapi kalo blognya gak nyala bakalan di anulir. Aduh mamak.. Paniknya saya.. Udah mau nangis aja rasanya. Untungnya.. Saat itu berhasil di resolved, dan aman. Jadi tetap di nyatakan menang blog competition dan blognya nyala.

Waktu itu udah mulai feeling not so good. Akhirnya aku bikin blog sekunder kakiramyid.wordpress.com yang isinya ya duplikatnya blog yang ini. Tujuannya ya kalo sampe.. Ada apa-apa sama blog ini, masih punya back up lagi di blog lain. Jadi selain data back-up yang Udjo lakuin tiap minggu, aku juga rutin migrasiin postnya dari sini ke situ. Well.. Awalmya rutin.. Tapi trus kebablasan kelupaan. Karena aku mikir gak bakalan ada trouble lagi sama server dan kawan-kawannya. Jadi aman deh.

But I was wrong.. April lalu, servernya crash dan agak lama di betulinnya. Dan akibatnya.. Kakira.my.id ini down dan ngambang gak jelas. *mewek*

kakiramyid_1

Dan pada saat itu, akhirnya kakiramyid.wordpress.com yang tadinya di private pun muncul ke dunia maya. Sayangnya.. Post terakhir yang sempet aku migrasi adalah post bulan januari. Duh mak.. Mau nangis banget deh jadinya. Pada akhirnya.. Aku semacam terpaksa mulai lagi dari awal di blog itu. Apalagi.. Saat itu aku udah mulai sering pake alamat email yang kakira.my.id itu. Jadi otomatis kalo ada yang email ke sana ya wassalam. Huhuhuhuhu. Galau banget deh.

Tapi seiring perjalanan, Alhamdulillah masih dapet undangan dan bisa ikut beberapa event karena di beberapa kumpulan blog atau orang event yang aku kenal, mereka taunya alamat email yahoo atau ya di membership forum. Otomatis masih bisa tetep berhubungan.

Dan bulan kemarin, akhirnya kita berhasil menghidupkan lagi si kakira.my.id. Setelah migrasi lagi dan rapih-rapihin sana sini. Buat penyegaran dan biar lebih keliatan kece, aku juga bikin “logo” baru hasil utak utik di photoshop dan belajar sama mbak yutub. Lumayan deh ya.

Anyway.. Sambil jalan, masih banyak yang mau aku rapihin. Kayak bikin index 571 post dari tahun 2009 sampe tahun 2015 yang kayaknya gak selesai-selesai ini. Ampyun deh.. Nulis apaan aja sih gue. Hahahahah.. Kalo index ini, terinspirasi dari Fifi Alvianto setelah ikutan workshop sama beliau dan IHB beberapa waktu lalu. Tapi ya.. Sumpah deh.. Berasa lelet banget gue bikin indexnya. Gak selesai-selesai. Untuk tahun 2015 sendiri sih udah selesai. Cuma yang tahun-tahun sebelumnya.. Masih on process..

Jadi.. Sekarang akhirnya aku memulai lagi kakira.my.id dari awal.. Dengan segala pageviews dan statistik dan segala macem seo yang udah jungkir balik gak karu-karuan. Not that I’m so into that thingy so much, but hey.. Sometimes it is asked and needed to be previewed.. So mau gak mau harus merhatiin juga kan.

kakiramyid

Anyway.. This is it.. This is my new begining of kakira.my.id. Semoga kedepannya gak ada trouble lagi.. Jadi bisa lancar terus proses bloggingnya. Dan bisa tetep jadi wadah aku cerita tentang keluarga kecil ini dan segala yang terjadi di sekitar kita. Because for me, parenting involve many aspects. That’s why my blog is about family, parenting and everything in between.

Bismillahirrahmaanirrahiim..

9 thoughts on “Awal Yang Baru

    1. Iya, dulu karena masalah server itu.. Jadinya gitu deh.. *sedih*. Aamiin. Terima kasih yaa.. 🙂

      Kalo sekarang sih masih menyesuaikan pake WP, lebih user friendly blogspot sih. Tapi ya prinsipnya serupa jadi sama aja kayaknya. 😀

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.