UHT Untuk Anakku

Siapa yang suka minum susu? Saya… Biasa aja sih. Hehehehe.. Tapi kebetulan Udjo dan K1 itu maniak susu banget. Kalo K2 baru akhir-akhir ini nih mulai mau banyak minum susu.

Sebagai ibu, tentunya kita akan sangat peduli terhadap keluarga kita, termasuk segala makanan yang di konsumsi. Baik itu cara pengolahannya, pembuatannya sampai pengemasannya. Nah gara-gara suka nonton tentang pengolahan makanan dan pabrik di televisi, aku jadi penasaran banget pengen tau gimana pengolahan dan pengemasan susu UHT yang ada di Indonesia. Pucuk di cinta, ulam tiba.. Pas banget beberapa waktu yang lalu, aku di ajak sama Mommies Daily untuk ikut “Factory Visit ke Pabrik Ultra Jaya Bersama Tetra Pak“. Langsung semangat berat dong. Hehehe.. 🙂

Sebelum berkunjung ke pabrik, kita kumpul dulu di kantor Female Daily lalu bersama-sama naik bis ke pabrik Ultra Jaya di Padalarang. Dan ternyata, tempatnya gak terlalu jauh euy dari tempat kita “liburan” pas Lebaran kemarin. Ih tau gitu, kemarin main-main kesana deh. *ya gak mungkin deh Mir* 😀

Selama di perjalanan, kita di kasih kuis dan di kenalin sama game baru nih. Game Tap n Grow dari Tetra Pak yang bisa di download di App Store atau di Google Play. Cara mainnya juga mudah kok. Dan sedikit bocoran nih.. Coba cek twitter dan facebooknya Tetra Pak deh.. Disana lagi ada kompetisi highest score Tap N Grow loh. Yang menang bisa dapet hadiah dari Tetra Pak. Sok atuh geura di donlot. 🙂

Screenshot_2015-08-22-08-49-58

Begitu sampai di pabrik, kita di sambut dengan snack box yang tentunya di lengkapi dengan susu Ultra. Nyaaammm… 🙂

DSC_0633Dan gak lama, acara di buka sama Mba Inge sang MC hari ini. Lalu di lanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Kamelia dari Tetra Pak. Dan tau gak sih.. Ternyata Ultra Jaya itu adalah customer pertama dari Tetra Pak loh. Jadi Tetra Pak itu ada di Indonesia karena Ultra Jaya. Wih.. Customer yang setia yaa..

Kenapa UHT?

Susu cair bisa di olah dengan beberapa cara, dan salah satu cara yang paling sering kita dengar adalah dengan cara Pasteurisasi dan UHT.

uht vs pasteurisasi

Proses pasteurisasi adalah proses pemanasan dengan tujuan membunuh mikroorganisme penyebab penyakit, tetapi panasnya tidak cukup untuk membunuh semua bakteri pembusuk. Susu pasteurisasi pada umumnya hanya dapat bertahan sekitar 2 minggu dan perlu disimpan dalam kulkas (sekitar 8 – 10°C).

Proses UHT (Ultra High Temperature) adalah pemanasan pada suhu tinggi (140°C) tetapi dengan waktu yang sangat singkat (4 detik). Teknik pemanasan UHT efektif sekali membunuh mikroorganisme dan kuman penyebab penyakit beserta sporanya yang ada di dalam susu, namun tetap menjaga keutuhan zat gizi susu. Dan karena proses pemanasan itulah yang akhirnya membuat susu menjadi steril, sehingga bisa di simpan maksimal 10 bulan dalam suhu ruangan.

Aseptic Packaging

Setelah susu di olah, tentunya ada proses pengemasan. Nah proses pengemasan juga berperan penting dalam menjaga kualitas produk susu. Salah satu proses pengemasan adalah dengan Aseptic Packaging.

Mbak Jessica dari Tetra Pak menjelaskan aseptic packaging adalah proses pengemasan dimana produk dan kemasan di sterilisasi secara terpisah. Kemasan akan di sterilisasi menggunakan hidrogen peroxide. Walaupun demikian ibu-ibu tidak usah khawatir, karena setelah di sterilisasi, hidrogen peroxide ini akan di uapkan hingga kadarnya 0, jadi aman untuk di konsumsi manusia. Setelah susu dan kemasan di steril, proses pengemasan di lakukan di Aseptic Zone yang merupakan zona steril dari bakteri dan mikroorganisme sehingga tidak memungkinkan terjadinya kontaminasi mikroorganisme di dalam produk atau kemasan.

picture from here

Berbicara tentang kemasan, tentunya untuk melindungi produk di dalam, kemasannya juga harus khusus ya, tidak bisa sembarangan. Kemasan yang di gunakan oleh Tetra Pak terdiri dari 6 lapis dimana tiap lapisan memiliki fungsi khusus seperti yang bisa di lihat di gambar atas.

Jadi dengan proses dan teknologi pengemasan Aseptik, nutrisi alami yang terkandung di dalam susu dapat terjaga. Selain itu, karena proses dan teknologi pengemasan Aseptik, maka susu tidak memerlukan lagi bahan pengawet dan penyimpanan di kulkas. Ringkes dan gak bikin repot ya.

Widih.. Ternyata di balik sebuah produk ada banyak ceritanya (dan teknologinya) yah. Ih.. Jadi mau minum susu apalagi udah makin yakin kalo satu kotak susu UHT itu mengandung segala kebaikan alami dari susu dan aman. Jadi.. *minum susu ultra strawberry* 😀

Factory Tour Ultra Jaya

Sebelum kita tour di dalam pabrik Ultra Jaya, kita di berikan sedikit pengantar mengenai proses yang terjadi di dalam Pabrik oleh Pak Azwar, Kepala Pabrik Ultra Jaya.

DSC_0682PT Ultra Jaya didirikan sejak tahun 1961 dan merupakan pabrik pertama yang menggunakan Tetra Pak di Indonesia. Untuk bahan baku susu, PT Ultra Jaya menerima pasokan susu segar dari koperasi susu di Jawa Barat dan juga dari peternakan susu Ultra Jaya di Pangalengan. Setiap hari susu di perah dan di kirim ke pabrik untuk kemudian di olah. Untuk menjaga kualitasnya, susu harus melalui 3 Uji Lengkap yang meliputi Uji Fisik, Uji Kimia dan Uji Keaslian dahulu. Semua susu yang di terima akan langsung di olah dan di kemas, dan ini berlangsung setiap hari, jadi otomatis pabrik Ultra Jaya buka sepanjang minggu, dari hari senin sampai hari minggu.

Nah untuk lebih jelasnya, alur produksinya kurang lebih seperti ini

alur produksiTernyata ya.. Distributor adalah tangan pertama yang memegang kemasan, karena selama proses pengolahan hingga pengemasan sampai penyimpanan di gudang Ultra Jaya itu di lakukan oleh mesin. Mesin yang di gunakan sangatlah canggih dan akan otomatis membuang kotak susu yang cacat atau tidak sempurna. Kotak cacat ini akan dibuang ke keranjang khusus di bawah mesin. Mesin yang ada di Ultra Jaya ini di kendalikan oleh seorang operator. Dan khusus untuk mesin Aseptic Packaging, mesinnya di kendalikan oleh operator profesional dengan standar internasional Tetra Pak. Jadi mereka bisa kerja di mana pun di seluruh dunia untuk mengoperasikan mesin Tetra Pak

11951235_1129382777078872_1223984197056416108_n
group photo sebelum masuk ke dalam pabrik

Pas lagi berkeliling di dalam pabrik aku terpukau banget, apalagi selama ini biasa liat di televisi aja dan pas liat langsung, keren banget yaa.. Sayangnya karena tidak di perbolehkan untuk mengambil foto di dalam pabrik, jadinya aku gak bisa bawa oleh-oleh foto untuk Udjo dan anak-anak. Eits.. Tapi jangan sedih.. Walaupun gak bawa oleh-oleh foto, aku bawa oleh-oleh goodiebag susu dong dari Ultra Jaya. Ihiiyy.. 🙂

11049644_1129383570412126_5083190556435905182_n

Seneng deh bisa nambah pengetahuan, apalagi tentang susu. Jadi makin yakin deh mau kasih anak-anak susu UHT. Apalagi karena nutrisi penting yang di butuhkan dalam tumbuh kembang anak juga terkandung di dalam susu UHT. Tapi sayangnya setelah baca infografis dari Tetra Pak, ternyata konsumsi susu di Indonesia belum terlalu banyak loh. Sayang banget deh. Padahal susu itu bagus loh untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

IMG_1935

Nah.. Makanya ibu-ibu.. Yuk biasain beri anak kita susu UHT. Dan ngomong-ngomong tentang kasih susu UHT, cara pemberian susu UHT gak melulu cuma di minum loh. Bisa di olah juga menjadi suatu masakan. Nah.. Setelah factory visit, Tetra Pak ngajak kita ke Maison Pine Hotel untuk lihat demo masak dari chef Norman Ismail.

DSC_0776

Hohohohoho.. Kece yah chefnya.. Emak-emak langsung pada heboh boh boh liat chef di depan. Asa gak konsen jadinya. Liat demo masak atau liat chef. Hahahaha..

Anyway.. Masakan yang di demonstrasiin itu super gampil dan cepet bikinnya plus bikin laper. Jadi siapa bilang masak itu harus susah dan lama.

DSC_0786

Selain cooking demo, peserta juga di ajak lomba masak. Peserta yang ada di bagi menjadi 5 kelompok dan saya.. Tergabung dalam tim Gemezzz.. (gemes sama gengges beda tipis ya cyin :D)

tim Gemeeezzzz
tim Gemeeezzzz

Dan inilah keriaan kita. 😀

11899861_1129390460411437_6065114389178976964_n

11921659_1129387467078403_2670947396597814759_n

DSC_0796

chef lagi nyobain, untung gak keracunan ya. :D
chef lagi nyobain, untung gak keracunan ya. 😀

Setelah acara masak selesai, gak kerasa waktu udah semakin sore dan waktunya untuk kembali lagi ke Jakarta. Serunya kegiatan hari itu.

Terima kasih ya Tetra Pak, Ultra Jaya dan Mommies Daily. 🙂

 

9 thoughts on “UHT Untuk Anakku

    1. Iya, dari segi rasa juga yg paling enak Ultra Jaya. Hehehehe.. Iyaaa.. Seru pas masak2. Pas lomba pake acara relay pula, jadi 1 tim masaknya ganti2an. Jdnya heboh. 🙂

  1. Seneng banget bisa berkunjung ke pabriknya langsung. Tapi di dalam pabrik ngga boleh foto ya mba???

    Mas Koki bikin ngga fokusss.. hehehhehe.. Kalau ngga salah mas itu anaknya ada 3 deh yah (atau lebih) tapi kelihatan kayak anak muda yaaa..

    1. Iyaa, di dalem pabriknya gak boleh foto. Padahal menarik bangeett. Mas koki anaknya udah 5, laki semua. Walau istrinya hadir juga (karena managernya) tetep aja pada heboh dan salah fokus 😀

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.