K2’s 3rd Birthday Cake

Seperti tahun sebelumnya, aku bikin sendiri kue ulang tahun untuk K2. Kalau tahun sebelumnya bikin bentuk cookie monster, kali ini aku sempet bingung antara mau bikin kue bentuk kereta api atau lego aja. Setelah liat bentuk Thomas yang super banyak detail, akhirnya memutuskan untuk bikin kue bentuk lego aja.

Awalnya mau bikin bentuk susunan lego semua, cuma setelah aku bikin sketsanya kok ya banyak bener ya kotak-kotaknya. Mamak keder. Abis itu coba belanja di toko bahan kue, eh ternyata ada cetakan silikon untuk jelly yang bentuk lego. Langsung bungkus dan re-design sketsanya. Sempet browsing di gugel juga dan yutub untuk cari referensi dan tau gimana cara buatnya.

Setelah “riset” caranya, akhirnya eksekusi deh. Untuk caranya kalau mau liat videonya aku pake yang dari video di https://www.youtube.com/watch?v=ydC2iRHPLgc. Tapi ada beberapa cara yang gak aku pake, seperti alasnya dan juga susunan legonya, karena aku gak terlalu sreg sama cara penyusunan lego di tutorialnya. Jadinya aku bikin pake sketsa awal aku aja. Plus gak bisa sama banget karena aku gak punya peralatan yang kayak di tutorial macam cetakan fondant bentuk lego, spray, embosser bentuk lego, ataupun campuran bubuk untuk fondant itu, aku pake peralatan seadanya aja di rumah. Maklum bukan tukang kue, jadi gak punya perlengkapan kue yang banyak. 🙂

Sebelumnya, aku udah buat pola di karton kecil biar gampang potong-potong bentuk legonya. Untuk pola lego yang di samping (yang bentuk kotak persegi panjang) itu aku pake ukuran panjang 4 cm x lebar 1,6 cm. Dan untuk lego yang bagian atas aku pake ukuran panjang 4 cm x lebar 2 cm.

Bahan yang di butuhin:

  • Alas kue
  • Fondant (putih, merah, kuning, hijau, biru)
  • Cetakan silikon lego
  • Pola kotak
  • Gula halus (untuk membantu supaya fondant tidak menempel pas lagi di bentuk)
  • Pisau
  • Air dan kuas

Caranya:

  • Beri crumb coat atau lapisan frosting di kue supaya rapi. Ketika memberi crumb coat, tidak apa-apa jika tidak terlalu rapi, yang penting seluruh area kue tertutup dan di ratakan. Lalu simpan di kulkas supaya crumb coatnya menempel dengan baik. Untuk kuenya, aku pakai kue coklat di resep kue ultah K2 tahun kemarin. 2x resep untuk 2 lapis kue. Dan frostingnya aku pakai cream chese frosting.
  • Cetak fondant menggunakan cetakan silikon lego yang sudah di beri sedikit gula halus supaya tidak menempel. Untuk variasi, bisa juga di buat beberapa versi lego. Buat beberapa warna (merah, kuning, hijau, biru atau sesuai selera). Sisihkan.
  • Gilas adonan fondant menjadi tipis, lalu buat beberapa pola kotak untuk lego bagian atas dan bagian samping menggunakan pola karton yang sudah di buat sebelumnya. Untuk titik-titik lego, cukup buat bulatan-bulatan kecil lalu tempel di pola lego bagian atas yang sebelumnya sudah di oles air. Untuk lego besar, jumlah titik ada 8, dan yang kecil ada 4 atau ada 2. Buat untuk beberapa warna.

dsc_0973

  • Gilas salah satu adonan fondat berwarna, lalu potong menjadi bentuk segitiga agak besar. Ini akan di gunakan sebagai alas untuk menaruh susunan lego di kue supaya fondant lebih menempel dan sebagai alas jika ada susunan yang tidak rapat, maka tidak akan terlihat bagian kue, yang terlihat adalah lapisan fondant berwarna. Untuk kali ini, aku pakai lapisan fondant berwarna merah.
  • Ambil kue, lalu letakkan fondant segitiga di atasnya dan rapikan. Ambil sudut kurang lebih dari tengah ke samping. Oles dengan air.

dsc_0977

dsc_0978

  • Susun fondant yang sudah di bentuk sebelumnya di bagian atas sehingga bagian atas segitiga tertutup dengan pola lego atas. Cara peletakkannya sesuai selera.
  • Susun fondant yang sudah di bentuk sebelumnya di bagian samping hingga segitiga fondant tertutup. Jangan lupa, cocokkan pola bagian samping paling atas dengan pola lego bagian atasnya supaya terlihat seperti satu bagian lego.
  • Gilas adonan fondant berwarna putih. Lalu buat irisan garis lurus dari bagian tengah. Bagian irisan akan di letakkan di bagian atas segitiga yang sudah di susun pola lego. Tutupi kue dengan fondant potih dan sesuaikan irisan dengan bagian segitiga yang sudah terpasang. Rapikan.
  • Untuk kesan sobekan, cukup sobek-sobek sedikit bagian irisan fondant putih untuk lebih menimbulkan kesan sobek.

dsc_0982

  • Setelah rapi, letakkan lego-lego yang sudah di cetak sebelumnya di atas dan samping kue seperti tumpukan lego untuk hiasan. Dan lego cake pun jadi.

dsc_0999

Untuk aku yang gak berpengalaman bikin kue pake fondant, ternyata gak terlalu susah. Emang butuh determinasi tinggi aja. Apalagi bikin pola legonya. Awalnya agak males, tapi akhirnya di kerjain juga pelan-pelan. Dan ternyata jadi juga. Hehehehe.

Dan sebelum bikin, aku sempet cek tutorial cara cover kue pake fondant plus tutorial pengolahan fondant untuk referensi. Jadi ada bayangan sebelum akhirnya terjun langsung. Alhamdulillah walaupun sotoy berat, kuenya berhasil jadi seperti yang aku mau, walaupuuunn gak terlalu rapi. Yah namapun bukan bakul kue yaa.. Jadi harap maklum. 🙂

But all in all.. Seneng banget sama hasilnya. So far.. It was one of my masterpiece.

dsc_1007

Happy birthday K2, Mommy hope you like your birthday cake. It’s made with love. 🙂

 

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.