Belajar Bikin Web Dengan Webmaker

Saya bukanlah seseorang dengan background Teknik Informatika maupun bidang ilmu lain yang mempelajari tentang pembuatan sebuah web, nah makanya sekalinya Udjo nyuruh belajar bikin web, langsung pusing kepala berbi. Langsung nyerah dan kibarin bendera putih aja.

Sampai sekarang pun walaupun pada akhirnya pelan-pelan belajar untuk rapihin blog sendiri, tapi kalo diminta bikin model ini itu, tetep aja keder. *ya nasib* Nah.. Makanya, pas baca tentang kelas #MOZBelajar di facebook-nya Blogger Reporter Indonesia, langsung tergoda dan tertarik untuk ikutan belajar. Alhamdulillah bisa tercatat jadi peserta.

Di hari Sabtu pagi yang cerah, saya menghadiri acara #MOZBelajar di Jakarta Digital Valley, Menara Multimedia, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Acara di buka dengan sedikit kata pembuka dari Mba Rara salah satu volunteer dari Mozilla Community Indonesia. Nah setelah itu di lanjutkan oleh Mr. William Quiviger, Global Community Manager Mozilla yang langsung datang dari Paris untuk menghadiri acara ini.

Mozilla adalah sebuah organisasi non profit yang memiliki misi untuk menjadikan web (jaringan internet) menjadi suatu tempat terbuka dimana banyak orang bisa berpartisipasi karena Mozilla percaya bahwa semua orang harus memilki kesempatan dan kemampuan untuk bisa membaca, menulis dan berpartisipasi dalam web (jaringan internet) atau yang disebut juga dengan web literacy (melek internet).

Web Literacy sangatlah penting karena dapat membuka peluang dalam kehidupan sosial, ekonomi di internet sehingga pada akhirnya akan dapat mengubah atau meningkatkan taraf kehidupan seseorang. Oleh karena itu, Mozilla mengembangkan alat (tools) sederhana yang dapat membantu orang untuk belajar membaca, menulis dan berpartisipasi dalam internet, yaitu WebMaker.

Webmaker menyediakan sarana dan peralatan (tools) yang sederhana namun penting untuk membuat dan membangun sebuah web sederhana. Saat ini kebanyakan orang hanya bisa mendapatkan pengalaman “membaca” di internet dan mengkonsumsi konten secara pasif tanpa memiliki kemampuan untuk bisa berpartisipasi secara aktif di web. Untuk fase awal ini Webmaker lebih di tujukan untuk para pengguna smartphone baru dan para pengguna smartphone yang seringkali mengakses mobile web dari smartphone mereka sehingga mereka bisa berpartisipasi secara aktif di web.

Mozilla percaya ketika konsumen bisa menjadi pencipta (pembuat), dan ketika semua orang bisa memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi, maka web (internet) dan dunia akan bisa menjadi lebih baik.

Webmaker adalah aplikasi open source secara online yang diharapkan akan dapat membantu orang membuat konten di web walaupun mereka tidak memiliki kemampuan atau pengalaman dalam membuat web.

Setelah penjelasan singkat dari Mr. Quiviger, acara di lanjutkan dengan workshop supaya para peserta bisa mengenal lebih jauh lagi mengenai Webmaker.

Di workshop kali ini, para peserta yang sudah mengunduh aplikasi Webmaker di mzl.la/share di ajarkan bagaimana penggunaan aplikasi Webmaker tersebut. Kemudian di bagi menjadi 10 kelompok yang kemudian di berikan tantangan untuk membuat sebuah project di aplikasi Webmaker tersebut.

Sebelum membuat aplikasinya, para peserta di minta untuk menuangkan ide mereka menjadi sebuah rancangan dahulu lalu di presentasikan di hadapan peserta lain.

Setelah presentasi rancangan project, baru kemudian para peserta diminta untuk langsung praktek di dalam aplikasi Webmaker salah satu anggotanya, dan kemudian setelah selesai, di share via twitter untuk nantinya di presentasikan kembali di depan para peserta.

Nah setelah selesai, dipilih deh yang paling menarik menurut juri. Dan ternyataaa.. Kelompok saya menang. Hehehehe.. Jadi menurut Mr Quiviger, web kita di pilih karena menampilkan sekumpulan informasi yang aktual dan membantu pembaca untuk mendapatkan informasi (dalam hal ini informasi belanja). Nah hal ini sejalan dengan Webmaker yang ingin membantu para penggunanya dalam menggunakan dan kemudian menyebarkan sebuah web atau sebuah informasi. Yah kurang lebih begitu.

Nah.. Setelah acara ini, saya jadi dapat ilmu baru yang bisa di praktekin di waktu senggang. Bisa di utak atik sekalian belajar lebih banyak lagi. Overall acara #MozBelajar ini cukup menarik. Terima kasih yaaa Mozilla dan BRid untuk kesempatan belajarnya. 🙂

Oh iya, untuk yang mau tau lebih banyak, bisa langsung download aja ya aplikasinya di mzl.la/share .

Let’s find, create and share with Webmaker. 🙂

 

0 thoughts on “Belajar Bikin Web Dengan Webmaker

    1. Aplikasi ini memang untuk di smartphone. Jadi di pakainya memang di smartphone, tidak bisa via PC. Kalau via PC hanya bisa menampilkan hasil akhirnya aja yang sudah di share. Awalnya emang kagok, tapi lama-lama terbiasa dan cukup mudah kok. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.