Sleep Tight Babies

Selama ini aku sudah beberapa kali ikutan acara yang membahas tentang pentingnya tidur, terutama untuk bayi dan balita. Ternyata tidur itu penting banget karena di saat mereka tidur itulah hormon pertumbuhan bekerja.

dsc_3726

Nah, aku bahas sedikit tentang tidur ya. Fase tidur sendiri terbagi dua, yaitu fase Rapid Eye Movement (REM) dan fase Non Rapid Eye Movemement (NREM).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa otak secara aktif menstimulasi diri, khususnya selama tidur REM (Rapid Eye Movement) atau fase tidur aktif. Selama fase REM, otak tetap aktif dan ia memicu produksi hormon kortisol. Hormon inilah yang membantu untuk mengingat dan mengendapkan berbagai kegiatan motorik yang dialami, seperti belajar tengkurap, menggerakkan tangan, hingga menguatkan daya ingat. Selama fase REM ini, biasanya mata bergerak-gerak atau berkedut-kedut, napas menjadi lebih tidak teratur, aktifitas otak dan ritme detak jantung juga meningkat. Biasanya mimpi terjadi pada saat fase REM ini.

Fase Non Rapid Eye Movement atau NREM sebetulnya terbagi lagi menjadi 4 fase dengan fase yang terdalam di kenal juga dengan deep sleep. Fase NREM ini memicu produksi growth hormon yang berfungsi untuk pertumbuhan, perbaikan sel-sel yang rusak serta memperkuat sistem imun tubuh.  Pada fase tidur ini, seorang bayi juga belajar mengingat stimulasi yang dialaminya ketika bangun.

Kebutuhan tidur anak berbeda-beda sesuai dengan usianya. Untuk anak usia 1-3 tahun sekitar 12-15 jam, anak usia 3-5 tahun sekitar 11-12 jam, dan anak usia 5-12 tahun sekitar 10-11 jam perhari.

Mengingat betapa pentingnya anak mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak, maka sebagai orang tua sudah sepatutnya kita memberikan tidur nyenyak yang mereka butuhkan.

Rutinitas tidur anak juga penting karena dengan rutinitas, anak bisa lebih mudah tertidur. Dengan memiliki rutinitas, anak juga memiliki “signal” tersendiri untuk waktu tidur.

Rutinitas sebelum tidur yang biasa di lakukan di keluarga kami sebelum tidur adalah:

  • Bersih-bersih. Ritual bersih-bersih adalah membersihkan gigi atau sikat gigi, buang air kecil lalu cuci tangan dan cuci kaki. Kemudian berganti pakaian untuk tidur.
  • Kebut-kebut. Kadang-kadang anak saya suka bermain di kamar dan di kasur sehingga ketika mendekati waktu tidur, seringkali kasur sudah berantakan. Sebelum tidur biasanya kami merapikan kembali kasurnya dan sedikit di “kebut-kebut” supaya seprainya rapi dan tidak kotor. Setelah itu anak-anak merapikan bantal dan guling mereka sendiri sesuai dengan posisi dan susunan yang mereka sukai.
  • Baca doa bersama. Sebelum tidur, kami berdoa bersama. Kebetulan saat ini K1 sudah lancar membaca doa sebelum tidur, jadi kadang-kadang ia yang memimpin doa.
  • Mematikan lampu. Sejak anak-anak kami masih bayi, mereka sudah terbiasa tidur dengan kondisi lampu di matikan. Kami memang sengaja menerapkan hal ini karena kami ingin membiasakan anak-anak untuk tidur dengan keadaan lampu di matikan. Kondisi lampu di matikan ini juga menjadi pembeda dan penanda waktu tidur bagi anak-anak. Karena sudah dibiasakan sejak bayi, kini ketika lampu di kamar sudah di matikan, biasanya tidak lama kemudian mereka akan dengan mudah tertidur lelap.

dsc_3720

Selain ritual tidur di atas, ada beberapa tips yang ingin kami bagi supaya anak bisa cepat tertidur nyenyak.

  • Ciptakan kondisi tidur yang nyaman

Supaya bisa tidur dengan nyaman, sebisa mungkin ciptakanlah kondisi tidur yang nyaman. Seprai yang bersih, suhu yang tidak terlalu dingin dan kondisi yang tenang akan membuat kita merasa nyaman dan bisa cepat tertidur. Salah satu cara kami supaya anak-anak bisa cepat merasa nyaman adalah membiarkan mereka sendiri yang menata bantal dan guling mereka. Jadi mereka akan lebih cepat menemukan posisi yang paling nyaman untuk mereka tidur.

  • No gadget in the bed

Awalnya saya sering sekali bermain dengan gadget selama menemani anak-anak tidur. Namun di salah satu acara yang saya datangi, saya “di ingatkan” kembali bahwa penggunaan gadget sebelum waktu tidur itu tidaklah baik dan sinar dari gadget dapat mengganggu anak. Oleh karena itu, saya mulai membiasakan diri untuk tidak bermain gadget ketika menemani anak tidur dan menaruhnya di tempat yang agak jauh. Sejak saya melakukan hal ini, anak-anak jadi lebih cepat tertidur dan lebih tenang. Bahkan sekarang mereka juga paham jika saya sudah meletakkan gadget saya di tempatnya, itu artinya waktunya untuk tidur.

  • Put your emotions aside

Ketika menemani anak tidur, sebaiknya kita juga dalam keadaan tenang. Karena jika kita tidak tenang, anak bisa menangkap hal ini dan mereka juga ikut gelisah. Biasanya jika saya sedang gelisah atau tidak tenang, hanya suami saja yang menemani anak tidur sementara saya menenangkan diri dahulu atau menunggu di luar hingga anak sudah tidur. Begitupun sebaliknya.

  • Kamar bebas dari nyamuk

Saya dan Udjo paling sebel sama yang namanya nyamuk. Apalagi kalau kita semua sudah siap untuk tidur, lalu terdengar suara nyamuk terbang dengan riang gembira. Bawaannya mau murka aja.  Nah salah satu andalan saya saat ini adalah obat nyamuk elektrik. Selain mudah dan ringkes, kalau saya pasang obat nyamuk elektrik ini, kita bisa tenang tidur terlelap tanpa harus terganggu sama asap ataupun bau menyengat dari obat nyamuk tersebut. Obat nyamuk elektrik andalan kami adalah Baygon Liquid Elektrik. Awalnya sempat berpikir, mungkin gak yah cuma dengan Baygon Liquid Elektrik ini kamar bisa bebas nyamuk sepanjang malam. Ternyata bisa. Saya sudah membuktikannya sendiri. Baygon Liquid Elektrik, perlindungan anti nyamuk yang tepat untuk kamar anak, tanpa asap, tanpa Repot, tanpa Nyamuk. Jadi gak ada lagi deh kejadian denger suara nyamuk pas kita udah mau tidur.

Baygon Liquid Elektrik Andalan
Baygon Liquid Elektrik Andalan

Nah.. Itu adalah tips dan ritual sebelum tidur yang biasa di lakukan di keluarga kami. Kalau ritual di keluarga kalian gimana? Yuk share ceritanya trus ikutan juga #TUMBaygonBlogCompetition yang di adain sama The Urban Mama dan Baygon.

Yak.. Semua ritual udah selesai, sekarang saatnya tidur.. Sleep Tight Babies. 🙂

0 thoughts on “Sleep Tight Babies

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.