Ayam Panggang Rosemary

Seperti biasa.. Saya mah orangnya kabitaan.. Alias gampang kepengen. Dan udah beberapa waktu lagi kepengen makan ayam panggang yang kayak di keni rojer itu. Tapi apa daya.. Dompet lagi tiris. Jadi belom kesampean juga deh.

image
Nah sempet lupa tuh sama kabitanya.. Tapi trus tiba-tiba ada yang posting ayam panggang di path saya.. Langsung deh kabita melanda. Pas pagi hari, ngeliatin Ninka yang lagi belanja sayur dan langsung teringat. Beli deh ayam, kentang dan wortel. Langsung ayam di olah. Baru sorenya di panggang untuk makan malem.
image
Hasilnya.. Enyaaaakkk.. Dan akhirnya gak kabita lagi. Hahahahah. Resepnya nyontek dari resep Lei yang ada di blognya Dapur Hangus. Aku modif sedikit sih karena emang kepengen aja. Hahahahah..

Ini resepnya.

1 ekor ayam utuh, cuci yang bersih luar dan dalam, keluarkan semua jeroan sampai benar-benar bersih lalu selusur bagian bawah kulit dada dan paha ayam dengan jari tangan agar daging dan kulit tidak menempel. Tiriskan.

Dry Rub
1 sdm garam
1 sdm lada
1 sdm garlic powder
1 sdt dry rosemary

Campur semua bumbu di mangkok kecil, lalu aduk rata.

Ambil ayam dan lumuri seluruh permukaan luar, bawah kulit dan di dalam perut ayam dengan dry rub. Biarkan di kulkas overnight atau minimal setengah hari agar bumbu meresap.

Kurang lebih 3 jam menuju jam makan, siapkan bahan pelengkap berupa:
Kentang, cuci dan kupas, potong wedges
Wortel, cuci dan kupas, potong dengan ketebalan kurang lebih sama dengan kentang.

Lumuri/aduk rata sayuran dengan sedikit garam, merica dan thyme. Bisa juga di beri minyak sayur/olive oil.

Keluarkan ayam dari kulkas
image
Tata sayuran pada bagian dasar loyang/pyrex/roasting pan dan letakkan ayam di atasnya. Tutup pyrex dengan alumunium foil. Lalu panggang.
image
Setelah 1 jam, buka alumunium foil, beri 1 sdm butter di atas ayam dan 2 sdm butter di bagian bawah (di sayuran) lalu panggang kembali selama kurang lebih 1 jam hingga ayam matang dan kulit berwarna kecoklatan. Keluarkan dari oven dan diamkan dulu sekitar 10 menit sebelum di sajikan.

Potong ayam sesuai selera dan sajikan dengan sayurannya.
image
Selamat mencoba. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.