TUM Luncheon: Baby Shower

Sabtu kemarin aku ikutan acaranya TUM Luncheon: Baby Shower yang di adain di Anomali Coffee Menteng. Acaranya sendiri sebetulnya khusus untuk para ibu hamil, tapiiii saya nyempil ikutan dan mewakili ibu menyusui aja deh. *maksa yaa* 🙂

Pas sampai di venue, kebetulan acara udah di mulai. Para ibu-ibu hamil lagi serius dengerin penjelasan dari Cordlife mengenai Tali Pusat. Sejujurnya, udah denger tentang Cordlife ini dari jaman hamil K1 dan sebetulnya kepengen banget nyimpen juga tapi apa daya, sumber dana tak memadai. Hehehehe.. Nah karena itu dari dulu cuma denger doang dan gak pernah ikutan dengerin penjelasannya. Baru kemaren deh ikutan dengerin.

DSC04262

Jadi, tali pusat adalah struktur berbentuk tabung yang menghubungkan janin dengan plasenta dalam kandungan yang berfungsi untuk menyediakan nutrisi dan membuang sisa metabolisme dari bayi. Di dalam tali pusat terdapat Haematopoietic stem cells (HSCs) yaitu Sel Punca yang merupakan dasar pembentuk tubuh. Sel punca ini berfungsi memperbaharui darah, membentuk sistem kekebalan tubuh dan memiliki kemampuan untuk menggantikan dan memperbaiki sel yang rusak di seluruh tubuh. Haematopoietic stem cells (HSCs) dari darah tali pusat mengandung:

  1. Epithelial stem cells (EpSCs) – dari membran epitel tali pusat.
  2. Mesenchymal stem cells (MSCs) – dari bagian wharton jelly & membran epitel

Nah mengapa Tali Pusat itu berharga, karena seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya, Haematopoietic stem cells (HSCs) memiliki kemampuan untuk menggantikan dan memperbaiki sel yang rusak di seluruh tubuh dimana:

  • Epithelial stem cells (EpSCs) dapat menjadi sel lain dalam tubuh yaitu pembentuk kornea, pembentuk hati/organ dan pembentuk kulit. Oleh karena itu memiliki potensi untuk mengobati luka kronik, korban luka bakar tingkat 3 dan goresan pada kornea.
  • Mesenchymal stem cells (MSCs) dapat menjadi sel lain dalam tubuh yaitu jaringan lemak, jaringan tulang, tendon/tulang rawan dan otot. Oleh karena itu memiliki potensi untuk memperbaiki jaringan dan mengobati Infark Miokard (serangan jantung), Osteoarthritis (aritritis sendi), Stroke dan Fibriosis Paru.

Supaya sel-sel tersebut dapat di simpan untuk jangka waktu yang panjang, maka harus di proses secepat mungkin setelah proses melahirkan. Tahap-tahap pemrosesannya adalah:

  • Cord Cleaning (pembersihan dan desinfeksi tali)
  • Segmentation (tali pusat di potong sepanjang 1 cm lalu di belah dua)
  • Penambahan cairan cryoprotective dan di simpan dalam 4 vial (tabung)
  • Pembekuan secara bertahap dan penyimpanan secara cryogenic.

Jika pada waktunya nanti Sel Punca ini perlu di gunakan, maka setelah di siapkan, Sel punca ini akan di berikan melalui transfusi ke dalam darah atau melalui transplantasi sel punca.

Beberapa faktor penting keberhasilan transplantasi sel punca adalah:

  • Dosis Sel
  • Kecocokan
  • Kualitas
  • Perawatan Pasca Transplantasi

Setelah sesi tanya jawab dengan Crodlife, acara di lanjutkan dengan makan siang yang sudah di siapkan oleh Anomali Coffee dan pengundian Door Prize.

Lunch
Lunch
Pendundian Door Prize
Pendundian Door Prize

Setelah Door Prize dilanjutkan dengan Craft Workshop bersama Kinderplays. Di workshop kali ini, Mama-mama yang hadir di ajak untuk membuat Monogram Wall Art Inisial Huruf untuk kamar bayi. 🙂

IMG_5704

DSC04296

IMG_5676

Untuk membuat Monogram Wall Art ini, bahan yang di perlukan adalah:

  • 1 lembar karton duplex 3ml ukuran A3
  • 2 – 3 gulung benang wol warna-warni
  • 1 lusin (atau lebih) kancing warna-warni

Peralatan yang dipakai:

  • lem
  • Double tape
  • Pensil
  • Penggaris Besi
  • Gunting
  • Cutter
  • Alas Potong

DSC04299

Langkah pembuatan Inisial Huruf:

  1. Print inisial huruf yang diinginkan di selembar kertas ukuran A4. Gunakan font yang simple. Potong mengikuti bentuk hurufnya.
  2. Buat cetakan huruf yang sudah di potong tersebut ke atas karton duplex. Lalu potong karton menggunakan cutter.
  3. Ulangi langkah tersebut 2 kali lalu satukan kedua huruf mengunakan double tape sehingga huruf terlihat lebih tebal.DSC04300
  4. Rekatkan double tape secukupnya pada bagian depan dan belakang huruf.
  5. Bungkus inisial huruf dengan benang wol warna-warni hingga seluruh permukaan karton tertutup benang. IMG_5694
  6. Tempelkan kancing warna-warni menggunakan double tape sesuai selera.

Sesi art and craft ini akhirnya menutup acara TUM Luncheon:Baby Shower kali ini dan sebelum pulang, ada pembagian goodie bag dan juga sesi foto bersama.

IMG_5706
picture from The Urban Mama
IMG_5729
the goodie bag

Acaranya seru banget. Makanannya enak, minumannya enak, tempatnya enak dan goodiebagnya juga kece. Oh iya, kemaren juga dapet hadiah karena hasil craftingnya terpilih sama Kinderplays. Dapet hadiah dari ELC. Senaaanngg.. 🙂

IMG_5732

Sampai rumah, anak-anak langsung heboh liat inisial nama mereka dan langsung minta satu lagi. Akhirnya mamanya lanjut crafting lagi deh di rumah. 🙂

IMG_5764
k for my K1 and K2

 

 

 

 

4 thoughts on “TUM Luncheon: Baby Shower

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.