Happy Skin, Happy Mom

Awal Desember kemarin pas lagi buka twitter, aku liat ada acara yang di adain sama Mother & Baby Indonesia. Akhirnya coba daftar dan ternyata masuk dan tercatat jadi pesertanya. Acaranya adalah Happy Skin, Happy Mom yang di adain oleh Mother & Baby Indonesia bekerja sama dengan Bio-Oil. IMG_4206Kali ini acaranya di pandu sama Ratu Anandita. Menghadirkan dr. Vinia Ardiani Permata, SpKK sebagai nara sumber. Ada juga sharing session bersama Widi Mulia dan juga pilates session dari Body Mind Inc. Kebetulan aku kesana janjian sama Sally, jadi pas acara ada temennya deh. πŸ™‚

IMG_4303

Sampai sana acara belum dimulai, jadi kita makan dan minum coffee break dulu yang sudah disiapkan, sambil menunggu di bolehin untuk masuk ke venue. Sambil menunggu, peserta juga bisa periksa kondisi kulit di booth-nya Bio-Oil secara gratis.

IMG_4304

IMG_4208

Setelah beberapa saat, akhirnya kita di perbolehkan masuk ke venue dan gak lama acaranya di buka oleh Dita. πŸ™‚

IMG_4210

Dita ini yaa.. Dari jaman dulu sampai sekarang gak berubah deh. Masih kayak jaman SMA aja. Malah makin cantik deh. Salut juga sama Dita yang walaupun sibuk tapi masih rajin banget olahraga. Kalo aku mah, sibuk enggak tapi bolong-bolong bener kayaknya. Hahahahah.

Setelah dibuka sama Dita, acara dilanjutkan dengan sambutan dari pihak Mother & Baby Indonesia dan juga dari Bio-Oil.

IMG_4212
sambutan dari Mother & Baby Indonesia

Setelah sambutan, di lanjutkan oleh sesi dari dr. Vinia yang menjelaskan mengenai permasalahan kulit, yaitu Scars dan Stretchmarks.

Scars adalah proses penyembuhan alami kulit setelah mengalami trauma atau luka. Scars terbentuk jika luka terjadi pada bagian kulit yang lebih dalam (dermis). Scars menyebabkan perubahan pada warna kulit, bentuk dan struktur jaringan kulit. Biasanya menimbulkan rasa nyeri atau gatal.

Scars sendiri memiliki beberapa bentuk, yaitu:

  • Hypertrophic Scars

Bentuk scars menimbul, berwarna merah kecoklatan, scars tidak melebihi ukuran luka.

  • Keloid

Bentuk scars menimbul, tebal, berwarna merah kecoklatan, scars melebihi ukuran luka. Genetik.

  • Atrophic Scars

Permukaan scars menurun, tidak rata dengan kulit sekitarnya, berwarna merah kecoklatan atau merah muda. Contohnya jerawat dan cacar air.

Stretchmark (tanda regangan) adalah guratan kulit berpola memanjang tidak beraturan yang panjangnya bervariasi. Bisa beberapa milimeter hingga belasan centimeter. Berawal dari garis merah sejajar kulit, kemudian menjadi garis putih dengan permukaan kulit agak masuk kedalam. Lokasinya ada di sekitar bahu, lengan atas, dada, punggung, perut, bokong, lipat paha, paha. Stretchmark ini seringkali ditemukan pada wanita.

Penyebab stretchmark sendiri adalah kerusakan serat elastin di lapisan dermis kulit, disertai proses peradangan, sehingga menyebabkan penampilan kulit seperti scar. Hal ini dipicu oleh peregangan kulit yang berlebihan.

IMG_4252

Dari penelitian, 8 dari 10 orang wanita yang hamil memiliki resiko mengalami stretchmark. Selain itu, perubahan berat badan yang drastis dalam waktu singkat juga bisa menjadi penyebab stretchmark. Stretchmark pada ibu hamil biasanya mulai terjadi pada kehamilan yang memasuki trimester kedua atau memasuki masa akhir kehamilan. Biasanya terjadi di dada, perut, pinggul bokong dan paha. Diawali dengan gejala rasa sakit atau gatal di kulit.

Kita bisa mencoba mencegah stretchmark dengan cara antara lain:

  • Menjaga kenaikan berat badan: pola makan yang baik dan olah raga yang sesuai.
  • Makan makanan sehat seimbang yang kaya akan vitamin (vitamin A, vitamin E dan vitamin C) dan mineral (zinc) untuk membantu menjaga kesehatan kulit.
  • Asupan cairan yang cukup. Minimal 2 liter air putih dalam satu hari.
  • Merawat dan menjaga kelembaban kulit.
  • Hindari merokok dan minum alkohol.
  • Istirahat yang cukup supaya proses regenerasi kulit bisa berjalan dengan baik.
  • Hindari menggaruk kulit (terutama pada ibu hamil).

Setelah sesi mengenai permasalahan kulit, acara dilanjutkan dengan pengenalan Bio-Oil oleh mba Nurhayatini dari Bio-Oil.

IMG_4261

Bio-Oil mengandung ekstrak Calendula, Lavender, Rosemary, Chamomile, vitamin A, vitamin E dan PurCellin Oil. PurCellin oil adalah kandungan unggulan dari Bio-Oil yang merupakan perpaduan minyak alami yang telah melalui proses esterifikasi dan mengurangi kekentalan minyak. Bio-Oil sudah memiliki sertifikat halal dan cruelty free. Bio-Oil bisa digunakan oleh siapa saja. Dari hasil penelitian, 92% dari responden mengalami perbaikan scars setelah pemakaian Bio-Oil selama 3 bulan berturut-turut.

Bio-Oil sudah di uji klinis dan tidak ada side effectnya untuk pemakaian jangka panjang. Bio-Oil dapat digunakan olehΒ  ibu hamil di awal trimester kedua. Aman untuk ibu menyusui dan anak diatas 2 tahun yang mengalami kulit bermasalah. Yang harus diingat, jika menggunakan Bio-Oil pada bekas luka, harus pastikan dulu lukanya sudah sembuh ya.

IMG_4279

Setelah penjelasan oleh mba Tini, acara di lanjutkan dengan sharing session bersama Widi Mulia yang saat ini sedang hamil anak ketiganya dan sudah memasuki minggu akhir kehamilan. Saat ini, Widi sudah mulai menggunakan Bio-Oil untuk perawatan kulitnya. Dengan menjaga pola hidup sehat yang sudah dilakukan oleh Widi sejak sebelum hamil hingga kini, ternyata membantu sekali dalam menjalani kehamilan yang ketiga ini dengan lebih mudah.

Acara selanjutnya adalah sesi pilates bersama dengan Mba Elvita dari Body Mind Inc. Untuk sesi pilates ini, karena di tujukan untuk ibu hamil, jadi lebih fokus ke pernafasan dan gerakan-gerakan yang dapat membantu meredakan keluhan yang di alami oleh ibu hamil.

IMG_4294

Setelah pilates, acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian doorprize. Lalu dilanjutkan dengan foto bersama dan di akhiri dengan makan siang.

IMG_4289

Walaupun gak lagi hamil, tapi acara ini cukup memberikan pengetahuan tambahan. Apalagi aku punya keloid, jadi lumayan tercerahkan deh. Terima kasih Mother & Baby Indonesia dan Bio-Oil. πŸ™‚

 

2 thoughts on “Happy Skin, Happy Mom

  1. Acara ini banyak dihadiri member Emak Blogger ya kalau ngak salah, daku dapat undangannya juga tapi nggak bisa datang πŸ™
    Padahal penasaran banget sama Bio Oil ini.
    Jadi pengen beli setelah baca review di sini, thanks ya πŸ™‚

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.