K1’s Birthday Cake Part 2

Untuk pesta ulang tahun K1 di sekolah, awalnya sempet mikir mau beli aja. Tapi kok kayaknya gak terlalu sreg. Akhirnya di putuskan untuk bikin sendiri lagi seperti kue ulang tahun yang pertama. Untuk kue ulang tahun kali ini, sama seperti yang sebelumnya bagian dalemnya adalah Chocolate Cake seperti Cake Ulang tahun K2. . Sebetulnya agak gak pede sama skill frosting aku, makanya aku pake bantuan edible image supaya bisa menaikkan tingkat ke-kece-an kuenya. 🙂

Untuk Edible Image, aku pesen dua minggu sebelumnya dari http://www.cetakedible.com/. Hasilnya cukup bagus dan akhirnya malah aku pakai di kedua birthday cake-nya K1. Yang pertama yang kecil karena kebetulan kuenya juga kecil, dan yang besar plus beberapa yang kecil aku pakai di birthday cake yang kedua ini.

Untuk frostingnya, aku pakai buttercream Hollman yang siap jadi. Dan spuitnya karena yang lain hilang, jadi cuma pakai 1 jenis aja.

Untuk buat kuenya aku pakai step by step ini:

  • Buat 2 chocolate cake sesuai ukuran yang di mau. Rapikan. Kalau kemarin, aku balik kuenya. Jadi yang rapi (bagian bawah) aku jadiin bagian atas supaya remah-remahnya gak berantakan.
  • Aku kasih base frosting dulu untuk “mengikat” remah-remah supaya nantinya di frosting bagian luar gak ada lagi remah yang tercampur di frostingnya. Lalu aku dinginkan sebentar di kulkas.

DSC03734

  • Setelah itu, aku kasih frosting lagi di bagian atas, lalu di ratakan. Supaya hasil akhirnya rata dan halus, aku diamkan dulu pisau di dalam air panas baru aku pakai untuk meratakan. Hal ini akan membantu meratakan bagian atas frostingnya.
  • Bagian samping, aku kasih frosting dengan spuit berbentuk garis lurus.

DSC03737

  • Bagian lalu bagian pinggir atas aku bentuk bulat menyerupai frosting atas cupcake.

DSC03740 DSC03747

  • Lalu di antara bagian samping dan atas, aku kasih hiasan frosting lurus untuk menutupi kekosongsan di antaranya.

DSC03739 DSC03744

  • Lalu aku taruh edible image di bagian atas.
  • Untuk mempercantik, aku tambahkan sugar flower di atas dan bagian samping.

DSC03751 DSC03759 DSC03766

 

  • Lalu aku beri juga edible image kecil di bagian sampingnya.

DSC03760

  • Jadi deh. 🙂

DSC03755

Lumayan juga ya untuk first birthday cake K1 di sekolah. Rasanya deg-degan parah. Tapi seneng banget pas K1 dengan wajah sumringahnya bilang “Terima Kasih mama udah buatin birthday cake Sherrif Callie untuk K1”. 🙂

Enjoy your birthday cake K1. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.