Bayikubobo Dengan Fisher Price® Soothe & Glow Seahorse™

Sebagai orang tua, rata-rata pasti pernah ngerasain pengalaman susahnya ngajak anak tidur. Well, kalo aku, jujur aja jarang banget sih. Karena Alhamdulillah, K1 dan K2 termasuk mudah di ajak tidur. Dan kebetulan aku dan Udjo udah nemu “selah”nya supaya anak-anak mudah di ajak tidur. Dan pas bangunnya juga Alhamdulillah mudah dan gak pake banyak drama. Tapi dengan catatan mereka cukup tidur ya. Kalau tidurnya kurang sih ya alamat agak crancky dan sedikit drama. Tapi itu termasuk jarang terjadi sih. Aku dan Udjo percaya bahwa tidur itu penting untuk perkembangan anak-anak. Makanya kita termasuk strict mengenai tidur ini.Ternyata, dari hasil online survey yang di adakan oleh Fisher Price® pada Juli 2014, menurut para orang tua di Indonesia, ada 3 aktivitas paling penting untuk perkembangan anak. Yaitu Tidur, Bermain dan Mengobrol. Sebanyak 68% dari orang tua itu sadar akan pentingnya tidur untuk anak mereka. 75% di antaranya percaya bahwa tidur dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak dan 70% di antaranya juga yakin bahwa tidur dapat meningkatkan perkembangan fisik.

Menurut Mbak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi, “Tidur berperan penting untuk aktivitas otak dan kesehatan mental bayi, karena hal tersebut akan mengoptimalkan perkembangan otak bayi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa otak secara aktif menstimulasi diri, khususnya selama tidur REM (Rapid Eye Movement) atau fase tidur aktif.”

IMG_3449

Nah untuk anak-anak usia dini (1-18 bulan) dibutuhkan 15-18 jam tidur setiap hari. Makanya supaya perkembangannya optimal, anak-anak juga harus di beri kesempatan untuk memenuhi kebutuhan tidurnya ya. Jangan di paksa ajak main terus.

Supaya lebih mudah untuk menidurkan anak, ada beberapa tipsnya nih. antara lain:

  • Tenang dan Santai
    Sebelum tidur, anak harus dalam kondisi tenang dan santai. Percuma deh ngajak anak tidur kalau mereka masih heboh abis main, kelaparan, atau bahkan masih tantrum. Kita aja kalau mau tidur harus anteng-anteng dulu, apalagi anak-anak. Selain anak, orang tuanya juga harus dalam keadaan tenang dan santai ya. Kenapa? Karena jika orang tuanya gak tenang, aura gak tenangnya bisa nular ke anak. Jadinya anak malah gak tidur-tidur karena ikutan gak tenang.
  • Atur Waktu Tidur
    Supaya lebih mudah tidur, kita juga harus bisa menciptakan rutinitas tidur untuk anak. Buatlah kebiasaan untuk tidur pada jam tertentu dengan tujuan supaya anak bisa lebih disiplin dan jika sudah menjadi kebiasaan, anak akan jauh lebih mudah tidur jika sudah masuk jamnya untuk tidur. Hal ini juga nantinya akan mempermudah orang tua ketika waktunya anak masuk sekolah. Anak bisa lebih mudah tidur dan bangun di waktu yang di harapkan.
  • Ciptakan Kondisi yang Menenangkan
    Untuk bisa tidur lebih mudah, selain dalam kondisi tenang, anak juga perlu kondisi yang menenangkan. Suasana kamar yang nyaman, dengan pencahayaan yang temaram akan membantu anak lebih mudah tertidur. Tidak menemani anak tidur sambil bermain gadget juga termasuk menciptakan kondisi yang menenangkan ya. Karena cahaya dari gadget justru bisa menggangu anak, sehingga anak sulit tidur.
  • Berikan Si Kecil Sesuatu Untuk di Peluk
    Kita bisa memberikan anak sebuah objek untuk membuat anak merasa lebih aman, seperti sesuatu yang lembut untuk di pegang saat tidur. Objek tersebut dapat berupa selimut kecil, bantal guling atau mainan lunak yang dapat di peluk.

Kadang-kadang, walaupun kita sudah bisa menciptakan suasana tenang dan kondusif serta menjalankan tips di atas, anak masih susah untuk tidur. Fisher Price® memahami hal ini. Oleh karena itu, Fisher Price® meluncurkan mainan baru yaitu Fisher Price® Soothe & Glow Seahorse™ yang dapat membantu bayi tertidur. Dengan remasan yang lembut, Fisher Price® Soothe & Glow Seahorse™ akan menyala dan memainkan musik lembut, lagu pengantar tidur dan suara laut yang menenangkan. Setelah lima menit, musik akan mati dan lampu akan redup, sehingga dapat membantu bayi tertidur.

DSC03897

Kebetulan, K2 sudah punya Fisher Price® Soothe & Glow Seahorse™ juga di rumah. Dan kalau tidur meluk Fisher Price® Soothe & Glow Seahorse™ ini, K2 jadi mudah tertidur. Walaupun kadang-kadang sampai 2 kali “nyanyi” dulu Seahorse-nya baru K2 tidur. Tapi itu ngebantu banget. Apalagi sekarang K2 lagi mau proses weaning, jadi mulai deh pelan-pelan di ajak tidur tanpa menyusu dulu atau menyusu sebentar lalu tidur sambil peluk Fisher Price® Soothe & Glow Seahorse™. Sejujurnya, selain K2, mamaknya juga kadang-kadang ketiduran pas nemenin K2 dan dengerin lagu dari Fisher Price® Soothe & Glow Seahorse™ ini. Soalnya beneran nenangin dan enak banget buat pengantar tidur. 🙂

Nah sebagai ibu, kadang-kadang ada yang mempunyai cara tersendiri untuk menidurkan anak atau bahkan ada yang sudah kehabisan akal untuk menidurkan anak. Fisher Price® memahami ini, oleh karena itu Fisher Price® mengadakan kontes #Bayikubobo di laman Facebook Fisher Price®.

Kontes #Bayikubobo di www.bayikubobo.com adalah sarana bagi para ibu untuk berbagi pengalaman dan cerita unik mereka dalam menidurkan bayi mereka. Cerita dan pengalaman yang di bagi oleh para Ibu di kontes #Bayikubobo ini akan menjadi informasi berharga bagi ibu-ibu lain.

Cara untuk ikutan Kontes #Bayikubobo ini juga mudah sekali, yaitu:

  • Kunjungi www.bayikubobo.com
  • Unggah foto atau video yang menggambarkan pengalaman unik mommies ketika berusaha menidurkan anak beserta penjelasan singkat dari foto atau video tersebut.
  • Share foto atau video yang di unggah di Facebook dan Twitter mommies lalu ajak teman-teman untuk vote foto atau video mommies tersebut
  • Mommies juga dapat memberi vote untuk foto atau video dari mommies yang lain ya.
  • Setiap 3 teman yang berhasil di ajak di Facebook, jumlah vote Mommies akan di gandakan.
  • Pemenang akan di tentukan berdasarkan jumlah vote terbanyak.
  • Kontes ini berlangsung selama periode 27 November 2014 – 17 Januari 2015.

IMG_3088

Untuk keterangan lebih lanjut bisa langsung buka www.bayikubobo.com aja atau bisa cek video mengenai kontes #BayikuBobo ini di http://bit.ly/md30sec

Jangan lupa untuk like Facebook Fisher Price® di  www.facebook.com/FisherPriceID.

Dan follow juga twitter Fisher Price® @FisherPrice_ID dan Instagram Fisher Price® @FisherPrice_ID ya.

Good luck Mommies. 🙂

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.