Project Sunlight untuk #BrightFuture

Pas lagi baca timeline di social media, aku baru tahu, ternyata tanggal 19 November itu adalah Hari Toilet Dunia loh. Kenapa sih Toilet aja sampai dibuat hari Dunia. Bahkan gak cuma Toilet, Ada juga hari Cuci Tangan Dunia loh tanggal 15 Oktober. Kenapa juga yah sampai cuci tangan aja dibuat hari khusus. Ternyata alasannya adalah agar orang-orang lebih sadar. Jadi hari-hari tersebut ada untuk meningkatkan kesadaran orang mengenai hal-hal tertentu, seperti kebersihan toilet, cuci tangan, dan lain-lain. 

DSC03408

Kedua hal yang disebut di atas, terkait erat dengan yang namanya Sanitasi. Ternyata, dari hasil penelitian, masih banyak warga di dunia, dan di Indonesia khususnya yang masih kekurangan air bersih dan juga memiliki sanitasi yang buruk. Bahkan di Indonesia sendiri, baru 47% warganya yang mencuci tangan dengan cara yang benar dan 46% dari warga Indonesia tidak memiliki fasilitas jamban yang baik. 🙁 Sanitasi yang di maksud disini bukan cuma toilet dan cuci tangan aja ya, tapi meliputi juga penyediaan air bersih, fasilitas toilet/jamban yang baik serta kebiasaan cuci tangan dan sikat gigi yang benar atau yang sering di kenal juga dengan personal hygiene.

Kenapa sih Sanitasi itu penting banget? Sanitasi itu penting karena kondisi sanitasi yang kurang memadai dapat mempengaruhi edukasi, angka kelahiran dan angka kematian serta dapat membatasi mimpi-mimpi anak untuk meraih masa depan yang lebih baik. Nah kalau sanitasi aja gak baik, maka untuk menjaga kesehatan juga sulit. Contohnya: Fifi Alvianto bercerita, bahwa anaknya pernah terkena Flu Singapura. Setelah di telusuri, ternyata penyebabnya adalah karena tidak mencuci tangan dengan baik. Sedih ya. Karena hal yang terlihat sepele, jadinya malah besar. Anak jadi sakit. Dan sebagai orang tua, rasanya sedih banget kalau anak sakit. Kalau anak sakit, tentu dia tidak bisa melakukan banyak hal. Tidak bisa bermain, tidak bisa sekolah, tidak bisa belajar, bahkan tidak bisa meraih mimpi-mimpinya.

DSC03413

Oleh karena itu, sanitasi penting banget untuk mendukung kesehatan yang menjadi modal dasar dari anak supaya anak bisa melakukan banyak hal, termasuk meraih mimpinya. Sebagai orang tua, penting banget untuk kita mendukung anak, memberikan contoh yang baik, memberikan pendidikan yang baik, dan juga memberikan fasilitas sanitasi yang baik. Anak yang sehat akan menjadi sosok yang luar biasa. Dia bisa menjadi agen perubahan. Agen perubahan yang akan memimpin perubahan melalui gagasan mereka mengenai masa depan yang lebih cerah. #BrightFuture untuk Bright Kids.

Berkenaan dengan hal itu, Unilever meluncurkan kembali Project Sunlight yang kali ini mengusung tema Dukung Masa Depan Sehat. Project Sunlight ini mengedepankan gagasan anak untuk menginspirasi masyarakat agar mau melakukan tindakan nyata dalam upaya menciptakan hari esok yang lebih cerah dengan menerapkan cara hidup yang lebih lestari.

Menurut Dira Noveriani, duta Project Sunlight Indonesia, hal yang menjadi tantangan terbesar saat ini adalah sikap apatis atau ketidakpedulian. Kalau kita lihat sendiri, memang banyak banget orang yang apatis. Di saat kita asik membuang-buang air karena malas mematikan keran air, di tempat lain, ada orang yang tidak memiliki akses ke air bersih. Di saat kita asik menggerutu karena toilet di tempat umum yang kotor, di tempat lain ada orang yang bahkan harus buang air besar di tempat terbuka hanya karena tidak memiliki fasilitas jamban. Oleh karena itu, mari hilangkan sikap apatis kita dan mulai membuat perubahan dengan tindakan nyata.

Tertarik untuk ikutan Project Sunlight ini? Caranya gampang banget. Untuk di rumah, bisa di mulai dengan mengajarkan dan memberikan contoh cara menjaga personal hygiene dengan baik.

Unilever_SunlightProject_MateriEdukasi_tcm233-402277_Page_1
picture downloaded from projectsunlight.co.id
Unilever_SunlightProject_MateriEdukasi_tcm233-402277_Page_3
picture downloaded from projectsunlight.co.id
Unilever_SunlightProject_MateriEdukasi_tcm233-402277_Page_4
picture downloaded from projectsunlight.co.id

Kita bisa download materi-materi edukasi ini di websitenya Project Sunlight yaitu http://projectsunlight.co.id/. Bisa langsung di print lalu di tempel di kamar mandi atau di dekat wastafel. Tips dari Fifi Alfianto, ketika mengajari anak mengenai masalah sanitasi dan personal hygiene ini, kita harus kreatif dan juga menggunakan cara yang menyenangkan agar anak tertarik. Selain itu, kita juga harus memberi contoh yang baik ya ke anak. Karena anak cenderung mengikuti kebiasaan orang tuanya. Oleh karena itu, kita jangan hanya mengajari, tapi kita sendiri juga harus memberi contoh yang baik ya ke anak kita.

Selain itu, masih banyak cara lain untuk ikut mendukung di Project Sunlight ini. Dukungan kita bisa berupa tindakan sederhana yaitu view, act, share atau follow. Gampang kan. Setiap view dari video yang terdapat di website Project Sunlight, Unilever akan mendonasikan sebesar Rp. 100. Setiap share di akun twitter dan facebook mengenai Project Sunlight ini via website, Unilever akan mendonasikan sebesar Rp. 100. Setiap ide yang di share dan di post di website Project Sunlight, Unilever akan mendonasikan sebesar Rp. 1,000. Setiap pembelanjaan produk Lifebuoy, Pepsodent dan Domestos di LotteMart, Unilever juga akan mendonasikan sebesar Rp. 1,000. Jadi gak ada alesan deh untuk gak ikut mendukung Project Sunlight ini.

Seluruh donasi pada bulan November dan Desember 2014 ini nantinya akan di salurkan untuk membantu membangun fasilitas sanitasi di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Mengapa di Sumba? Karena dari hasil data Dinas Kesehatan Republik Indonesia, daerah Sumba selalu menjadi peringkat 5 teratas dalam buruknya sanitasi walaupun seperti yang kita tahu, sudah ada beberapa proyek lain yang membantu daerah Sumba, namun ternyata masih kurang untuk membantu memperbaiki sanitasi di daerah Sumba. Oleh karena itu, Unilever memilih daerah Sumba untuk menjadi fokus penyaluran bantuan Project Sunlight kali ini.

Informasi lebih lengkap mengenai Project Sunlight ini bisa langsung di lihat di websitenya http://projectsunlight.co.id/ ya. Atau bisa juga like Fan Page Unilever di https://www.facebook.com/unileverid untuk info lebih lanjut.

DSC03432

Sebagai orang tua, saya ingin anak saya mendapatkan yang terbaik. Dengan memberikan fasilitas sanitasi yang baik berarti ikut mendukung anak menjadi sehat. Dengan kesehatan yang baik, anak bisa belajar, bisa bermain, bisa tumbuh dan menyongsong masa depan yang lebih cerah. Dengan membantu anak menyongsong #BrightFuture, kita ikut membesarkan agen perubahan yang akan memimpin perubahan melalui gagasan-agagasan mereka dan melalui tindakan nyata mereka. Oleh karena itu, yuk kita ikut Dukung Masa Depan Sehat melalui Project Sunlight ini. #BrightFuture for Bright Kids  🙂

 

 

 

2 thoughts on “Project Sunlight untuk #BrightFuture

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.