Bakpia Keju

Beberapa waktu yang lalu, aku lagi kepengen banget Bakpia Crispy. Sebenernya sih kepengennya yang dari Gorontalo kayak yang di beliin Udjo waktu itu. Tapi apa daya, dia gak pergi-pergi keluar kota lagi. Jadi gak bisa deh dibeliin sama dia. Terakhir dapet yang dari Bali. Tapi ya gitu deh.. Udah abis. Pengen lagi jauh bener belinya. Mau beli OLS kok lebih kepengen beli sendiri di tempatnya yak. *banyak maunya*

Dan akhirnya pergelutan keinginan makan bakpia keju itu berakhir dengan sayah browsing-browsing resep bakpia keju. Dan berujung pada kehebohan pengen bikin sendiri. Hahahahahah.. 🙂

Akhirnya nemu dan nyobain resep bakpia http://cobacoba-isna.blogspot.com/2014/04/bakpia-coklat-keju.html

IMG_1655

BAKPIA KEJU

Bahan Kulit 1

  • 250 gr Tepung Terigu Protein Sedang
  • 125 ml Minyak Goreng
  • 75 ml Air
  • 50 gr Gula Halus
  • 1/2 sdt Garam

Bahan Kulit 2

  • 100 gr Tepung Terigu Protein Sedang
  • 50 ml Minyak Goreng

Bahan Isian:

  • 100 gr Tepung Terigu Protein Sedang yang sudah di sangrai selama 5 menit, Dinginkan.
  • 25 gr Susu Bubuk
  • 2 sdm Air Es
  • 125 gr Gula Bubuk Halus (kemarin hasilnya buat aku terlalu manis, jadi bisa di kurangi)
  • 50 gr Margarin
  • 80 gr Keju Cheddar Parut (bisa diganti dengan 30 gr Coklat Bubuk untuk isi coklat)

Cara membuat Isian:

Campur semua bahan isian, aduk sampai rata. Sisihkan

Cara membuat Kulit Bakpia:

  • Campur semua bahan kulit 1 hingga tercampur rata. Uleni hingga kalis dan lembab. Sedikit catatan, tekstur adonannya berbeda yah dengan tekstur adonan roti.
  • Campur semua bahan kulit 2, aduk hingga tercampur rata. Hasilnya akan sedikit mawur namun agak lembab.
  • Bagi kedua adonan (Kulit 1 dan kulit 2) menjadi 20 bagian.
  • Gilas adonan kulit 1. Ratakan adonan kulit 2 di atasnya. Lipat seperti amplop. Gilas.
  • Lipat seperti amplop lagi lalu gilas lagi. Ulangi sebanyak 3 kali. Tujuan langkah ini adalah untuk mendapatkan hasil kulit bakpia yang berlapis-lapis.
  • Pipihkan adonan kulit, beri isian lalu tutup adonan kulit seperti bentuk bulan pipih.
  • Panggang dalam oven dengan suhu 180°C selama kurang lebih 15-20 menit. sampai matang. Balik bakpia, lalu panggang lagi hingga sisinya berubah warna kecoklatan.
  • Angkat, Dinginkan lalu simpan dalam wadah tertutup.

Hasilnya.. Buat aku udah cukup mengobati kerinduan pengen makan bakpia keju. Apalagi kemarin aku kasih isinya banyak. Jadinya puaaasss.. Hehehehe..

Oh iya, takaran isian aku rubah karena pengen rasa kejunya lebih kuat. Makanya keju cheddarnya lebih banyak takarannya dibanding resep aslinya. 🙂

Selamat mencoba.

2 thoughts on “Bakpia Keju

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.