Play IQ – Main Yang Lebih Dari Main

Weekend kemarin saya di undang datang ke acara Blogger Gathering bersama Fisher-Price®. Acara kali ini adalah untuk memperkenalkan Fisher-Price® Play IQ, Lebih Dari Main.

7JFKG1uc_400x400

Acara dimulai dengan penjelasan dari Ms. Leong Mei Yin. Play IQ, Lebih dari Main adalah sebuah sarana untuk membantu orang tua memahami dan mengawasi perkembangan fisik, kognitif dan sosial-emosional dari anak. Konsep #PlayIQID ini di kembangkan berdasarkan tiga pilar utama yaitu Fisik, Kognitif dan Sosial & Emosional. Seiring perkembangan anak, kekuatan dari tiga pilar tersebut akan terlihat dan konsep #PlayIQID ini akan membantu menjelaskan lebih detail mengenai hal tersebut sehingga orang tua dapat lebih memahami dan memonitor perkembangan anak mereka.

Infographic_fisher-apaPlayIQ-FIN

Dengan adanya #PlayIQID ini, orang tua juga dapat membantu memberikan stimulasi yang tepat kepada anak dengan memberikan mainan yang tepat berdasarkan umur atau tahapan tumbuh kembangnya. Dan jika orang tua sudah bisa memahami potensi anak, tentunya orang tua juga bisa lebih memaksimalkan kelebihan dan mengisi kekurangan anak. 🙂

Lebih lanjut lagi, Fisher-Price®  telah mengidentifikasi 87 jenis pencapaian dalam tahap perkembangan anak usia 0-24 bulan yang di gambarkan dengan badge yang mudah diingat.

fisherA2-INDO4a-2

Fisher-Price® lalu mengkategorikan perkembangan anak tersebut dalam 7 Persona Play IQ, yaitu:

  1. The Little Legend – anak menonjol di sisi Fisik (F)
  2. The Learner Lover – anak menonjol di sisi Kognitif (K)
  3. The Natural Charmer – anak menonjol di sisi Sosial & Emosional (S)
  4. The Small World Explorer – anak menonjol di sisi Fisik/Kognitif (FK)
  5. The Born Leader – anak menonjol di sisi Fisik/Sosial & Emosional (FS)
  6. The Crowd Favorite – anak menonjol di sisi Kognitif/Sosial & Emosional (KS)
  7. The Big Time Player – anak menonjol di sisi Fisik/Kognitif/Sosial & Emosional (FKS)

Nah untuk mengetahui anak kita termasuk di persona yang mana dan penjelasan detail mengenai persona tersebut, bisa di cek di www.fisher-price.com/playiq. Di website tersebut banyak banget penjelasan lebih detail mengenai #PlayIQID ini, termasuk jenis mainan mana yang cocok untuk menstimulasi perkembangan anak kita. Jadi nantinya kalau anak kita main, dia tidak sekedar main saja. Tapi juga menstimulasi semua pilar tumbuh kembangnya. 🙂

0001

 

Kenapa sih main itu penting? Menurut Mbak Vera, anak tidak membedakan mana bermain, mana belajar dan mana bekerja karena secara alamiah, selain tidur, semuanya adalah bermain bagi anak. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua harus bisa memahami dan membantu untuk menstimulasi anak melalui aktivitas bermain maupun mainan yang digunakan oleh anak untuk bermain. Hal ini penting, karena jika anak kurang stimulasi, maka perkembangannya akan terganggu dan tidak maksimal. Aduh, jangan sampai yaaa anak kita kurang stimulasi karena kita yang kurang informasi. Bisa nyesel berat.

Infographic_fisher-8cara-FIN

 

Dari hasil cek di website, ternyata K2 termasuk di persona The Learner Lover. The Learner Lover ini sendiri memiliki ciri khusus yaitu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Setelah di amati lagi, emang betul. K2 itu penasaran banget sama segala hal. Dia lebih sering observasi. Dan kalau sudah observasi, langsung deh dia praktek. Cuma ya itu.. Kadang-kadang gak sabaran. 🙂

IMG_1214

Dan betul banget, dia itu lagi tertarik banget sama mainan yang bentuk telepon seperti Chatter Telephone™ karena dia bisa pura-pura telepon, eksplorasi teleponnya dan juga tarik-tarik mainannya. Selain itu, beruntung banget di goodiebagnya juga ada Laugh & Learn™ Storybook Rhymes yang begitu dia nemu, langsung di bongkar dan utak atik.. Heboh banget. Apalagi pas denger suara tikusnya. Semua tombol di pencet-pencet sama dia. Kadang-kadang joget dan ikutan bersenandung. Berkat penjelasan #PlayIQID ini, aku dan Udjo jadi makin yakin deh kalau anak lagi main itu bukan sekedar main biasa. Tapi Lebih dari Main.

Oh iya, untuk info lebih lanjut mengenai #PlayIQID ini bisa langsung buka:

Fisher-Price® Play IQ

Twitter: @FisherPrice_ID

Facebook: FisherPriceID

Instagram: @FisherPrice_ID