Kostum Boneka Kertas

Minggu kemarin aku dapet undangan untuk ikut acara Halloween di salah satu mall di Jakarta Pusat. Dan di acara itu juga ada Halloween Costume Competition. Nahhhh.. Selama ini, anak-anak belum pernah ada tuh yang ikutan acara Halloween. Jadi emang gak pernah punya ataupun beli ataupuuuun bikin kostum apa-apa untuk Halloween. Kebetulan kita punyanya kostum putih peri yang di beliin Udjo pas lagi sale dulu. Tapi udah gak jelas deh tuh sayapnya kemana. Hehehehe.

Akhirnya bertanyalah pada mbah gugel.. Kostum apa yang gampang dibuat dari perlengkapan yang ada di rumah. Awalnya sempet tertarik sama kostum yang kepala di masukin ke toples. Namun.. Ditolak mentah-mentah sama yang mau pake kostumnya. Katanya menakutkan. Dan dia gak mau pake kostum itu. *sigh*. Akhirnya nanya lagi ke mbah gugel dan ketemu deh kostum boneka kertas. Pas di kasih lihat ke K1, dia mau dan langsung semangat minta di buatin. Pas cek di rumah, ada semua, ya udah deh.. Kita bikin dengan peralatan seadanya di rumah dengan langkah sesuka hati. 🙂

Bahan yang di butuhkan:

  • Rok dan baju untuk contoh cetakan
  • kertas karton putih besar, 1 gulung.
  • Karton besar 1 gulung untuk bagian belakang
  • Penggaris
  • Gunting
  • Lem kuat
  • Selotip
  • Pensil
  • Spidol Hitam
  • Cat Air (pewarnanya terserah mau pakai spidol atau cat lain juga bisa, ini pake cat air karena adanya itu)
  • Pita

Caranya:

  • Buat cetakan baju dan rok di atas karton putih dengan pensil dahulu. Setelah puas dengan bentuk dan ukurannya, tebalkan dengan menggunakan spidol hitam.

IMG_1222

  • Beri kotak untuk aksen lipatan baju di bagian atas baju dan tebalkan dengan garis putus-putus.

IMG_1225

  • Setelah itu, beri desain di baju dan rok sesuai selera.
  • Beri warna baju sesuai selera. Tunggu hingga cat mengering, baru potong baju, sisakan sekitar 3 mm dari tepi garis baju supaya terlihat aksen “baju kertas” nya.

IMG_1226

  • Beri pita di bagian atas baju supaya bisa di kalungkan di leher ketika di pakai.
  • Cetak baju yang sudah jadi di atas karton lain untuk di tempel di bagian belakang baju supaya baju lebih kokoh. Tempelkan kedua karton menjadi satu.
  • Ulangi tahap di atas untuk roknya juga.
  • Buat juga aksesoris seperti pita dan tas untuk melengkapi kostumnya.

IMG_1235

Awalnya aku buat bajunya terpisah antara baju dan rok, tapi pas pagi-pagi kok kayaknya lebih gampang buat K1 pakai kalau bajunya di gabung jadi kayak dress. Tapi berhubung kita ke tempat acara naik bis, jadi supaya memudahkan, kita gak gabung di rumah, baru pas di venue aku gabung baju dan roknya jadi satu supaya K1 lebih gampang pakainya.

Voila… Kostum Boneka Kertasnya sudah jadi deh. Siap untuk di pakai K1 di acara Halloween. 🙂

IMG_1284 IMG_1329

 

4 thoughts on “Kostum Boneka Kertas

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.