Female Daily Blogger Workshop: Writing Product Reviews That Matters

Setelah acara Blogging Conference selesai, acara di lanjutkan dengan Workshop. Kali ini Workshop yang aku pilih untuk ikutin adalah Tips To Writing Product Reviews That Matters oleh Affi Assegaf.

picture from Female Daily
picture from Female Daily

Menurut Affi, product review sebaiknya di tulis dalam suatu blogpost. Alasannya sederhana supaya bisa di arsipkan. Karena kalau kita menulis product review di channel social media seperti twitter atau path, selain karakter terbatas, juga sulit jika di arsipkan.

Sebetulnya kenapa sih kita membaca Product Review? Product review biasanya di baca untuk mengetahui pro dan kontra dari suatu produk. Pro dan Kontra ini dari sisi pemakai yah, bukan produsennya. Alasan lain adalah untuk mengetahui apakah produk ini sesuai dengan kebutuhan kita. Apakah bagus? Jika memang kurang bagus, apakah ada alternatif produk lain. Dan biasanya nih yang paling penting, apakah produk itu sesuai dengan nilai/harganya.

Affi Assegaf
Affi Assegaf

Satu hal yang perlu diingat adalah product review is not a sales pitch. Jadi, dalam menulis product review kita harus jujur dan berdasarkan pengalaman pribadi.

Rules in Writing a Product Review : Kita harus menggunakan produk itu sendiri, Beri opini yang jujur, dan Suarakan opini itu sesuai dengan cara kita sendiri jangan mengikuti cara orang lain.

Isi dari product review itu sendiri harus mencakup antara lain cerita mengenai pengalaman kita saat menggunakan produk tersebut. Jelaskan keunggulan/keuntungan dari pemakaian produk tersebut. Ketika menulis review, alangkah baiknya jika kita juga menyertakan sedikit informasi mengenai kegunaan/latar belakang produk tersebut karena belum tentu pembaca blog kita mengetahui kegunaan/latar belakang dari produk tersebut. Lalu jelaskan pro dan kontra dari produk tersebut. Be honest and don’t be afraid. Jika memang ada kontra, boleh di share juga tetapi tentunya jangan menjelekkan ya. Dan jika memang menurut kita tidak ada kontra, ya di jelaskan juga kenapa menurut kita tidak ada kontranya.

Jika memang kita memiliki produk yang serupa, bisa juga di buat perbandingan antara produk A dan produk B. Tentunya kita harus menggunakan kedua produk tersebut ya. Jangan lupa beri informasi juga mengenai peruntukkan produk tersebut. Untuk usia berapa, dll. Dan terakhir, beri kesimpulan. Karena kadang-kadang, ada pembaca yang malas membaca full satu blogpost. Jadi kita juga mengakomodasinya dengan membuat kesimpulan mengenai produk tersebut.

Satu hal yang harus kita ingat, sebagai penulis, kita harus memiliki batasan sendiri. Karena terkadang ada brand yang tidak suka jika kita menuliskan kontra tentang produk mereka. Jika suatu saat kita diminta untuk menuliskan review semua yang baik-baik saja, sedangkan kita tidak suka, alangkah baiknya jika kita menolak dari awal. We have to hold our integrity as bloggers with honest voice and honest opinion. 🙂

 

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.