Sus isi Vla Vanilla

Akhir-akhir ini lagi seneng baking. Apalagi K1 sekarang makin seneng ikutan nimbrung mamanya masak. Dan setelah masak, dia makan hasilnya. Kalo K2, mah doyan gangguin sama makan aja. Bapaknya.. Gak usah ditanya lagi. Makan lalu tidur. *pentung Udjo*

 

Selain bolu kukus, salah satu kue kesukaan Udjo dan juga aku adalah kue sus. Dan kebetulan banget beberapa hari yang lalu Echie post foto kue sus di Path, jadilah nanya dan akhirnya melipir lagi ke blognya mba Endang di justtryandtaste.com di resep kue sus isi vla vanilla-nya.
Setelah menelusuri resep, ternyata resep isi vla vanilla-nya serupa sama cara aku biasa bikin vla untuk pudding, cuma beda takaran aja. Akhirnya aku pakai resep dan cara aku biasa bikin vla untuk pudding aja dengan sedikit penyesuaian di takaran.
Bahan Sus:
70 gram Tepung Terigu (Pakai segitiga biru, tapi bisa juga kunci biru)
1/2 sdt gula pasir
57 gr mentega (jika unsalted, tambahkan 1/4 sdt garam)
120 ml air
2 butir telur, kocok lepas
Glaze:
1 butir telur
1/8 sdt garam
Bahan Vla Vanilla:
 3 butir kuning telur
50 gr tepung maizena
100 gr gula halus (tadi pakainya gula pasir yang halus)
500 ml susu cair
1 sdt vanilla ekstrak (tadi sih pakainya pasta vanilla)
50 gr mentega
Cara membuat Sus:
  •  Panaskan oven di suhu kurang lebih 200-205 derajat. Letakkan rak pemanggang di bagian tengah. Siapkan loyang yang sudah di alasi baking sheet atau kertas roti.
  • Campur tepung terigu dan gula pasir di satu wadah, aduk rata, sisihkan.
  • Panaskan mentega dan air di panci teflon dengan api sedang hingga mentega meleleh seluruhnya dan mendidih sambil di aduk sesekali.
  • Angkat panci dari kompor, masukkan campuran tepung, aduk cepat hingga rata, lalu masak kembali dengan api kecil sambil terus di aduk. Masak kurang lebih 1-2 menit hingga adonan menjadi gumpalan adonan yang halus dan tidak menempel lagi di panci.
  • Pindahkan adonan ke wadah lain, aduk menggunakan mikser dengan kecepatan rendah untuk menghilangkan uap panas. Aduk terus hingga temperatur turun.
  • Setelah agak dingin, masukkan telur, aduk rata hingga adonan menjadi pekat dan kental.
  • Masukkan adonan kedalam kantung segitiga. Gunakan spuit berbentuk bintang jika ada. Jika tidak, cukup di gunting saja ujungnya lalu semprotkan ke atas loyang yang sudah di alasi baking sheet atau kertas roti.
  • Beri glaze dengan perlahan dan lembut
  • Panggang kue dengan suhu 200-205 derajat Celcius selama kurang lebih 15 menit, kemudian turunkan suhu menjadi 177-180 derajat Celcius dan lanjut memanggang lagi kurang lebih 30-40 menit hingga kue berwarna cokelat keemasan. Matikan oven lalu diamkan selama 10 menit dengan keadaan pintu oven terbuka agar kue mengering sempurna.
  • Angkat lalu dinginkan di atas rak kawat.
Cara membuat Vla Vanilla:
  • Campur kuning telur, tepung maizena, vanili ekstrak dan gula halus, aduk hingga rata menggunakan baloon whisk, sisihkan.
  • Rebus susu di panci menggunakan api kecil hingga mendidih sambil terus di aduk.
  • Ambil sebagian susu, tuang ke dalam campuran kuning telur, aduk cepat hingga rata, lalu masukkan kembali ke panci dan aduk terus hingga tercampur dengan baik dan adonan mengental. Angkat.
  • Masukkan mentega, aduk hingga mentega meleleh seluruhnya dan tercampur rata.
  • Diamkan adonan hingga uap panasnya hilang, lalu tutup dengan plastic wrap. dinginkan di kulkas.
Cara mengisi Sus:
  • Belah sus menjadi dua. Bisa putus terbelah dua atau sisakan sedikit jadi tidak sampai putus.
  • Masukkan adonan isian kedalam kantung plastik segitiga. Semprot isi kedalam sus sesuai selera.
  • Tutup sus.
  • Bila suka, bisa diberi topping taburan gula halus di atasnya.

Untuk 10 kue sus.

Dari hasil percobaan dan browsing ada beberapa tips.

  • Setelah adonan sus di angkat dari panci, kocok di wadah menggunakan mikser supaya uap air yang terkandung di dalam adonan bisa keluar. Jika di aduk menggunakan tangan saja, sus tidak akan mengering karena masih mengandung uap air yang banyak di adonannya.
  • Tunggu hingga adonan sus benar-benar turun suhunya sebelum memasukkan telur. Karena jika tidak, adonan nantinya akan bantet. Dan setelah memasukkan telur, adonan akan sedikit cair. Aduk terus hingga menjadi pekat dan kental.
  • Ketika memasukkan adonan sus ke oven, pastikan suhunya sudah panas. Dan ketika memanggang adonan sus, pintu oven jangan di buka-buka hingga waktunya di angkat agar sus mengembang dengan baik.
  • Aku bikin isinya dulu, tujuannya supaya pas susnya udah matang, isinya udah dingin, jadi bisa langsung di isikan kedalam sus.

Selamat mencoba.

2 thoughts on “Sus isi Vla Vanilla

Please leave a comment and I will catch up to you as soon as possible. Thank you.